BincangShopee Ungkap Bocoran Kesuksesan Para Pelaku Bisnis Rumahan di Tengah Pandemi

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 05 Desember 2020 - 14:51 WIB

BincangShopee
BincangShopee

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Shopee menghadirkan 'BincangShopee 12.12 Birthday Sale: Di Balik Dapur Bisnis Rumahan' sebagai sarana edukasi yang didedikasikan untuk membahas bermunculannya bisnis rumahan di tengah pandemi, dengan menghadirkan Lizzie Parra selaku Founder & CMO dari BLP Beauty dan Oshin Hernis selaku Head of Communications Sayurbox.

Daniel Minardi, Head of Brands Management and Digital Products, Shopee Indonesia mengatakan, melalui acara BincangShopee ini, Shopee mengajak para pengguna untuk memperkaya informasi mengenai strategi bisnis di tengah pandemi dengan berbagai cara yang lebih efisien dan membawa dampak yang tetap positif. 

"Sebagai platform yang senantiasa mendukung perkembangan para pelaku UMKM Indonesia, kami berharap informasi yang diberikan bisa menjadi tepat guna untuk para pelaku bisnis rumahan dan masyarakat Indonesia secara umum," kata Daniel, Jumat (4/12/2020).

Beberapa kiat di sampaikan oleh kedua pembicara yang dapat diadaptasikan oleh para pelaku bisnis rumahan dalam mengembangkan bisnisnya di tengah pandemi, kiat tersebut antara lain : 

Memperdalam ide bisnis dan lakukan riset pasar. Pandemi menyebabkan perubahan aktivitas dan kebutuhan masyarakat. Cari produk apa yang banyak dibutuhkan masyarakat saat ini. Pastikan agar ide bisnis yang dimiliki dapat menjawab kebutuhan pasar yang ingin dituju dengan tepat dan sesuai.

Memulai bisnis dari ketertarikan diri sendiri. Selain dari mencari insight akan ketertarikan dan kebutuhan masyarakat secara umum, akan lebih memudahkan apabila bisnis rumahan dimulai dari hobi ataupun ketertarikan calon pelaku bisnis. Jangan khawatir apabila hobi atau ketertarikan yang dipunyai memiliki pangsa pasar yang kecil, karena lebih baik memulai dengan fokus pangsa pasar kecil agar bisnisnya dapat berkembang dengan lebih terarah.

Menentukan target konsumen dan maksimalkan channel online. Tentukan secara spesifik target konsumen bisnis. Ingat, tidak semua orang dapat menjadi target dari produk atau jasa. Kemudian, karena semua orang sebagian besar melakukan kegiatan berbelanja mereka secara online, online presence jadi sangat penting dalam membangun bisnis. Online platform seperti Shopee dapat diandalkan untuk memulai bisnis, di mana para pebisnis dapat menggunakan fitur-fitur Shopee dan mengikuti kampanye dan promo yang sedang berlangsung.

Memilih logo dan packaging produk yang merepresentasikan bisnis. Logo dan packaging merupakan cara kamu untuk membedakan bisnis yang kamu miliki dengan bisnis-bisnis lainnya. Secara tidak langsung branding mampu memberikan banyak manfaat, termasuk dalam mempengaruhi psikologi calon konsumen melalui tulisan, label, keterangan lain yang menjelaskan isi, kegunaan dan informasi lain yang perlu disampaikan kepada konsumen. 

Packaging yang ramah lingkungan tidak selalu mahal. Bekal pengetahuan yang cukup tentang cara produksi dan pengemasan yang baik akan menghasilkan produk yang aman, bermutu dan berkualitas, serta memenuhi standar untuk dipasarkan. Meski demikian, memilih kemasan yang ramah lingkungan tidak harus mengorbankan desain.  Desain yang kreatif dan bijaksana justru akan dapat meringankan beban produk, mengurangi sampah lingkungan serta mengurangi biaya pengiriman. Bahkan, mitos tentang biaya packaging ramah lingkungan yang lebih mahal pun hanya mitos, lho! Para pelaku bisnis dapat mencari berbagai produk kemasan ramah lingkungan seperti paper bag, paper box (kardus), telo bag (pengganti plastik sekali pakai yang berbahan dasar singkong), dan lainnya di Shopee. 

Lizzie Parra, Founder dan CMO BLP Beauty mengatakan, bersama BincangShopee dirinya berharap pengetahuan yang dibagikan dapat berguna, terlebih dalam segi pemilihan packaging sebagai bagian yang krusial untuk produk yang hendak dipasarkan. 

"Untuk menciptakan dampak yang lebih baik, pastinya dibutuhkan perubahan yang dimulai secara perlahan. Semoga kita bisa saling menginspirasi satu sama lain untuk tetap bergerak, bertahan, dan menghadirkan dampak yang positif secara berkelanjutan," ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agro Solution Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Padi Gorontalo

Kamis, 28 Januari 2021 - 10:00 WIB

Agro Solution Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Padi Gorontalo

Program Agro Solution Pupuk Kaltim berhasil meningkatkan hasil pertanian Gorontalo, khususnya komoditas padi dengan produktivitas mencapai 80%. Keberhasilan ditandai dengan panen demplot oleh…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:37 WIB

ADB Launching The Asian Water Development Outlook 2020, Kementerian PUPR Lakukan Sejumlah Upaya Dukung Ketahanan Air

AWDO 2020 merupakan dokumentasi dan publikasi ADB untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya ketahanan air dalam skenario pembangunan masa depan pada negara-negara di Asia Pasifik serta usulan…

Satgas Yonif 642 kembali Gagalkan Penyelundupan Miras dan Sosis Ilegal

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:30 WIB

Satgas Yonif 642 kembali Gagalkan Penyelundupan Miras dan Sosis Ilegal

Dansatgas mengatakan bahwa pada saat anggota Pos Guna Banir yang dipimpin Letda Inf M Supii melakukan patroli pengawasan di jalan tikus sektor Pos Guna Banir, mereka menemukan sebuah karung…

CocaCola Amatil Indonesia Salurkan Ribuan Liter Air Siap Minum

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:16 WIB

CocaCola Amatil Indonesia Salurkan Ribuan Liter Air Siap Minum

Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) melalui pabriknya di Sumedang menyerahkan bantuan kepada korban terdampak banjir dan longsor di Desa Cihanjuang. Penyerahan donasi di empat titik…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:14 WIB

Kementerian PUPR Kembalikan Fungsi Sungai Cakung di Kawasan Grand Kota Bintang Bekasi

Kawasan pertokoan dan perumahan yang berada di Jalan KH Noer Ali, Kelurahan Jakasampurna, Bekasi Barat tersebut melanggar pemanfaatan ruang terkait dengan perubahan alur Sungai Cakung menjadi…