Pupuk Indonesia Siap Terapkan AKHLAK, Core Value Baru

Oleh : Herry Barus | Rabu, 16 September 2020 - 09:00 WIB

Pupuk Indonesia
Pupuk Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pupuk Indonesia berkomitmen untuk mempercepat implementasi Core Value AKHLAK di seluruh lingkungan perusahaan. AKHLAK sendiri adalah Core Value yang diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir pada 20 Juli 2020 lalu, yang merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Penetapan ini kemudian diikuti oleh Surat Edaran Kementerian BUMN Nomor 07 Tentang Nilai-nilai Utama Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara, yang menegaskan bahwa setiap SDM di BUMN wajib mengetahui, mengimplementasikan dan menginternalisasi Core Value AKHLAK secara sungguh-sungguh, konsisten dan konsekuen sehingga melahirkan perilaku keseharian dan membentuk budaya kerja yang selaras dengan Core Value tersebut.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman mengatakan, saat ini Pupuk Indonesia bersama 10 anak perusahaan tengah dalam proses mengakselerasi implementasi dan internalisasi Core Value AKHLAK tersebut.

"Bagi Pupuk Indonesia, penerapan nilai AKHLAK tentunya bukan hanya sekedar menghapal akronim semata atau sekedar slogan saja. Namun juga berkomitmen untuk mensukseskan nilai-nilai AKHLAK ini sebagai pedoman dan fondasi perilaku karyawan dan perusahaan sehingga kita bisa sama-sama membawa pribadi kita maupun perusahaan menjadi jauh lebih baik lagi," kata Bakir Pasaman dalam kegiatan Sosialisasi Core Value AKHLAK di lingkungan Pupuk Indonesia Grup.

Bakir menjelaskan, bagi Pupuk Indonesia, nilai-nilai AKHLAK sangat sesuai dengan perkembangan dan dinamika dunia usaha saat ini. Serta sejalan dengan tugas dan fungsi BUMN, yang dituntut untuk menjadi mesin pertumbuhan ekonomi dan akselerator kesejahteraan masyarakat. "Oleh karenanya, usai sosialisasi ini, Pupuk Indonesia  akan segera mengakselerasi implementasi Core Value AKHLAK kepada seluruh insan karyawan dalam menjalankan setiap kegiatan bisnis perusahaan," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Alex Denni menambahkan bahwa BUMN harus terus meningkatkan daya saing globalnya. Namun, hal ini mustahil dilakukan apabila setiap BUMN berdiri dengan core value-nya masing masing. Oleh karena itu, AKHLAK dibentuk guna mensinergikan nilai-nilai yang ada di BUMN dan mempercepat transformasi di BUMN.

"Kalau insan BUMN bekerja dengan akhlak, maka tentu akan memberikan image yang baik bagi perusahaan," ucapnya.

Terlebih, saat ini dunia berada di era yang disruptif dan tengah mencari keseimbangan baru melalui teknologi. Hanya perusahaan yang memiliki sistem budaya kerja adaptif pada disrupsi yang dapat bertahan.

Untuk menghadapi itu, penting bagi BUMN agar segera menjalankan transformasi. "Kami di Kedeputian Human Capital memiliki tugas untuk mempercepat transformasi Human Capital BUMN, dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing BUMN menjadi pemain global dan menjadikan BUMN sebagai pabrik talenta," kata Alex Denny.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…