Gelar Kompetisi Tudung Saji, Kemenperin Ajak Kaum Muda Lestarikan Budaya Bangsa

Oleh : Ridwan | Jumat, 11 Desember 2020 - 19:30 WIB

Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih
Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar kompetisi Tudung Saji Nusantara 2020.

Kompetisi ini bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa dengan memperkenalkan kerajinan yang adiluhung serta menumbuhkan minat kaum muda dalam mendorong regenerasi perajin secara inovatif, kreatif dan ramah lingkungan.

"Selain itu, kompetisi ini untuk mendukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dalam rangka membangun minat masyarakat untuk membeli produk lokal, khususnya produk-produk kerajinan," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta, Jumat (11/12/2020).

Dirjen IKMA menjelaskan, tudung saji merupakan salah satu produk unggulan dari industri kerajinan nasional. Kemenperin mencatat, nilai ekspor barang industri kerajinan pada periode Januari  September 2020 sebesar USD435 juta atau setara Rp6,17 triliun.

Menurut Gati, kompetisi ini dilatarbelakangi kondisi di era adaptasi kebiasaan baru saat ini, dengan banyaknya masyarakat yang melakukan kegiatannya di rumah.

"Kebiasaan baru ini nampaknya mendorong masyarakat kota untuk membuat rumahnya lebih nyaman dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan dekorasi interior, mulai dari melakukan peremajaan infrastruktur hingga perlengkapan rumah tangga seperti tudung saji yang dibuat selaras," paparnya.

Guna merebut peluang tersebut, diperlukan langkah untuk menggiatkan kembali perajin di tanah air, salah satu upayanya melalui kompetisi.

"Para perajin juga perlu beradapatasi memaksimalkan potensi untuk improvisasi agar dapat terus berkreasi. Para perajin dituntut untuk terus berinovasi mengeluarkan ide, dan karya kreatif yang dapat memberikan pengaruh postif pada perkembangan indsutri kerajinan," tambah Gati.

Wakil Ketua Harian I Dekranas, Loemongga Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, kegiatan kompetisi tudung saji sejalan dengan tujuan dibentuknya Dekranas, yaitu mengembangkan kerajinan nasional dengan menanamkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kerajinan bagi kehidupan sehari hari, serta melestarikan kebudayaan asli tanpa mengabaikan penggunaan penemuan dan teknologi baru, dalam rangka mengembangkan identitas budaya bangsa kita.

"Selain itu, Dekranas juga memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengusaha kecil, perajin, dan seniman dengan mendorong semangat kewirausahaan mereka, salah satunya melalui kegiatan kompetisi tudung saji ini," ujar Loemongga.

Menurutnya, tudung saji juga merupakan warisan budaya turun temurun dari nenek moyang yang memiliki nilai historis dan filosofis tinggi.

"Tudung saji, terdiri dari dua kata, yaitu Tudung dan Saji. Tudung berarti penutup dan Saji berarti sajian atau hidangan," ungkapnya.

Awalnya, tudung saji dibuat dengan bahan anyaman daun pandan hutan (berduri) dan sering dipakai sebagai penutup dulang tempat makanan untuk dihidangkan kepada para tamu atau majelis.

"Filosofi tudung saji adalah memohon perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Sehingga tudung saji merepresentasikan perlindungan terhadap nilai-nilai budaya kita yang dituangkan dalam bentuk produk-produk kerajinan. Untuk itulah kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi kepada para pengrajin Indonesia sebagai penjaga warisan budaya nenek moyang kita," papar Loemongga.

Proses seleksi kompetisi ini dilakukan untuk memilih 30 karya dari total 168 pendaftar. Selanjutnya, peserta diseleksi kembali menjadi 10 besar, dan kemudian 3 (tiga) besar di tahap penjurian akhir.

Tiga peserta terbaik kompetisi ini yaitu Muliani (Lombok Tengah NTB), Andi Aisha JBP (Makssar  Sulsel), Ketut Sukra Wenten (Buleleng- Bali)

Para juara mendapatkan hadiah uang pembinaan dari Kementerian Perindustrian sebesar Rp30 juta (Juara 1), Rp20 juta (Juara 2), dan Rp15 juta (Juara 3), serta hadiah berupa 1 buah personal computer untuk masing-masing pemenang dari Kementerian Perdagangan.

Sedangkan untuk 10 Finalis mendapatkan masing-masing satu paket studio mini dari Kementerian Perdagangan, serta pulsa ponsel senilai Rp100.000 selama enam bulan dari Ketua Bidang Daya Saing Dekranas.

Melalui kompetisi ini, diharapkan para perajin di masa yang akan datang akan terus mengeluarkan ide, inovasi dan karya kreatif yang dapat memberikan pengaruh positif pada perkembangan industri kerajinan lokal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…