Tingkatkan produktifitas Pertanian, Pupuk Indonesia Alokasikan 1.990 Ton Pupuk Subsidi Ke Papua

Oleh : Hariyanto | Minggu, 07 Mei 2017 - 12:33 WIB

Pupuk Indonesia
Pupuk Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen meningkatkan produktifitas pertanian di SP 9, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

"Pengembangan kawasan pertanian dilakukan di lahan seluas 200 ha bersama dengan anak usaha untuk meningkatkan produktivitas pertanian di kawasan ini," kata Kepala Corporate Communication Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, Sabtu (6/5/2017).

Wijaya menjelaskan, di distrik tersebut Pupuk Indonesia melakukan kegiatan-kegiatan penelitian dan kajian terkait aspek pemupukan, pengelolaan sawah, produktivitas, hingga aspek pemasaran.

Sebagai pendukung pengembangan pertanian di Merauke tersebut, Pupuk Indonesia juga memastikan pasokan pupuk sesuai dengan kebutuhan, dalam meningkatan produktivitas pertanian di Distrik Tanah Miring.

"Tahun ini alokasi pupuk subsidi untuk wilayah Papua sebanyak 1.990 ton," ungkap Wijaya.

Langkah Pupuk Indonesia tersebut merupakan wujud dukungan kepada pemerintah menjadikan Merauke sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

Untuk itu, Pupuk Indonesia menempatkan secara khusus PT Pupuk Indonesia Pangan sebagai pengelola area pengembangan lahan pertanian, serta melibatkan anak usahanya seperti PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Petrokimia Gresik, guna menyalurkan pupuk baik subsidi maupun non subsidi untuk petani di Kabupaten Merauke.

Selain di kawasan itu, Pupuk Indonesia juga mengembangkan program riset di sejumlah daerah yakni di Kabupaten Kapuas (Kalimantan Tengah) dan Kabupaten Ketapang (Kalimantan Barat).

Wijaya berharap kegiatan tersebut menjadi momentum bagi anggota holding Pupuk Indonesia untuk meningkatkan kerja sama saling menguntungkan dengan pihak lain serta mengadakan unit usaha kegiatan di bidang pertanian. "Melalui sinergi semacam ini, kami yakin dapat mendorong kinerja holding secara keseluruhan," ucap Wijaya.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga telah bekerja sama dengan Koperasi "Kawan Tani Sejati", yang tertuang dalam nota kesepahaman(MoU) Tentang Peningkatan Produktivitas Pertanian di Kabupaten Merauke pada akhir 2016.

Selain penyediaan pupuk, cucu perusahaan Pupuk Indonesia yaitu PT Petrosida juga ikut berperan aktif dalam menyalurkan sarana produksi pertanian berupa pestisida dan produk hayati.

"Dengan sinergi Pupuk Indonesia Grup bersama Koperasi dan Dinas Pertanian setempat, diharapkan produktivitas pertanian di Kabupaten Merauke terus meningkat sehingga upaya pemerintah menuju swasembada pangan dapat segera tercapai," pungkas Wijaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Rabu, 19 Juni 2019 - 18:20 WIB

Lewat 'The Big Start Season 4', Kemenperin Gembleng IKM Masuk Ranah Digital

Kemenperin semakin aktif bawa IKM masuk ke pasar digital, dalah satunya dengan kembali menyelenggarakan kompetisis 'The Big Start Season 4' yang menawarkan total hadiah Rp 1,3 miliar.

Direktur Strategic Portfolio Telkom Achmad Sugiarto (kedua dari kanan)

Rabu, 19 Juni 2019 - 18:02 WIB

Startup Portfolio Telkom Listing di Australia Stock Exchange

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadiri acara pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) Whispir di Australian Securities Exchange (ASX) dengan kode…

e-Commerce Tokopedia (Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:45 WIB

Sepanjang Bulan Mei 2019, Tokopedia Catat Transaksi Penjualan Hingga Rp 18,5 Triliun

Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun.

Sun Life Financial Indonesia dan Muamalat Indonesia Menandatangani Peresmian Kerja Sama Strategis Bancassurance

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:35 WIB

Kerjasama Sun Life Financial Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia

PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) perusahaan perencana keuangan keluarga tepercaya, hari ini mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama bank syariah pertama di Indonesia,…

Dirc Richard Talumewo, Presiden Direktur PT Transcoal Pacific Tbk, sedang memberikan penjelasan kepada investor dan pers dalam acara paparan publik di Jakarta, Rabu (19/06/2019). (Foto: Abe)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:22 WIB

Total Dividen Tunai 2018 Transcoal Pacific Bernilai hampir Rp80 Miliar

PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI), perusahaan pelayanan di bidang angkutan laut dan logistik kelautan, akan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2018 bernilai total Rp79,68 miliar (Rp15,5…