Masyarakat Papua Berharap Pangdam Baru Bersikap Tegas Terhadap KKB

Oleh : Herry Barus | Selasa, 24 November 2020 - 04:00 WIB

Prajurit TNI
Prajurit TNI

INDUSTRY.co.id - Papua-Jabatan Panglima Kodam Cenderawasih beralih dari Mayjen TNI Herman Asaribab kepada Mayjen TNI Ignatius Yogo Triono. Pergantian pucuk pimpinan militer di Papua tersebut diharapkan meningkatkan sinergitas dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan di daerah.

"Pangdam yang baru harus menjaga kedamaian serta persatuan dan kesatuan di Papua. Bapak Mayjen TNI Ignatius Yogo Triono, harus tegas terhadap kelompok-kelompok garis keras yang mengganggu stabilitas umum dan kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia),” kata Ketua Umum Presidium Putra Putri Pejuang Pepera Papua (P5) Yanto Eluay, di Papua, Minggu (22/11/2020).

"Kami berharap bapak Pangdam yang baru lebih tegas menjaga kedaulatan bangsa di Papua ini, ada pihak-pihak atau kelompok yang masih terus membuat kekacauan, dari sisi politik mereka selalu mengganggu stabilitas keamanan," jelas Yanto Eluay.

Eluay juga mengapresiasi penunjukkan Asaribab sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad). Dia menilai promosi jabatan tersebut merupakan sebuah kebanggaan, karena belum pernah ada putra asli Papua menduduki posisi di TNI AD setinggi Asaribab.

"Promosi jabatan ini (penunjukan Asaribab sebagai Wakil KSAD) merupakan kebanggaan bagi masyarakat asli Papua. Kepercayaan itu tentu menjadi motivasi bagi putra-putri Papua dalam mengembangkan karier (masing-masing)," ujar putra tokoh karismatik Papua Theys Eluay tersebut.

Penunjukan Asaribab sebagai Wakil KSAD dan Yogo sebagai Panglima Kodam Cenderawasih berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020, tertanggal 18 November 2020. Ada sebanyak 36 personel TNI menduduki jabatan baru.

Atas promosi tersebut, Herman Asaribab pun mendapat kenaikan pangkat, sehingga menjadi Letnan Jenderal TNI. Dia tercatat sebagai alumnus pertama Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) Angkatan 1988 berpangkat Letnan Jenderal. "Suatu kebanggaan bagi masyarakat Papua," tegas Yanto Eluay. 

Adapun Yogo sebelumnya merupakan Komandan Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat. Promosi jabatan merupakan penghargaan pemimpin TNI kepada prajurit yang berkinerja dan berprestasi menonjol.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPSLB HOKI Menyetujui Stock Split Jangkau Investor Ritel

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:10 WIB

RUPSLB HOKI Menyetujui Stock Split Jangkau Investor Ritel

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (“HOKI”), emiten produsen be ras berkualitas merek “Topi Koki” dan “HOKI”, telah mendapatkan restu dari para pemegang saham untuk melakukan perubahan/…

PT Asabri (persero)

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:54 WIB

Mengerikan! Kerugian Korupsi Asabri Capai Rp 22 Triliun Melebihi Jiwasraya

JAKARTA. Belum selesai kasus Jiwasraya, kini negara kembali dirugikan akibat dugaan korupsi di Asabri. Kejaksaan Agung (Kejagung) menyebut, kerugian negara akibat kasus Asabri mencapai Rp 22…

Petani membasmi hama tikus di persawahan

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:48 WIB

Kementan Kawal Pengendalian Hama Tikus di Ciamis

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan respon cepat terhadap serangan hama tikus yang menyerang puluhan hektar pertanaman padi di Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis,…

Ilustrasi Rupiah (ist)

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:29 WIB

Catat! Kemenag Pastikan Wakaf Uang Hanya Diinvestasikan ke Produk Keuangan Syariah

Presiden Joko Widodo telah meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) pada Senin, 21 Januari 2021. GNWU ini kemudian mendapat respon beragam dari masyarakat, terutama terkait penggunaan…

Buah Manggis (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:24 WIB

Konsumsi Buah Matang Alami, Tingkatkan Imunitas Diri

Kandungan yang terdapat pada buah-buahan bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu sistem imunitas untuk melawan penyakit dan virus corona. Di sisi lain, kebutuhan akan buah menjadi prospek…