DRD DKI Jakarta dan ADPI Siap Kerahkan Dosen Bangun Wilayah Jakarta

Oleh : Herry Barus | Rabu, 30 Desember 2020 - 06:39 WIB

DRD DKI Jakarta dan ADPI Siap Kerahkan Dosen Bangun Wilayah Jakarta
DRD DKI Jakarta dan ADPI Siap Kerahkan Dosen Bangun Wilayah Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Membangun Jakarta untuk mewujudkan program  Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, maju kotanya bahagia warganya lestari budayanya, memerlukan kolaborasi dan partisipasi aktif  semua pihak. Tidak dapat dibebankan hanya pada pemerintah provinsi saja. Salah satu pihak yang siap berkolaborasi dan berpartisipasi aktif membangun wilayah DKI Jakarta adalah Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi  DKI Jakarta bersama para dosen yang tergabung dalam asosiasi dosen pengabdian kepada masyararakat (ADPI) DKI Jakarta.

Di wilayah DKI Jakarta saat ini terdapat sekitar 400 perguruan tinggi swasta (PTS) selain perguruan tinggi negeri. Setiap perguruan tinggi swasata memiliki puluhan bahkan ratusan dosen yang minimal berpendidikan strata dua (S2). Setiap dosen memilik kewajiban menjalankan tri darma perguruan tinggi. Selain pengajaran juga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan Penelitian dan pengabdian pada masyarakat dosen dosen perguruan tinggi di DKI Jakarta dapat dilakukan untuk membantu  membangun wilayah sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat DKI Jakarta di wilayah yang masih perlu percepatan. Pembangunan. Salah satunya wilayah Kepulauan Seribu. DRD DKI Jakarta sebagai bagian dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten administrasi kepulauan seribu, Provinsi DKI Jakarta, dapat memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat para dosen beserta mahasiswa nya di kepulauan seribu.

Hal tersebut disampaikan Ketua DRD DKI Jakarta, Prof Dr Kemas Ridwan Kurniawan Msc, dalam acara Seminar Online (Webinar) Nasional yang bertema “ Kolaborasi Dewan Riset Daerah Provinsi DKI Jakarta, dan Dosen Perguran Tinggi Dalam Pembangunan Wilayah dan Peningkatan Kesejahteraan masyarakat Kepulauan Seribu,Provinsi DKI Jakarta.”  Webinar yang diselenggarakan Kerjasama antara DRD DKI Jakarta dengan Asosiasi Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (ADPI) DKI Jakarta ini, dipandu moderator yang juga sekretaris komisi I DRD DKI Jakarta, Eman Sulaeman Nasim.

Selain Kemas Ridwan Kurniawan, Ketua Komisi I DRD DKI Jakarta Isroil Samiharjo,  Ketua ADPI Pusat Prof Dr Zaim. M. Hum  yang memberikan sambutan pembuka, hadir juga kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Nasrudin Joko Suryono, menyampaikan sambutan kunci  (Keynote speech) dalam Webinar Nasional tersebut. Sedangkan Kesimpulan Webinar disampaikan Ketua ADPI DKI Jakarta Resista Vikaliana.

Dalam webinar nasional tersebut, tampil sebagai pembicara masing masing, Bupati Kepala daerah administrasi Kepulauan Seribu Junaidi. Pakar hukum dari Universitas Indonesia (UI) dan Pakar kelauatan Widodo Setyo Pranowo, keduanya anggota komisi I DRD DKI Jakarta. Dan Pakar  matematika dan statistic yang juga bendahara ADPI DKI Jakarta Nur Aini.

“DRD DKI Jakarta, berkolaborasi dengan ADPI Jakarta dan ADPI pusat siap bekerjasama dalam rangka ikut mempercepat pembangunan wilayah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi DKI Jakarta khususnya masyarakat kepulauan seribu, berdasarkan kajian ilmiah,” papar ketua DRD DKI Jakarta Kemas Ridwan Kurniawan.

Masih Tertinggal

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Nasrudin Joko Suryono mengakui, dibandingkan derngan daerah lainnya di wilayah Jakarta, pembangunan  di Kabupaten administrasi kepulauan seribu masih tertinggal. Namun demikian, pemerintah Provinsi DKI Jakarta dibawah kepemimpinan Anies Baswedan  selama tiga tahun ini terus melakukan pembangunan di segala bidang. Termasuk pembangunan pembakit listrik tenaga surya. Pembangunan mesin pengelolaan sampah dan peningkatan sarand an prasarana pariwisata di wilayah kepulauan seribu.

“Meski demiikian, bila dibandingkan dengan daerah lainnya di seluruh Indonesia, pembangunan dan tingkat kesejahteraan masyarakat kepulauan Seribu saat ini masih lebih baik dibandingkan daerah dan masyrakat di provinsi lain,” papar Kepala Bappeda DKI Jakarta Nasrudin Joko Suryono.

Baik kepala Bappeda DKI Jakarta Nasrudin Joko Suryomo maupun Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Junaidi, menyambut baik kolaborasi DRD DKI Jakarta dengan dosen dosen yang tergabung dalam ADPI Jakarta yang akan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kedejahteraan masyarakat kepulauan seribu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.