Asaki Minta Gubernur Anies Izinkan Toko Retail Keramik Tetap Buka di Masa PSBB Jilid II di Jakarta

Oleh : Ridwan | Kamis, 10 September 2020 - 16:05 WIB

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto
Ketua Umum Asaki Edy Suyanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) meminta meminta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tidak menutup toko-toko ritel keramik khususnya di Ibu Kota selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total pada 14 Semptember 2020 mendatang.

"Kami meminta kepada Gubernur Anies untuk tetap memperbolehkan toko-toko retail keramik untuk tetap buka pada masa PSBB jilid II," kata Ketua Umum Asaki Edy Suyanto kepada Industry.co.id di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Menurut Edy, selama ini toko-toko retail keramik telah menerapkan protokol covdi-19 sesuai anjuran pemerintah seperti wajib menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, pemakaian hand sanitizer dan pembatasan jumlah pelanggan.

Dijelaskan Edy, saat pelaksanaan PSBB pada Maret 2020 lalu yang melarang toko-toko retail keramik untuk beroperasi memaksa industri keramik menurunkan utilisasi produksi dari 65% menjadi 30% yang disertai dengan merumahkan karyawan sekitar 15.000 orang.

Berdasarkan data yang dihimpun Asaki, penjualan produk keramik mayoritas 70-75% melalui toko retail, sedangkan sisanya melalui toko-toko bahan bangunan. 

"Kami tidak ingin kejadian kemarin terulang lagi," terang Edy.

Oleh karena itu, Asaki memandang tidak perlu dilakukan penutupan toko-toko retail keramik khususnya di Jakarta, karena kegiatan tersebut tidak membuat kerumunan atau berkumpulnya banyak orang di satu titik. 

"DKI Jakarta sebagai Ibu Kota dengan daya beli yang lebih tinggi dibanding kota-kota lainnya di Indonesia tentu sangat berpengaruh terhadap penyerapan output produk keramik nasional, diperkirakan sekitar 20% penyerapan ada di DKI Jakarta," papar Edy.

Meski begitu, Asaki mendukung penerapan PSBB total di Ibu Kota dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Para pembalap motocross kelas MX2 melakukan start balapan pertama di gelaran MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:15 WIB

MXGP Samota 2022 jadi Momentum Promosikan NTB Sebagai Destinasi Wisata Olahraga

MXGP 2022 merupakan ajang balap motocross yang digelar pada 24-26 Juni 2022 dan diikuti oleh 33 pembalap motocross dari berbagai negara. Sebelumnya, MXGP juga pernah digelar di Palembang, Sumatra…