Biotrop Berhasil Mentrasnformasi Rumput Laut

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 28 November 2020 - 11:38 WIB

Petani Rumput Laut (Foto: BD)
Petani Rumput Laut (Foto: BD)

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Dr. Irdika Mansur (Direktur SEAMEO BIOTROP) menyampaikan bahwa penelitian dan pengembangan bioteknologi tanaman di BIOTROP meliputi: 1) Rekayasa genetika untuk mendapatkan bibit unggul; 2) Identifikasi dan kloning gen ketahanan terhadap hama dan penyakit; dan 3) Kultur jaringan tanaman untuk penyediaan bibit unggul.

"Dalam penelitian rekayasa genetika, Biotrop telah berhasil mentransformasi rumput laut dengan menggunakan perantara Agrobacterium tumefaciens untuk mendapatkan ketahanan terhadap hiposalin (2016 – 2018) yang dilakukan oleh Dr. Erina Sulistiani," kata dia saat Webinar Biotek bertema “Potensi Bioteknologi Pertanian dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan di Indonesia” di Jakarta, Jumat (28/11/2020).

Selain itu di bidang kultur jaringan, Biotrop juga telah mengembangkan tanaman yang bernilai ekonomi tinggi seperti: kayu jati, jabon, sengon, chesnut, anubias, talas satoimo, gaharu, kayu putih dan beberapa tanaman lokal langka.

"Bibit tanaman yang diproduksi oleh lab Kultur Jaringan memiliki tingkat kematian yang sangat rendah," katanya.

Prof. Dr. Antonius Suwanto menjelaskan bahwa penerapan bioteknologi konvensional menggunakan peran organisme tertentu dengan teknik dan teknologi yang sederhana. Contoh penerapan bioteknologi konvensional misalnya dalam fermentasi anggur, pembuatan tape, dan pembuatan tempe. Sedangkan bioteknologi modern merupakan teknik pemanfaatan organisme dalam tingkat seluler maupun molekuler dengan didukung teknologi yang canggih.

Di bidang pertanian, bioteknologi sudah cukup dikenal dari zaman kuno hingga sekarang. Adapun manfaat bioteknologi dalam bidang pertanian diantaranya dapatdigunakan untuk menciptakan varietas unggul, membantu proses pembibitan, dan mengatasi keterbatasan lahan selain dapat mengendalikan hama tanaman.

Dr. Rhodora Aldemita dari ISAAA mengungkapkan bahwa sebanyak 70 negara telah mengadopsi tanaman biotek baik lewat budidaya maupun impor di tahun 2018, tahun ke-23 dari adopsi tanaman biotek berkelanjutan. Hal ini tertuang dalam laporan yang dirilis oleh ISAAA tentang Status Global Tanaman Bioteknologi / Hasil Rekayasa Genetika pada tahun 2018.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa sebanyak dua puluh enam negara (21 negara berkembang dan 5 negara industri) telah menanam 191,7 juta hektar tanaman biotek, yang artinya bertambah 1,9 juta hektar dari tahun 2017. Adopsi tanaman biotek secara terus menerus oleh para petani di seluruh dunia menunjukkan bahwa tanaman biotek terus membantu memenuhi tantangan global kelaparan, malnutrisi, dan perubahan iklim. Teknologi rekayasa genetika telah berkontribusi pada semua aspek ketahanan pangan yaitu dengan meningkatkan hasil dan mengurangi kerugian, teknologi ini berkontribusi pada ketersediaan pangan bagi lebih banyak keluarga.

Di Asia, untuk pertama kalinya Indonesia menanam tebu toleran kekeringan yang dikembangkan melalui kerjasama kemitraan publik (Universitas Jember) dan swasta (Ajinomoto Ltd.)

Dr. Dahri Tanjung dari Care IPB menjelaskan terkait hasil studi ex-ante yang dilakukan untuk mengetahui dampak sosial ekonomi dari pengembangan kentang biotek di Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa benih yang dihasilkan dari bioteknologi akan memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah tahan terhadap hama dan penyakit, mengurangi kehilangan produksi, menghemat biaya produksi, memiliki kandungan nutrisi yang bagus dan tampilan fenotipe yang bagus. Lebih lanjut ia menjelaskan dampak ekonomi yang disebabkan dengan penggunaan benih kentang biotek yang dapat dinikmati antara lain: peningkatan ekspor dan penurunan impor, kemungkinan naiknya devisa, meningkatnya pendapatan petani kentang dan kesempatan kerja juga meningkat.

Dr. Graham Brookes dari PG. Economics Limited menjelaskan dampak sosial ekonomi tanaman hasil rekayasa genetika periode 1990 – 2018. Dalam paparannya, ia menyampaikan bahwa pada tahun 2018, petani di negara berkembang menerima 4,42 US dollar tambahan pendapatan tambahan untuk masing-masing uang ekstra yang diinvestasikan dalam benih tanaman RG, sedangkan petani di negara maju menerima 3,24 US dollar sebagai pendapatan tambahan untuk setiap dolar tambahan yang diinvestasikan dalam benih tanaman RG. Dari tahun 1996 hingga 2018, keuntungan pendapatan bersih pertanian global adalah 225 miliar dollar, sama dengan peningkatan pendapatan rata-rata sebesar 96,7 dolar per hektar. Lebih lanjut ia menjelaskan, teknologi tanaman RG telah meningkatkan hasil melalui perbaikan pengendalian hama dan gulma. Misalnya, teknologi tanaman tahan serangga (IR) yang digunakan pada kapas dan jagung, antara tahun 1996 hingga 2018, di antara semua pengguna teknologi ini, meningkatkan hasil panen rata-rata 16,5 persen untuk jagung IR dan 13,7 persen untuk kapas IR dibandingkan dengan produksi konvensional. sistem. Petani yang menanam kedelai IR secara komersial di Amerika Selatan telah melihat peningkatan hasil rata-rata 9,4 persen sejak 2013.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.