Mambruk Hotel & Convention Anyer Raih Sertifikasi CHSE Kemenpar

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 17 Desember 2020 - 19:00 WIB

Mambruk Hotel & Convention Anyer
Mambruk Hotel & Convention Anyer

INDUSTRY.co.id - Anyer  - Sudah hampir genap satu tahun sejak pandemi Covid-19 menyebar secara global dan turut berdampak pada berbagai aspek kehidupan di masyarakat. Tak terkecuali sektor pariwisata yang turut menjadi sektor paling terpengaruh selama pandemi.

Termasuk di antaranya dunia usaha perhotelan yang masih belum mampu bangkit sepenuhnya dikarenakan terjadinya penurunan kegiatan perjalanan wisata  dan kegiatan pertemuan di hotel.

Dampak inilah yang dirasakan para pelaku usaha perhotelan di seluruh Indonesia, khususnya di Anyer. Permasalahan ini tentunya juga mengundang reaksi dari Pemerintah RI dalam mencari solusi terbaik untuk kembali meningkatkan geliat pariwisata di tanah air.

Hal inilah yang akhirnya melatarbelakangi diluncurkannya program sertifikasi nasional CHSE atau Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment (ramah lingkungan) dari Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia untuk seluruh usaha perhotelan di Indonesia sebagai landasan standarisasi kebiasaan di era normal baru (New Normal).

“Kunci keberhasilan pariwisata agar dapat segera rebound adalah pelaksanaan protokol kesehatan berbasis CHSE dengan baik dan disiplin di tiap destinasi tujuan dan pelaku sektor pariwisata,” kata Menparekraf, Wishnutama Kusubandio melalui keterangan yang diterima redaksi pada Kamis (17/12).

Mambruk Hotel & Convention di Anyer, yang dikembangkan oleh Griya Idola, perusahaan real estate dari Barito Pacific, telah lolos sertifikasi CHSE New Normal Kemenparekraf ini dengan predikat 98/100.

Adapun inspeksi sebelumnya telah dilakukan oleh Nurul Chandra Purnama selaku auditor Sucofindo pada Minggu, 15 November 2020, yang bertujuan untuk mengukur manajemen tata kelola, kesiapan SDM hotel serta partisipasi para tamu dalam penerapan New Normal.

“Terima kasih kami ucapkan atas dukungan dan kerjasama yang baik antara manajemen, seluruh staf, dan tamu atas penerapan CHSE secara komprehensif sesuai standar Kemenparekraf di Hotel Mambruk, sehingga kami dapat lolos program sertifikasi ini. Bagi para calon pengunjung yang belum pernah berkunjung, kini tidak perlu lagi khawatir, sertifikasi CHSE ini merupakan jaminan standar kesehatan New Normal yang telah dijalankan secara konsisten, sistematis dan komprehensif di Hotel Mambruk. Selain itu, penerapan protokol kesehatan secara optimal, yang selama ini telah dijalankan secara konsisten, bukan hanya semata demi menjaga okupansi hunian hotel, melainkan juga untuk menjaga kesehatan 150 karyawan yang bekerja disini.” ujar Budi Ramli selaku General Manager Mambruk Hotel & Convention.

Tak hanya itu, pencapaian serupa juga didapatkan oleh Infinity Restaurant, sebuah restoran yang dimiliki dan terletak di dalam kawasan Mambruk Hotel & Convention.

Pada Selasa, 17 November 2020, Kementrian Kesehatan mengadakan acara Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan 2020 (awarding session) yang dihadiri oleh Terawan Agus Putranto (Menteri Kesehatan), Tito Karnavian (Menteri Dalam Negeri), Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan) dan tak ketinggalan Wishnutama Kusubandio (Menparekraf).

Dalam acara tersebut diumumkan pencapaian Infinity Restaurant sebagai salah satu restoran yang konsisten terhadap penerapan protokol kesehatan di seluruh lokasi usaha maupun dalam proses pembuatan dan penyajian hidangan kulinernya.

Hal ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri,karena Infinity Restaurant merupakan satu-satunya kategori Restoran Hotel di Kabupaten Serang Banten yang mendapatkan penghargaan ini.

Mambruk Hotel & Convention merupakan sebuah resort tepi pantai di Anyer, Banten yang terdiri dari 153 kamar di hektaran area hijau yang asri dengan private beach, infinity pool terbesar di Anyer, dan berbagai fasilitas yang baru direnovasi, termasuk di antaranya Infinity Restaurant, pusat kebugaran, ruang meeting, gedung pertemuan, Lighthouse Bar yang terkenal, serta Amazing Mambruk Cruise.

Dengan diperolehnya sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf, menjadikan Mambruk Hotel & Convention sebagai tempat yang ideal untuk keperluan perusahaan maupun liburan keluarga yang higienis, aman, dan nyaman.

Pada kesempatan lainnya, Kepala Dinas Pemuda Olahraga & Pariwisata Kabupaten Serang Hamdani juga cukup mengapresiasi konsistensi penerapan protokol kesehatan di Mambruk Hotel & Convention. Beliau mengakui dampak Covid-19 bukan hanya memukul industri pariwisata, melainkan juga pendapatan daerah yang jauh menurun hingga 50 persen. Jika industri pariwisata telah normal kembali, maka akan dapat berkontribusi dalam stabilisasi pendapatan daerah.

“Kita apresiasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Hotel Mambruk ini dan kita jadikan satu SOP dalam pelaksanaannya,” tutup Hamdani.

Program sertifikasi nasional CHSE Kemenparekraf RI yang dilaksanakan sejak kuartal akhir 2020 ini, dilakukan oleh tim auditor dan verifikator ahli yang telah melalui berbagai pelatihan, hasil kerjasama Kemenparekraf dengan Dinas Kesehatan serta Gugus Tugas Pencegahan Covid-19.

Diharapkan program sertifikasi ini dapat menjadi standar panduan bagi para wisatawan untuk dapat berkunjung ke lokasi pariwisata Indonesia dengan nyaman dan tenang.

Griya Idola merupakan anak perusahaan dari Barito Pacific yang bergerak dalam bidang properti. Griya Idola mengembangkan dan mengelola beragam portofolio, yaitu properti komersial, kawasan industri, hotel dan residensial di Indonesia. Griya Idola memiliki keunggulan dalam desain, pengembangan dan operasional, ditambah dengan kepemilikan aset yang signifikan dan jaringan yang luas dari Barito Pacific Group.

Dengan reputasi terpercaya dalam menghasilkan produk dan properti yang berkualitas, Griya Idola akan terus menciptakan nilai melalui pengembangan sejumlah lahan siap guna di Indonesia sekaligus meraih peluang pertumbuhan real estate di kawasan Asia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…