Selamat! Pupuk Indonesia Dinobatkan Sebagai Indonesia Trusted Companies

Oleh : Herry Barus | Jumat, 18 Desember 2020 - 15:00 WIB

Pupuk Indonesia Dinobatkan Sebagai Indonesia Trusted Companies
Pupuk Indonesia Dinobatkan Sebagai Indonesia Trusted Companies

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali dinobatkan sebagai Indonesia Trusted Companies dalam ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2020 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA. Penghargaan CGPI ke 19 ini merupakan wujud apresiasi kepada perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan Good Corporate Governance (GCG) secara berkelanjutan, dimana penilaiannya telah melalui program riset dan pemeringkatan oleh Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG).

Penghargaan yang diserahkan oleh Gendut Suprayitno selaku Chairman The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) itu diterima langsung oleh Direktur Utama Pupuk Indonesia Achmad Bakir Pasaman di Shangri-la Hotel Jakarta, pada 17 Desember 2020.

Melalui penghargaan ini, Pupuk Indonesia dinilai berhasil dalam menjaga tata kelola perusahaan yang baik, unggul dalam bersaing dan menjaga pertumbuhan berkelanjutan di tengah situasi krisis akibat pandemik Covid-19 di Indonesia. "Kami menerapkan lima pilar dalam strategic house kami, yaitu customer centric model, Research & Development Innovation Driven, Excellence in Operation and Supply Chain, Feed Stock Security and Optimazion serta Sustainability and Circular Economy," kata Bakir Pasaman.

Strategi tersebut juga didukung dengan sentralisasi fungsi-fungsi strategis dibidang keuangan, IT, pemasaran, hingga SDM dan riset. "Kami juga melakukan sentralisasi fungsi teknologi informasi, pemanfaatan sistem manajemen risiko berbasis teknologi informasi, hingga penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 37001:2016 guna memperkuat GCG," tutupnya.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga aktif menerapkan konsep industry 4.0 dalam menunjang kinerja perusahaan. “Guna memonitor dan mengamankan distribusi pupuk, kami punya sistem yang disebut Distribution Planning and Control System (DPCS), kemudian ada Digital Fertilizer untuk memonitor kinerja pabrik," jelas Bakir.

Tak hanya itu, sambung dia, untuk lebih mendekatkan diri pada konsumen dan meningkatkan penjualan sektor retail, perusahaan telah mengembangkan Customer Centric Model. "Sedangkan untuk peningkatan produktivitas pertanian dan mendukung peningkatan kesejahteraan petani, Pupuk Indonesia Grup mengembangkan program Agro Solution yang sudah terlaksana di banyak daerah," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…

 Pegadaian Umumkan 12 Nasabah Beruntung yang Akan Makan Malam Bersama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Rabu, 18 Mei 2022 - 21:58 WIB

Pegadaian Umumkan 12 Nasabah Beruntung yang Akan Makan Malam Bersama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Jakarta- PT Pegadaian umumkan nama 12 orang yang menjadi pemenang dalam Program Pengundian April Emas Pegadaian 2022 pada hari Kamis (12/5).

Press Conference IFG International Conference 2022 di Neightbourhood, Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2022) (Dok: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 21:15 WIB

Perkuat Sektor Asuransi dan Dana Pensiun, IFG Gelar Konferensi Internasional

Indonesia Financial Group (IFG) akan menggelar IFG International Conference 2022. Penyelenggaraan ini merupakan upaya memeperkuat ekosistem sektor asuransi dan dana pensiun yang sejat dan berkelanjutan.…

Pegawai ASABRI

Rabu, 18 Mei 2022 - 20:29 WIB

ASABRI Lebih Dekat Melayani Peserta Dengan 1000 lebih Titik Layanan

PT ASABRI (Persero) senantiasa berinovasi dan melakukan transformasi dibuktikan dengan berkembangnya titik layanan ASABRI Link yang sampai saat ini telah mencapai lebih dari 1000 titik layanan…