Komisi XI: Sistem Protokol Kesehatan Bukanlah Penghambat Sektor Perekonomian Negara

Oleh : Krishna Anindyo | Minggu, 20 September 2020 - 10:15 WIB

Anggota Komisi XI DPR RI Misbakhun - Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI Meninjau Gudang Cargo dan Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (Photo by Angga/Man)
Anggota Komisi XI DPR RI Misbakhun - Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI Meninjau Gudang Cargo dan Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (Photo by Angga/Man)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Berbicara soal protokol kesehatan dimasa pandemi ini, Anggota Komisi XI DPR RI Misbakhun menyatakan bahwa protokol kesehatan Covid-19 yang kini diterapkan di dalam sistem bandara yang notabene menjadi tempat keluar masuknya orang dan barang domestik maupun luar negeri bukanlah penghambat laju pendapatan negara.

Terlebih kinerja seluruh sistem yang saling berkoordinasi di bandara sangat baik sejauh ini.

Hal tersebut ia buktikan sendiri dalam lawatan pengawasan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI meninjau Gudang Cargo dan Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Ia mengatakan pengawasan ini bertujuan mencari apa yang menjadi hambatan sektor perekonomian negara di kala pandemi. Dan bandara merupakan satu gerbang yang harus dilakukan pengawasan.

“Akibat pandemi Covid-19, kinerja ekonomi menurun dengan tajam. Mengakibatkan konsumsi masyarakat terganggu, investasi terhambat serta ekspor impor yang tidak berkembang yang pada akhirnya mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi. Namun bukan protokol yang menjadi hambatannya. Kita memberikan apresiasi kepada pihak bea dan cukai yang telah melakukan upaya-upaya kerja yang optimal dalam situasi dan kondisi pandemi,” ujar Misbakhun melalui keterangan yang diterima redaksi pada Minggu (20/9).

Bahkan selama masa pandemi dan dengan menggunakan protokol Covid-19, Misbakhun melihat bahwa kinerja yang dilakukan seluruh komunitas bandara menjadi semakin waspada dan optimal.

Hal tersebut terlihat dari penambahan sistem yang digunakan dalam mengawasi pergerakan penumpang yang masuk serta pengecekan lalu lintas barang.

“Mereka sangat serius melakukan upaya-upaya perbaikan sistem dan prosedur dengan menggunakan protokol covid. Kita bisa membuktikan sendiri bahwa mereka melakukan upaya kerja yang serius dan sungguh-sungguh sistem protokol covid itu dijalankan, baik di kantor mereka, maupun terhadap pelayanan yang berkaitan dengan masyarakat,” imbuh politisi Partai Golkar tersebut.

Misbakhun pun berpesan agar seluruh stakeholder bandara dalam menjalankan fungsi pengawasan di bandara dapat tetap kuat dengan adanya penerapan protokol Covid-19.

Karena di tengah pandemi saat ini justru kegiatan penyelundupan akan sangat meningkat dan akan sangat mengganggu pendapatan negara.

“Sebab semua orang sangat membutuhkan uang saat ini. Orang kesulitan semua. Jadi, jangan sampai protokol covid itu jadi memperlemah cara kita melakukan pencegahan untuk mengawal pendapatan negara. Maka mereka harus terus optimal dalam mengantisipasinya juga melakukan program pencegahan,” pungkas Misbakhun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rahayu Kertawiguna CEO Nagaswara Musik (Foto Ist)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 12:00 WIB

Rahayu Kertawiguna Komitmen Tak Lakukan PHK Karyawan Nagaswara

Mem-PHK karyawan bukan solusi terbaik, bagaimanapun karyawan aset terbesar kami. Mereka telah bersama-sama membesarkan Nagaswara, masa kemudian kami seenaknya mengeluarkan mereka. Yang penting…

Menhub Budi Karya Sumadi bersama President Director Jababeka Residence Sutedja S. Darmono saat meresmika JR Connexion di Kawasan Jababeka

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:40 WIB

Langkah Nyata Jababeka Menuju TOD City

Jababeka sebagai kawasan TOD terus menunjukkan kemajuan positif menyusul diluncurkannya layanan JR Connexion di Hollywood Junction Jababeka ( Minggu 18/10/2020 ) oleh Menteri Perhubungan RI…

Warung Konsuler di Wilayah Calabria (Photo by Kemlu)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Bantu WNI di Italia Selatan, KBRI Roma Adakan Warung Konsuler

Pelayanan kekonsuleran seperti pembaharuan paspor, diperlukan oleh para WNI yang berada di luar negeri, tidak terkecuali para WNI yang tinggal jauh dari kantor Perwakilan Indonesia.

Jasa Penagihan Hutang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:09 WIB

Sejumlah Tips Pilih Jasa Penagihan Hutang

Jasa penagihan hutang di Indonesia banyak sekali jumlahnya, contohnya di Jabodetabek saja, lebih dari 100 biro jasa yang bergerak dalam bidang penagihan hutang. Yang harus diperhatikan adalah…

Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.(Twitter/@jokowi)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:49 WIB

Dasyat! Nama Presiden Jokowi Diabadikan Jadi Nama Jalan di Uni Emirat Arab

Jakarta-Nama Presiden Joko Widodo diabadikan menjadi nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Peresmian President Joko Widodo Street dipimpin oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh…