Giatkan Innovation Without Limits, Rahmad Pribadi Optimis Pupuk Kaltim Menjadi Juara

Oleh : Herry Barus | Rabu, 28 Oktober 2020 - 09:00 WIB

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi
Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Semangat inovasi terus ditanamkan Pupuk Kaltim bagi para karyawan di seluruh unit kerja, baik di pusat produksi di Bontang, maupun di seluruh wilayah distribusi Perusahaan. Ragam inovasi tersebut diapresiasi melalui kegiatan Pupuk Kaltim Innovation Awards (PIA). PIA merupakan kegiatan internal Perusahaan, yang menampilkan berbagai inovasi dari berbagai unit kerja, yang diikuti tidak hanya oleh karyawan organik saja, tapi juga karyawan non organik, anak perusahaan dan yayasan.

Tahun ini merupakan PIA Ke-32, dilaksanakan secara virtual dan live di Hotel Grand Equator Bontang pada Senin (26/10), dengan mengusung tema Innovation Without Limmits. Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, mengatakan bahwa tema ini sangat tepat mengingat tingginya persaingan saat ini yang mengharuskan setiap pelaku bisnis harus terus menciptakan peluang melalui berbagai inovasi, untuk menjaga kelangsungan operasional Perusahaan dan menemukan keputusan-keputusan yang efektif dan efisien. “PIA menjadi bukti kepedulian Pupuk Kaltim terhadap budaya mutu dan inovasi di Perusahaan,” kata Rahmad.

Ketua Panitia PIA Ke-32 Tahun 2020 Dwi Agung Wibowo, mengatakan bahwa tema Innovation Without Limits dipilih mengingat saat ini inovasi memang telah menjadi budaya di Pupuk Kaltim dan terus digiatkan oleh karyawan. PIA digagas untuk mewadahi proses transfer knowledge karya mutu di lingkungan Perusahaan, sekaligus mempromosikan karya mutu terbaik. Selain mendorong semangat dan inisiatif melakukan inovasi, perbaikan, serta penyempurnaan dalam proses produksi, proses bisnis, serta kualitas produk dan jasa di semua lini perusahaan tanpa mengabaikan efektifitas serta efisiensi.  “Inovasi bisa dihasilkan oleh siapa saja, kapan saja, dimana saja, tanpa terbatasi oleh jarak, ruang dan waktu,” terang Agung.

Mengingat kondisi di tengah pandemi saat ini, dimana aktifitas terbatas dan dituntut untuk saling menjaga jarak dan diri, Agung menyebut kondisi ini tidak menyurutkan semangat pegiat inovasi Pupuk Kaltim untuk memberikan nilai tambah bagi Perusahaan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah gugus yang mengikuti PIA. Pada 2019 sebanyak 220 gugus terlibat dalam PIA dan pada tahun ini meningkat menjadi 314 gugus, dengan total peserta sebanyak 852 orang. 314 gugus ini terbagi dalam beberapa kategori, yaitu FAME sebanyak 79 gugus, SS 46 gugus, SSG 99 gugus, GKM 51 gugus dan PKM 39 gugus.

Begitu juga dengan nilai penghematan yang mengalami peningkatan tajam, senilai  Rp12,98 Miliar pada 2019 menjadi Rp51,73 Miliar pada 2020. “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang terlibat. Semoga semangat inovasi tidak berhenti sampai hari ini, namun terus tumbuh berkesinambungan di tahun-tahun mendatang,” terang Agung.

Rahmad Pribadi mengapresiasi pencapaian PIA tahun ini melihat peningkatan keikutsertaan gugus dan nilai penghematan yang berhasil dicapai. “Ini menjadi bukti bahwa inovasi sudah menjadi bagian dari kehidupan Pupuk Kaltim,” kata Rahmad. Rahmad juga mengajak para innovator-inovator Pupuk Kaltim untuk terus berinovasi dan menemukan jawaban-jawaban atas tantangan-tantangan di masa depan. Karena menurut Rahmad, tantangan-tantangan di industri pupuk berbagai macam dan kompleks, mulai dari semakin majunya industri pertanian, berubahnya global supply chain dan kebijakan Pemerintah terhadap pupuk.

Rahmad juga membakar semangat karyawan dan keluarga besar Pupuk Kaltim, dengan mengajak untuk menjawab tantangan-tantangan yang ada, membuktikan bahwa dimanapun Pupuk Kaltim berada, Pupuk Kaltim menjadi yang paling hebat, luar biasa dan selalu menjadi juara. “Saya yakin masa depan Pupuk Kaltim semakin cerah dan semakin besar. Kita pasti bisa menghadapi apapun tantangan di depan. Kita pasti bisa menjadi nomor satu dan menjadi juara,” tegas Rahmad.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…