Kunjungi PLTP Milik Geo Dipa, Komisi VII Dukung Proyek EBT

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 12 Oktober 2020 - 10:15 WIB

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno Saat Pimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VII DPR RI Tinjau Operasional PLTP PT. Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha (Photo by Runi/Man)
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno Saat Pimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VII DPR RI Tinjau Operasional PLTP PT. Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha (Photo by Runi/Man)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Berbicara soal PLTP, Komisi VII DPR RI adakan tinjauan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) PT. Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha di Ciwidey, Provinsi Jawa Barat.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno menjelaskan, pihaknya ingin mendengarkan penjelasan mengenai operasionalisasi PLTP Unit Patuha, sekaligus rencana pengembangan PLTP Patuha Unit II pada tahun 2023.

“Dijelaskan dari segi pendanaann (PLTP Patuha Unit II) sudah siap dengan nilai investasinya cukup besar, yakni 179 juta dollar Amerika Serikat. Teknologi yang akan digunakanpun sudah siap mencapai 75 persen, saya kira ini sudah standar yang baik, bahkan kami akan dorong ini bisa mencapai 80 persen,” harap Eddy. Masih dalam rangkaian kegiatan, Tim Kunker Komisi VII DPR RI juga meninjau sejumlah lokasi dan melihat secara langsung proses dan cara kerja pengeloaan energi panas bumi.

“Menurut saya ini sudah sangat baik dan kami medukung peroyek pembangunan (PLTP Patuha) tahap II dalam rangka mengembangkan dan membangkitkan energi terbarukan di Indonesia dengan baik. Saya kira geothermal merupakan alternatif yang terbaik, karena sumber daya yang dihasilkan sangat melimpah. Yang terpenting sekarang kita pikirkan bagaimana bisa mengembangkan energi panas bumi ini secara baik,” tutur Eddy melalui keterangan yang diterima redaksi pada Senin (12/10).

Lebih lanjut Eddy menyampaikan, dari hasil kunjungan ini, pihaknya mendapatkan banyak masukan serta berbagai tantangan yang dihadapi PLTP Patuha.

“Tak hanya masukan saja yang kami dapat, berbagai macam hambatanpun disampaikan. Seperti tarif eksplorasi geothermal yang memakan biaya besar. Oleh karena itu, Komisi VII DPR RI mendorong agar eksplorasi dibiayai oleh negara. “Jika ini bisa dibiayai oleh negara, tidak menutup kemungkinan akan lebih mendatangkan investor untuk masuk ke sektor geothermal,” saran Eddy.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) F.X. Sutijastoto, mengatakan, Pemerintah dan DPR bertekad agar Indonesia segera mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil dan beralih ke EBT (Energi Baru Terbarukan) yang bersih serta ramah lingkungan, seperti panas bumi.

Sebagai salah satu sumber energi terbarukan, ia menegaskan bahwa panas bumi memiliki peranan penting dalam pengembangan infrastruktur dan wilayah perekonomian di sekitar daerah potensi energi.

Pemanfaatan panas bumi diyakini akan memperkuat perekonomian nasional dengan menekan pengaruh fluktuasi minyak dunia. Karena akan mempengaruhi pemakaian minyak, sekaligus mengurangi kebutuhan impor BBM Indonesia.

Terkait rencana PLTP Patuha Unit II, PT. Geo Dipa Energi menggelontorkan investasi sebesar 179 juta dollar AS. Berdasarkan rencana pengembangan, PLTP Patuha Unit II akan Commercial Operation Date (COD) atau beroperasi komersial tahun 2023 dengan kapasitas 55 MegaWatt (MW).

Sementara PLTP Patuha Unit 1 telah beroperasi secara komersial sejak 22 September 2014, dengan kapasitas terpasang saat ini sebesar 55 MW dan menelan investasi sebesar 165 juta dollar AS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Changemakers Nusantara Day

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:52 WIB

Changemakers Nusantara Day: Pertemuan Akbar Ribuan Pembawa Perubahan Tanah Air

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba pembawa perubahan bagian dari Grup GoTo, menggelar Changemakers Nusantara Day untuk merayakan keberhasilan ribuan pembawa perubahan yang telah…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai…

Tugu Insurance

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB

Laba Meningkat, Tugu Insurance Tebar Dividen Sebesar Rp 126,6 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 126.592.140.666…

Bintang Handayani, Ph.D, Dosen dan Peneliti Senior di President University, Cikarang (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:33 WIB

Benang Merah Disiplin Dan Berbahasa Disiplin

Rabu cerah di Jakarta Raya, duduk kembali di tempat favorit dengan teh hangat citrus mint. Kesulitan menerjemahkan citrus mint saya putuskan untuk menulisnya dengan cetak miring, berikut kajian,…

Gedung PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Kamis, 19 Mei 2022 - 15:49 WIB

Ceruk Pasar Besar, Ini Sederet Keunggulan Telkom Menggeluti Bisnis Data Center via NeutraDC

Keputusan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menggeluti bisnis data center melalui bendera NeutraDC dinilai menemukan momentum yang tepat.