Akhirnya Terungkap Alasan Anak B.J. Habibie Gabung ke Perusahaan Fintech Ayoconnect

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 17 September 2020 - 10:00 WIB

Vice-Chairman of Telematics Broadcasting, Research & Technology, KADIN Indonesia, Ilham Akbar Habibie
Vice-Chairman of Telematics Broadcasting, Research & Technology, KADIN Indonesia, Ilham Akbar Habibie

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Ayoconnect, Jaringan Pembayaran Tagihan Terbuka (Open Bill Network) pertama dan terbesar di Indonesia secara resmi mengumumkan dan menyambut lham Akbar HabiIbie sebagai Strategic Advisor mereka.

Kehadiran Ilham Habibie dalam perusahaan akan memperluas wawasan tim Ayoconnect dalam meningkatkan layanan finansial dan sektor teknologi di pasar Indonesia.

Penunjukan ini juga membuka kesempatan bagi Ayoconnect untuk memperluas kolaborasi bisnis serta membuka langkah strategis untuk berhubungan dengan investor teknologi, perusahaan sektor publik, dan institusi finansial, guna mendukung posisi Ayoconnect untuk tumbuh pesat.

Ilham Habibie adalah seorang teknopreneur sekaligus investor ekuitas dengan pengalaman lebih dari 25 tahun. Beliau aktif terlibat dalam berbagai perusahaan dan organisasi yang berfokus kepada penelitian dan teknologi di Indonesia, termasuk Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (WANTIKNAS).

“Ilham Habibie dikenal atas kontribusi beliau dalam memajukan pendidikan, ekonomi, dan teknologi informasi Indonesia, yang telah membuat beliau menjadi tokoh nasional dalam hal inovasi. Kami sangat senang menyambut beliau menjadi bagian dari Ayoconnect,” kata Chiragh Kirpalani, Co-Founder dan COO Ayoconnect.

Chiragh menambahkan bahwa Ilham Habibie adalah tokoh visioner yang berhasil mendorong perubahan positif melalui kolaborasi dengan berbagai organisasi dari beragam latar belakang.

“Bergabungnya Ilham Habibie menjadi Strategic Advisor kami sejalan dengan tujuan Ayoconnect untuk mempercepat inklusi finansial di Indonesia lewat kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan institusi finansial, serta berkolaborasi bersama komunitas entrepreneur, pelopor perubahan, dan individu yang bertalenta yang lebih luas.”

Ilham Habibie dan Ayoconnect juga berbagi visi yang sama. Kedua pihak meyakini bahwa UMKM Indonesia dan startup manufaktur perlu menjadi lebih kompetitif dan gesit dalam bernavigasi melewati era digitalisasi.

“Saya sangat bangga menjadi bagian dari tim yang memiliki semangat dan komitmen tinggi untuk membawa inovasi dan dampak nyata pada perekonomian digital Indonesia. Saya tergerak melihat visi Ayoconnect dalam menyediakan solusi teknologi inovatif bagi perusahaan berbagai skala, serta besarnya peran yang mereka jalani dalam memajukan inklusi finansial di Indonesia. Saya percaya bahwa kehadiran Open Bill Network Ayoconnect merupakan sebuah terobosan dalam industri pembayaran tagihan,” ujar Ilham Akbar Habibie, Advisor Ayoconnect.

Ilham Habibie adalah putra sulung Presiden Ketiga Republik Indonesia B. J. Habibie. Sebagai entrepreneur dan ahli teknologi, beliau kerap terlibat di berbagai perusahaan dan organisasi yang berfokus pada teknologi.

Selain berperan sebagai Advisor di Ayoconnect, Ilham Habibie juga menjabat sebagai Presiden Direktur di PT ILTHABI Rekatama, sebuah perusahaan investasi swasta, serta Komisaris di PT Bank Muamalat Indonesia tbk., bank syariah pertama di Indonesia.

Penunjukan Ilham Habibie sebagai Advisor ini sejalan dengan perkembangan dan pendanaan Pra-Seri B Ayoconnect sebesar US$5 juta dari investor strategis global. Pendanaan tersebut akan dimanfaatkan untuk melanjutkan pembangunan jaringan pembayaran tagihan terbesar dan termaju di Indonesia.

Sebagai perusahaan fintech antar bisnis (B2B), Ayoconnect membangun teknologi pembayaran tagihan untuk Perusahaan Penyedia Tagihan (Bill Providers), yang terhubung dengan Mitra Pembayaran (Channel Partners) online dan offline (seperti Indomaret, PT Pos Indonesia, dan berbagai kanal ritel serta institusi finansial lainnya) sehingga pelanggan dapat membayar tagihan mereka dengan mudah melalui jaringan Ayoconnect.

Ayoconnect telah menggalang lebih dari US$10 juta hingga saat ini. Pada Agustus lalu, mereka menggalang pendanaan Pra-Seri B dengan investor yang terdiri dari BRI Ventures, perusahaan perpanjangan tangan modal ventura Bank BRI; perusahaan internet Kakaku.com, Inc. yang terdaftar di Bursa Tokyo (Tokyo Exchange/TYO), Brama One Ventures, dan dua Investor awal mereka yaitu Finch Capital dan Amand Ventures. Selain itu, Strive dan AC Ventures juga sempat berinvestasi di Ayoconnect dalam tahap pendanaan sebelumnya.

Ayoconnect adalah Jaringan Pembayaran Tagihan Terbuka (Open Bill Network) pertama di Indonesia, menawarkan lebih dari 2,500 produk tagihan dari 20 kategori. Hingga saat ini, jaringan Ayoconnect telah berhasil memproses lebih dari 40 juta transaksi.

Jaringan Ayoconnect menghubungkan perusahaan Penyedia Tagihan seperti perusahaan listrik atau air, telekomunikasi, institusi Pendidikan, pemilik properti, distributor konten, serta penyedia jasa keuangan dengan berbagai platform konsumen (Consumer Facing Platforms), ritel online dan offline, dan institusi keuangan lainnya. Saat ini, kategori utama layanan Ayoconnect adalah pulsa & tagihan telepon, pembayaran listrik, dan voucher game.

Ayoconnect juga baru saja meluncurkan solusi pembayaran pajak, pembayaran biaya properti, pembayaran SPP. Seluruh solusi Ayoconnect juga bisa dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti fitur auto rekonsiliasi dan auto-reminder.

Jaringan yang Ayoconnect bangun membantu Perusahaan Penyedia Tagihan untuk menerima pembayaran dengan lebih mudah dan cepat, sekaligus memungkinkan Mitra Pembayaran meningkatkan pelayanan bagi Pelanggan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

Penandatangan perjanjian kerjasama PT Easterntex dengan PLN

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:46 WIB

Dukung Upaya Penggunaan Energi Bersih, PT Easterntex Beralih Menggunakan Listrik Dari PLN

PT Easterntex telah beralih dari penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit milik pribadi menjadi menggunakan listrik yang disuplai oleh PT PLN (Persero) dengan kapasitas sebesar 15 Megawatt…

PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:37 WIB

Fasilitasi Perjalanan Dinas Karyawan, PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

PT Pamapersada Nusantara dan Pelita Air Service melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait sarana transportasi pesawat untuk karyawan PAMA Group dalam melaksanakan perjalanan…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…