DPR Cantik Ini Apresiasi Program Langit Biru Pertamina

Oleh : Candra Mata | Senin, 21 September 2020 - 16:45 WIB

Anggota Komisi VII Ratna Juwita
Anggota Komisi VII Ratna Juwita

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggota Komisi VII DPR RI Ratna Juwita Sari mengaku tertarik dan mengapresiasi Program Langit Biru Cilacap (PLBC) Pertamina yang pilot project-nya ada di PT. Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap.

Hal tersebut diungkapkannya usai melakukan tinjauan lapangan ke fasilitas kilang minyak milik PT. Pertamina RU IV Cilacap beberapa waktu lalu.

“Kami mengapresiasi usaha Pertamina mengembangkan Bahan Bakar Minyak (BBM) ramah lingkungan dengan menyediakan BBM yang lebih baik bagi masyarakat melalui berbagai programnya, antara lain dengan mengoperasikan kilang RFCC (Residu Fluid Catalitic Cracking) yang bertujuan untuk meningkatkan produksi BBM, khususnya untuk menghasilkan BBM jenis bensin RON 92 sebesar 37,5 MBSD dan meningkatkan produksi LPG dari 440 ton per hari menjadi 950 ton per hari," papar Ratna dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Industry.co.id Senin (21/9).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga ingin memberikan support secara langsung kepada Pertamina dan meminta kepada pemerintah untuk memberikan semacam previlage (keistimewaan) apa-apa saja yang saat ini dibutuhkan Pertamina untuk bisa semakin meningkatkan produksi BBM ramah lingkungan melalui Program Langit Biru.

"Kilang RU IV Cilacap yang merupakan unit pengolahan minyak terbesar atau menguasai 33,2 persen produksi kilang Pertamina, sekaligus produksi Avtur tertinggi di Indonesia. Kami berharap kilang minyak di Cilacap ini bisa menjadi role model untuk kilang-kilang yang lain, terutama Kilang Tuban yang baru akan dibangun," harap Juwita.

Selain masalah kinerja, Ratna juga memberikan atensi pada program Corporate Social Responcibility (CSR) Pertamina RU IV Cilacap yang banyak diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat. 

Ia mendorong agar BUMN energi itu memberikan sumbangsih langsung terhadap pendampingan untuk peningkatan perekonomian masyarakat, terutama di daerah-daerah yang terdapat proyek strategis nasional.

"Kami meminta teman-teman yang bergerak di bidang operasional kilang minyak ini bagaimana bisa meningkatkan kinerja dan harus mengutamakan pelayanan kepada masyarakat, meskipun mereka juga dituntut untuk memberikan keuntungan bagi negara," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkes Terawan (ist)

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:19 WIB

Presiden Joko Widodo Tugaskan Dua Menteri untuk Urus Vaksin! Menkes Terawan Urus Vaksin Gratis, Erick Thohir yang Berbayar

Jakarta- Saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/10/2020), Presiden Joko Widodo menyampaikan pembagian tugas dua menterinya dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Petani sedang menggunakan alat mesin pertanian di sawah

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:12 WIB

Penggunan Alsintan Tingkatkan Produksi dan Kesejahteraan Petani

Kementerian Pertanian (Kementan) telah masif menerapkan berbagai langkah terobosan guna peningkatan produktivitas pangan pokok dengan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan) mekanisasi pertanian…

Mantan Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Muchyar Yara

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:00 WIB

Gerakan Kritisi terhadap Pemerintahan Meningkat

Gerakan mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi nampaknya semakin membesar, ditambah lagi yang terakhir dengan disahkannya UU Cipta Kerja

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:30 WIB

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Revisi UU Otsus yang dilakukan pemerintah bersama DPR RI dilakukan untuk memastikan Papua dan Papua Barat tetap mendapatkan dana otonomi khusus. Sekaligus memastikan pembangunan tetap meningkat.…

Presiden Jokowi

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:00 WIB

Akhir Oktober Libur Panjang, Tetap Waspada Covid-19

Disampaikan Presiden, pasca libur panjang beberapa bulan lalu, terjadi lonjakan kasus COVID-19. Ia mengingatkan agar hal sebut tidak terjadi pada libur panjang dan cuti bersama pada akhir bulan…