Integrasikan Hub Kawasan Indonesia Timur, Pembangunan MNP Terus Digenjot

Oleh : Hariyanto | Minggu, 01 November 2020 - 16:45 WIB

Makassar New Port
Makassar New Port

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menghadirkan Makassar New Port (MNP) untuk mengintegrasikan pelabuhan hub khususnya di Kawasan Timur Indonesia (KTI).
 
Direktur Teknik PT Pelindo IV, Prakosa Hadi Takariyanto mengatakan bahwa untuk Makassar New Port Tahap I A sudah rampung 100% dan resmi beroperasi sejak 2 November 2018.
 
Di Tahap I A, dermaga yang ada memiliki panjang 320 meter dan luas lapangan penumpukan 16 hektare dengan kapasitas terpasang sebanyak 400.000 hingga 500.000 TEUs per tahun.
 
“Hingga Oktober 2020, MNP sudah melayani kapal sebanyak 247 call dengan traffic container mencapai 95.283 TEUs. Sementara sejak resmi beroperasi pada 2 November 2018 hingga 13 Oktober 2020, total kapal yang dilayani sebanyak 510 call dengan total traffic container mencapai 194.686 TEUs,” terang Prakosa dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (1/11/2020).
 
Prakosa menyebutkan, saat ini pihaknya tengah mengebut pembangunan MNP Tahap I B dan I C dengan total nilai investasi yang disiapkan sebesar Rp2,7 triliun.
 
Per 31 Oktober 2020, progress salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) itu sudah mencapai 58,92% dan saat ini pekerjaan yang sedang dilakukan adalah reklamasi, bore pile dan secant pile, produksi beton precast, instal beton precast dan insitu beton dermaga.
 
Dia menuturkan, pada Tahap I B dan Tahap I C yang pembangunannya kini sedang berjalan masing-masing memiliki panjang dermaga 330 meter dan 350 meter, sedangkan dermaga sisi selatan tahap I C yang saat ini dibangun bersamaan memiliki panjang 600 meter, sehingga total kapasitas Tahap I diperkirakan mencapai 2,4 juta sampai dengan 2,6 juta TEUs per tahun.
 
Sedangkan di Tahap I D, lanjut dia, juga akan dibangun dermaga dengan panjang 310 meter. Ke depan menurut Prakosa, pihaknya akan membangun sebuah kawasan industri di MNP untuk menciptakan ekosistem investasi yang sehat, khususnya di Sulawesi Selatan dan KTI pada umumnya.
 
Kawasan industri yang dibangun akan terintegrasi dengan pelabuhan, sehingga MNP akan menjadi salah satu pelabuhan untuk integrated port. Di mana pelabuhan dengan kawasan industri akan menyatu, sehingga nanti seluruh biaya yang terkait dengan barang logistik bisa ditekan lebih rendah karena barang yang keluar dari pabrik bisa langsung masuk pelabuhan, tidak perlu keluar lagi lewat jalan yang di luar pelabuhan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.