Pak Jokowi dan Erick Thohir Tolong Catat! DPR Ini Minta Ahok Dicopot: Hanya Bikin Gaduh

Oleh : Candra Mata | Rabu, 16 September 2020 - 10:35 WIB

Anggota DPR Andre dan Herman Khaeron
Anggota DPR Andre dan Herman Khaeron

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang merupakan Komisaris Utama PT Pertamina (persero) kembali membuat heboh publik lantaran mengusulkan agar Kementerian BUMN dibubarkan.

Hal tersebut dikatakannya lantaran ia telah merasakan langsung kalau plat merah migas ini tidak berjalan efisien. 

"Harusnya Kementerian BUMN dibubarkan. Kita membangun semacam Temasek, semacam Indonesia Incorporation," ucap Ahok dicukil redaksi dari keterangannya dalam tayangan video Youtube pada Rabu (16/9).

Pernyataan Ahok tersebut sontak menuai banyak kritikan khususnya dari para Anggota DPR RI, salah satunya datang dari Anggota Komisi VII DPR fraksi Partai Gerindra, Andre Rosiade. Ia mempertanyakan kinerja komut tersebut.

Tak hanya itu, dirinya juga meminta agar Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir agar diberhentikan dari kursi komisaris utama PT. Pertamina (persero).

Alasannya,  Ahok telah gagal menjalankan tugas sebagai komisaris dan kerap membuat pernyataan yang bikin gaduh publik.

"Pak Presiden @jokowi yang saya hormati, setelah melihat kinerja dan perilaku saudara @basuki_btp sebagai komut  @pertamina. Saya usulkan ke pak @jokowi dan pak menteri @erickthohir untuk mencopot saudara BTP dari jabatannya karena menimbulkan kegaduhan dan kinerja yang bersangkutan juga biasa-biasa saja," sebut Andre dicukil dari laman twitternya pada Rabu (16/9).

Hal senada juga diutarakan oleh Anggota DPR RI lainnya yakni Herman Khaeron.

Menurutnya, Ahok telah gagal menjalankan pengawasan dan pembenahan di internal Pertamina.

"Ada orang yang pekerjaanya mencaci maki, orang lain direndahkan, seperti tahu segalanya, merasa paling bersih, superhebat, tetapi tidak ada hasil kerjanya yang bermanfaat bagi orang lain, apalagi bagi bangsa. Bikin gaduh saja," tulisnya seperti dilansir redaksi Industry.co.id dari laman twitter miliknya @akang_hero pada Rabu (16/9).

"Sebagai Komut semestinya @Ahok tidak membuat pencitraan di ruang publik, bahkan tembak @KemenBUMN, silahkan gunakan kewenangan yang saudara miliki di internal," tulis Herman.

Semestinya kata Herman, Komut seharusnya dapat melakukan pembinaan dan pembenahan kedalam. 

"Jangan-jangan ocehan ini untuk menutupi kegagalan dia menjaga @pertamina merugi. Jangan bicara Indonesia Incorporation jika sebagai Komut Pertamina saja gagal dan hanya nakut-nakuti," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…