Jokowi 'Tegor' OJK Keluarkan Taringnya: Tindak Tegas Transaksi Fraud! Pengawasan Tak Boleh Mandul, Tak Boleh Masuk Angin

Oleh : Candra Mata | Senin, 18 Januari 2021 - 18:02 WIB

Presiden Jokowi (ist)
Presiden Jokowi (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2021 beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kerjasama pemerintah dan lembaga-lembaga sektor keuangan dapat terus dilanjutkan dalam menghadapi pandemi COVID-19 seperti tahun 2020. 

Selain itu, Presiden juga meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pelaku industri jasa keuangan untuk dapat menjaga kepercayaan pasar. 

“OJK dan para pelaku industri jasa keuangan harus menjaga kepercayaan pasar, menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya," kata Jokowi secara virtual seperti dilansir redaksi Industry.co.id pada Senin (18/1/2021).

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta agar OJK tak segan-segan bersikap tegas dalam menjalankan fungsinya sebagai pengawas keuangan.

"Transaksi keuangan yang menjurus ke fraud harus ditindak tegas, pengawasan OJK juga tidak boleh mandul, tidak boleh masuk angin, harus mengeluarkan taringnya,” tegas Jokowi lagi ke jajaran OJK.

Lebih jauh, dirinya juga menegaskan mengenai pentingnya menjaga kredibilitas dan integritas. 

“Kita harus membangun sebuah sistem internal yang baik, membangun sebuah sistem yang berstandar internasional, sehingga meningkatkan kepercayaan dunia internasional pada industri jasa keuangan kita,” tuturnya. 

Selain itu, Kepala Negara juga mengajak industri keuangan untuk terus meningkatkan pengembangan dan akses bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memperoleh pembiayaan. 

"Jangan cuma yang besar yang dibantu ,yang kecil-kecil itu butuh pembiayaan, para UMKM itu diprioritaskan," tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Proses Pemeriksaan dan Pengujian Halal di Laboratorium PT SUCOFINDO (Persero)

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:52 WIB

Optimalkan Layanan Pemeriksa Halal Sucofindo Rilis Aplikasi Registrasi Online Sertifikasi Halal

Jakarta – Sebagai komitmen dalam mengoptimalkan pelayanan kepada pelaku usaha terkait dengan pemastian produk halal, PT SUCOFINDO (Persero) merilis aplikasi Lembaga Pengujian Halal (LPH) untuk…

Akun media sosial YADIN

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:05 WIB

Sambut Era Digital, Yadin Resmi Luncurkan Akun Media Sosial di Tiga Platform

PT. Yanmar Diesel Indonesia, anak perusahaan Yanmar Holdings Co., Ltd. meluncurkan akun media sosial resminya di 3 platform berbeda yaitu Facebook, Instagram, dan YouTube.

PT PP

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:53 WIB

PTPP Garap Pembangunan Proyek Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Senilai Rp940 Miliar

PT PP (Persero) Tbk, (“PTPP”) telah menandatangani kontrak perjanjian kerjasama dalam pembangunan Paket I Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (“MUTIP”) di Nusa Tenggara…

Global Forum Human Capital Project 2021

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:52 WIB

Pemerintah Indonesia Tegaskan Akan Terus Fokus Tuntaskan Stunting

Pemerintah Indonesia menegaskan akan terus fokus menuntaskan stunting meski dihadapkan pada keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Hal ini karena peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)…

MenkopUKM Teten Masduki (tengah) seusai menyaksikan penandatanganan MoU antara Smesco Indonesia dengan PT Kimia Farma

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:50 WIB

Perluas Pasar Produk Herbal dan Spa UMKM, Smesco Indonesia Teken MoU dengan Kimia Farma

Sebagai tindak lanjut dari MoU antara Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dengan Menteri BUMN Erick Thohir tentang sinergi membantu UKM di sektor ritel, Smesco Indonesia (BLU dari Kemenkop…