Dukung PSPB dan Tawarkan Bantuan RS, Ridwan Kamil: Kalau Pak Anies Kekiri Kita Kekiri, Kalau Kekanan Kita Kekanan

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 12 September 2020 - 10:25 WIB

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sekaligus Ketua Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat (GTTP) menegaskan pihaknya akan mengikuti kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam melalukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat.

“Jawa Barat ini strateginya terbagi dua, strategi buat bodebek dan strategi non bodebek. Kalau bodebek itu harus satu frekuensi dengan DKI Jakarta. Kalau Pak Anies ke kiri kita ke kiri. Pak Anies ke kanan kita ke kanan, semata-mata karena klaster Covid-19 Jawa Barat juga paling besar hampir 70% ada di Bodebek,” ungkapnya di Bandung (11/9).

Tak hanya itu, Ridwan Kamil juga menawarkan bantuan berupa sejumlah rumah sakit di Jawa Barat dapat dipergunakan untuk perawatan warga Jakarta yang positif Covid-19.

"Silakan dipergunakan atas nama kemanusiaan, kita harus kompak. Kurangi kompetisi, perbanyak sosialisasi karena kita NKRI," katanya.

Bantuan layanan kesehatan tersebut bertujuan untuk meringankan beban Pemprov DKI Jakarta dalam merawat para pasien positif di Jakarta.

"Saya tawarkan ke Pak Anies, kalau di Jakarta kewalahan, kami di Jabar yang kapasitasnya masih 40 persen menawarkan diri untuk menampung pasien Jakarta. Ini untuk kemanusiaan," ungkap Emil.

Perlu diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya memutuskan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total di seluruh wilayah ibukota.

Menurut Anies, ada beberapa alasan yang menjadi dasar pengambilan keputusan teraebut, seperti ketersediaan tempat tidur rumah sakit yang hampir penuh dan kasus positif baru yang tinggi.

"Tidak ada banyak pilihan bagi Jakarta, kecuali untuk menarik rem darurat sesegera mungkin," ujar Anies dalam konferensi pers di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Ridwan kamil atau biasa disapa kang emil juga menegaskan bahwa pihaknya masih masih juga menerapkan PSBB di wilayah Jabar. 

Adapun soal mengeksekusinya, masing masing kepala daerah dibeeikan kewenangan untuk mengeksekusinya sesuai kondisi warga dan wilayahnya.

“Jadi sebenarnya Jakarta PSBB juga bukan hal baru karena statusnya Bodebek juga masih PSBB. Jadi Bodebek akan menyesuaikan, yang ada hubungan dengan dibatasinya di Jakarta maka di Bodebek akan menyesuaikan," ujar Emil.

Selain itu, dirinya  juga menyarankan ke Gubernur Jakarta Anies Baswedan agar mengkonsultasikan lebih mendalam ke pemerintah pusat dalam setiap kebijakan di Jakarta.

Alasannya, setiap keputusan di Jakarta akan berdampak di level nasional.

“Keputusan kita belum sepenuhnya clear, kemarin kesepakatannya Pak Anies akan konsultasi dulu ke pusat setelah itu akan merapat ke pusat untuk mengambil keputusan akhir,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…