Luar Biasa!!! Pertamina EP Berhasil Tingkatkan Produksi ABG-008 dari 578 BOPD Menjadi 1.580 BOPD

Oleh : Hariyanto | Senin, 22 Februari 2021 - 16:14 WIB

Ilustrasi Migas
Ilustrasi Migas

INDUSTRY.co.id - Cirebon - Pertamina EP selaku Kontraktor Kontrak Kerjasama SKK Migas (KKKS) sekaligus salah satu anak usaha hulu PT Pertamina (Persero), berhasil tingkatkan produksi sumur Akasia Bagus (ABG)-008 dari 578 BOPD menjadi 1.580 BOPD.  

Informasi yang didapat INDUSTRY.co.id, Senin (22/2/2021) menyebutkan, sumur yang dieksekusi oleh Pertamina EP Asset 3 dan Jatibarang Field melalui program well intervention di awal tahun 2021 lalu, berada di Desa Sumbon Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mulai diproduksikan pada Agustus 2020 dengan produksi rata-rata 578 BOPD.

ABG-008 merupakan salah satu dari tiga sumur Step Out di wilayah kerja Asset 3 di Jawa Barat, yang berhasil dibor oleh Pertamina EP pada tahun 2020 lalu. Sumur Step Out adalah sumur yang dibor di luar struktur yang sudah ada di suatu wilayah kerja pertambangan minyak dan gas bumi.

Target produksi awal dari ABG-008 adalah minyak sebesar 460 BOPD namun uji produksi membuktikan bahwa ABG-008 mampu berproduksi hingga  578 BOPD.

Uji produksi ini juga menunjukan bahwa ABG-008 memiliki potensi lebih besar lagi sehingga tim Pertamina EP Asset 3 pun mengusulkan program well intervention berupa stimulasi yang mulai dieksekusi pada 6 Januari 2021.

Keberhasilan ABG-008 ini selain mendongkrak produksi Asset-3, juga  menambah cadangan, karena sumur ini adalah sumur step out.

"Alhamdulilah, dengan ditemukan minyak melalui pemboran step out ini, cadangan lapangan Akasia Bagus bertambah 5 MMSTB, sehingga untuk mengoptimalkan pengurasan nya diperlukan tambahan sumur lagi setidak nya 7 sumur di sekitar daerah sumur ABG-008," kata Asset 3 General Manager, Wisnu Hindadari.

Saat ini, Pertamina EP Asset 3 yang terdiri dari Jatibarang Field, Subang Field dan Tambun Field memproduksikan minyak sebesar rata-rata 12,620 BOPD dan gas sebesar rata-rata 264.6 MMSCFD.

Pertamina EP Asset 3 juga terus berkomitmen untuk berperan  aktif dalam upaya pemenuhan kebutuhan Energi Nasional, untuk itu pada tahun 2021 ini Pertamina EP akan melaksanakan 28 pengeboran pengembangan, 143 well intervention dan 12 kerja ulang di wilayah kerja Asset 3.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…