Pelindo IV Siap Bersinergi untuk Kegiatan Kepelabuhanan di Gorontalo

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Oktober 2020 - 18:47 WIB

Pelindo IV
Pelindo IV

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menyatakan siap bersinergi dengan pemerintah provinsi untuk menunjang kelancaran kegiatan logistik di Gorontalo.

Hal itu dikemukakan Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi, saat menerima kunjungan silaturahmi Tim Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo yang dipimpin Ketua Komisi III, Idrus M.T. Mopili bersama Sekretaris Komisi III, Erwinsyah Ismail dan Faizal Hulukati di Kantor Pusat Pelindo IV Makassar, Kamis (22/10/2020).

Prasetyadi mengatakan, depo kontainer yang akan dikelola nanti bisa saja dibangun oleh pemda setempat maupun pihak swasta. Dia berharap bantuan dan dukungan dari legislatif yang ada di Gorontalo untuk mewujudkan hal tersebut, utamanya terkait lahan dan peraturan daerah (Perda).

"Saat ini tipe peruntukan Pelabuhan Gorontalo adalah pelabuhan multipurpose, di mana terminal penumpang dan cargo campur menjadi satu. Tidak ada depo khusus untuk menampung kontainer," kata Prasetyadi.

Dengan adanya depo khusus kontainer nanti, diharapkan Kota Gorontalo lebih tertata, nyaman dan safety. Dia mencontohkan penyediaan depo di Surabaya dan Jakarta, di mana pemda maupun swasta dapat berpartisipasi dan bekerja sama.

“Hal ini tentu sangat bagus juga untuk dilakukan di Gorontalo karena selama ini hal tersebut sangat potensial namun belum tersentuh. Sehingga diharapkan bisa mendukung peningkatan roda perekonomian di Gorontalo. Pelindo IV siap mendukung untuk pengelolaan dan manajemennya,” bebernya.

Sementara, Sekretaris Komisi III DPRD Gorontalo, Erwinsyah Ismail juga menambahkan bahwa tahun depan pihaknya memang telah berencana menyusun Perda Kontainer.  

Selain mengelola depo kontainer, Prasetyadi mengungkapkan perseroanjuga memiliki rencana jangka panjang untuk melakukan pengembangan di Pelabuhan Gorontalo eksisting, yang akan mengintegrasikan kota dengan pelabuhan moderen.

Prasetyadi mengatakan dalam rencana pengembangan nanti, pihaknya akan menjadikan Pelabuhan Gorontalo sebagai pelabuhan wisata. “Kami akan mentransformasi Pelabuhan Gorontalo, dengan pembangunan convention, hotel, mal dan parking lot,” kata Prasetyadi.

Dia menyebutkan, saat ini pelabuhan eksisting di Gorontalo memiliki fasilitas dermaga dengan panjang 367,6 meter persegi dan lapangan penumpukan seluas 1,8 hektare dengan kapasitas sebanyak 90.000 TEUs per tahun.

Tim Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo juga menyambut baik rencana tersebut. Ketua Komisi III DPRD Gorontalo, Idrus M.T. Mopili mengatakan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya pengembangan yang akan dilakukan Pelindo IV.

Senada dengan Ketua Komisi III, Erwinsyah juga mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias dengan rencana pengembangan Pelabuhan Gorontalo yang dilontarkan Dirut Pelindo IV. “Pokoknya apapun itu untuk kemajuan Gorontalo, pasti akan kami dukung,” tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…