Agar Selalu Sehat di Tengah Pandemi, Berikut Isi Ceramah Subuh Kepala Labor RS-Unand yang Patut Disimak

Oleh : Kormen Barus | Senin, 21 September 2020 - 08:42 WIB

Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist
Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist

INDUSTRY.co.id, Jakarta, dr.Andani Eka Putra M.Sc Kepala Labor RS-Unand, pada Minggu 20 September setelah Shalat Subuh di Masjid Muhajirin Mawar Putih, menyampaikan ceramah dengan tema Pencerahan penularan Wabah Covid-19.

Pesannya tersebut telah viral di beberapa grup whatsapp. Redaksi Industry.co.id melansir beberapa pesannya yang dasyat ini pada Senin (21/9). Berikut rangkumannya:

Pertama, penularan covid-19, jangan membuat rasa ketakutan yang berkelebihan, krn virus covid-19 pada dasarnya tdk sebagai penyebab utama kematian. Virus ini baru berakibat fatal bagi manusia apabila kita memiliki penyakit bawaan spt gula, hipertensy, jantung dll.

Kedua, rasa takut yang berkelebihan akan membuat kita stres dan menurunnya daya imun kemudian penyakit bawaan yg ada pada kita akan terdorong untuk kambuh (tensi. gula darah akan naik, kerja jantung akan terpacu dll), penyakit bawaan inilah yg    cendrung membuat kematian.

Ketiga, penularan covid-19 hanya melalui hidung dan mulut (tidak melalui kulit), orang yg sdh tertular batuk, bersin atau berbicara berhadapan (tidak pakai masker), akan menularkan virus yg ada dikerongan/rongga hidung nya kpd org lain.

Keempat, Kebugaran tubuh akan memproteksi diri dari penularan/ berkembangnya virus dalam tubuh kita. Artinya kalau kita tertular ttp kita memiliki daya tahan tubuh yg baik. maka dalam  14 hari virus akan mati sendiri.

Kelima, kondisi sekarang sebetulnya orang yg tertular dipekirakan cukup banyak, ttp krn daya tahan tubuhnya baik, tdk terlihat gejalanya dan sembuh sendiri.

Keenam, sampai sekarang obat untuk penangkar/penyembuh yg tertular covid belum ada.

Ketujuh, di Sumatera Barat (walau secara nasional dinilai terbaik penanggulangan covid), kasus yang muncul masih cendrung meningkat.

Untuk mengantisipasi penularan lakukan hal-hal sebagai berikut:

Pertama, bangunlah kehidupan yang santai, rilek tdk dibebani dg fikiran yg membuat kita stres, dengan sendirinya daya tahan/imun kita juga akan kuat.

Kedua, tingkatkan daya tahan tubuh dengan  menjaga gizi dan mengkonsumsi vitamin serta olah raga

Ketiga, untuk menghindari kita tertular, pakai masker, jaga jarak (terutama kalau berkomunikasi dengan org lain), cuci tangan apabila kita menyentuh media penularan.

Keempat, apabila kita kembali dari menghadiri suatu keramaian, sampai dirumah lansung mandi dan pakaian direndam dengan ditergen.

Kelima, jenazah yang terpapar covid. setelah dikafani, dibungkus plastik, disemprot disinfektan dan dimasukkan dalam peti pada dasarnya sudah memproktek penularan virus.

Keenam, pada media yang  terkena cahaya matahari lansung. virus tdk bertahan hidup dan akan mati sendiri.

Ketujuh, virus bisa dimodifikasi untuk tujuan merusak ekonomi, politik dan lain lain.

Semuanya itu dibungkus dengan memperkokoh Keimanan dan Ketaqwaan Kita Kepada Allah SWT          

               

               

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

Wisuda President University 2020

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:35 WIB

Wisuda President University 2020: Peluang Unik di Tengah Pandemi Covid-19

Era Industri 4.0 yang dipicu oleh perkembangan teknologi menawarkan banyak peluang baru. Namun, untuk bisa merebut peluang tersebut, kita dituntut bukan hanya harus mampu menguasai teknologi,…

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:00 WIB

CIMB Niaga Salurkan Program Beasiswa Periode 2020-2022

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020-2022 di masa pandemi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa agar tetap dapat melanjutkan studi tanpa terkendala biaya. Hal ini juga…

CCAI Dukung Konservasi Alam Hutan Bambu Warung Bongkok

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:00 WIB

CCAI Dukung Konservasi Alam Hutan Bambu Warung Bongkok

Lokasi Hutan Bambu saat ini bisa dikatakan merupakan area konservasi dan edukasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan hidup. Bantuan ini tentu membantu kami untuk melaksanakan…