Gelar Rakorpim dengan Sejumlah Menteri di Bintan, Airlangga Hartarto Pesan 300 Kamar Hotel

Oleh : Ridwan | Sabtu, 26 September 2020 - 10:05 WIB

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejumlah Menteri Kabinet Joko Widodo menggelar rapat rapat koordinasi pimpinan (Rakorpim) penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional di Lagoi, Kepulauan Riau, pada Jumat (25/9/2002) hingga Sabtu (26/9/2020).

Adapun sejumlah Menteri yang hadir antara lain, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkopolhukam Mahfud MD, Menkomarves Luhut B Pandjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir.

Selanjutnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Kepala LKPP Roni Dwi Susanto, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Wan Rudi, mengatakan sebanyak 300 kamar hotel di daerah wisata Lagoi terisi dengan kehadiran sejumlah menteri dan pimpinan lembaga. 

Ia pun mengapresiasi dipilihnya Lagoi sebagai lokasi acara ini karena dapat menggairahkan bisnis pariwisata.

Sebab, selama pandemik COVID-19, kondisi perhotelan di kawasan tersebut sepi dari kunjungan wisatawan khususnya turis dari luar negeri.

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat, mudah-mudahan ini jadi langkah awal pemulihan sektor pariwisata di era new normal," kata Wan Rudi dikutip Antara (25/9/2020).

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto mengatakan sektor pariwisata menjadi sektor yang sangat terpukul dengan penurunan pendapatan hingga 90 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

"Sektor pariwisata yang biasanya menghasilkan devisa 15 miliar dolar AS setahun, kali ini turun sampai 90 persen," kata Airlangga.

Ia menjelaskan, pariwisata di Kepulauan Riau merupakan salah satu yang paling dalam terpukul selain Bali. Pada kuartal kedua tahun ini, pertumbuhannya minus 6 persen, sedangkan di Bali minus 10 persen. 

Sebagian besar hotel selama 9 bulan pertama tahun ini hampir tidak melayani tamu karena pembatasan pergerakan di tengah pandemi.

Diakhir sambutannya, Airlangga memastikan bahwa keseluruhan rangkaian Rakorpim diselengarakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. 

Para peserta, pendamping dan pendukung acara yang hadir diwajibkan melakukan swab test dan/atau rapid test dengan hasil negatif atau non reaktif serta diwajibkan selalau menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.