Pangdam XII/Tpr Ingatkan Tugas Operasi Kehormatan Bagi Prajurit

Oleh : Herry Barus | Rabu, 23 September 2020 - 05:40 WIB

Pangdam XII/Tpr Ingatkan Tugas Operasi Kehormatan Bagi Prajurit
Pangdam XII/Tpr Ingatkan Tugas Operasi Kehormatan Bagi Prajurit

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menegaskan bahwa bagi seorang prajurit, tugas operasi merupakan suatu kehormatan pribadi maupun kehormatan satuan.

Demi menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah perbatasan Republik Indonesia-Malaysia, Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin upacara pemberangkatan Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Infanteri 642/Kapuas yang dilaksanakan di Mayonif 642/Kps.

Sebanyak 450 personel yang tergabung dalam Satgas Pamtas Yonif 642/Kps akan melaksanakan tugas selama sembilan bulan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI yang berbatasan langsung dengan Malaysia, memelihara dan meningkatkan stabilitas keamanan dan kewibawaan pemerintah di wilayah perbatasan Kalbar, menjamin keutuhan wilayah dengan tidak terjadi pergeseran atau hilangnya patok batas, mencegah terjadinya aktivitas pelanggaran ilegal di wilayah perbatasan dan melaksanakan operasi pemberdayaan wilayah pertahanan darat di kawasan perbatasan.

Pangdam XII/Tpr berpesan kepada segenap prajurit Yonif 642/Kps yang telah mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Hal ini merupakan kehormatan dan tugas mulia.

Tugas operasi bagi prajurit TNI merupakan wujud nyata pengabdian kepada negara dan bangsa serta suatu tugas kehormatan yang dipercayakan kepadanya. Sebagai Patriot dan Bhayangkari Negara, tugas operasi merupakan tuntutan tugas diatas segala-galanya, hal ini dilaksanakan demi tetap tegaknya kedaulatan wilayah NKRI,” ucap Pangdam selaku Pangkoopsdam XII/Tpr.

Hal tersebut sebagaimana telah tertuang dalam UU No 34 tahun 2004, bahwa tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, seperti diinformasikan Dispen AD menyampaikan, adapun tugas lain yang perlu dikembangkan oleh Satgas Yonif 642/Kps untuk mendukung pelaksanaan tugas di antaranya, melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial terbatas, meningkatkan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan kepada masyarakat, melaksanakan kegiatan lain yang dikoordinir oleh Dankolakoopsrem atau Danrem 121/ABW yang dikoordinasikan dengan Satgaster Sektor Barat yaitu Kodim 1202/Skw, Kodim 1204/Sgu dan Kodim 1208/Sbs.

Sebelum berangkat bertugas sebagai Satgas Pamtas, personel yang diberangkatkan telah menjalani latihan penugasan (pra tugas) untuk mempertajam kemampuan perorangan maupun tingkat satuan yang pada pelaksanaan tugasnya ke depan akan disebar pada pos-pos perbatasan antar negara.

 

“Yakinlah, bahwa latihan yang sudah dilaksanakan tidak akan pernah sia-sia dan diharapkan dapat membuahkan hasil yang optimal, baik bagi kalian sendiri maupun bagi kemampuan satuan saat melaksanakan tugas,” ujar Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Ditegaskan Pangdam, berbagai potensi ancaman yang sering muncul di wilayah perbatasan terutama di Sektor Barat antara lain illegal logging, illegal trading, pelintas batas ilegal, penyelundupan narkoba, amunisi dan bahan peledak ilegal , sembako dan peredaran senjata rakitan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…