Asaki Minta Gubernur Anies Izinkan Toko Retail Keramik Tetap Buka di Masa PSBB Jilid II di Jakarta

Oleh : Ridwan | Kamis, 10 September 2020 - 16:05 WIB

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto
Ketua Umum Asaki Edy Suyanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) meminta meminta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tidak menutup toko-toko ritel keramik khususnya di Ibu Kota selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total pada 14 Semptember 2020 mendatang.

"Kami meminta kepada Gubernur Anies untuk tetap memperbolehkan toko-toko retail keramik untuk tetap buka pada masa PSBB jilid II," kata Ketua Umum Asaki Edy Suyanto kepada Industry.co.id di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Menurut Edy, selama ini toko-toko retail keramik telah menerapkan protokol covdi-19 sesuai anjuran pemerintah seperti wajib menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, pemakaian hand sanitizer dan pembatasan jumlah pelanggan.

Dijelaskan Edy, saat pelaksanaan PSBB pada Maret 2020 lalu yang melarang toko-toko retail keramik untuk beroperasi memaksa industri keramik menurunkan utilisasi produksi dari 65% menjadi 30% yang disertai dengan merumahkan karyawan sekitar 15.000 orang.

Berdasarkan data yang dihimpun Asaki, penjualan produk keramik mayoritas 70-75% melalui toko retail, sedangkan sisanya melalui toko-toko bahan bangunan. 

"Kami tidak ingin kejadian kemarin terulang lagi," terang Edy.

Oleh karena itu, Asaki memandang tidak perlu dilakukan penutupan toko-toko retail keramik khususnya di Jakarta, karena kegiatan tersebut tidak membuat kerumunan atau berkumpulnya banyak orang di satu titik. 

"DKI Jakarta sebagai Ibu Kota dengan daya beli yang lebih tinggi dibanding kota-kota lainnya di Indonesia tentu sangat berpengaruh terhadap penyerapan output produk keramik nasional, diperkirakan sekitar 20% penyerapan ada di DKI Jakarta," papar Edy.

Meski begitu, Asaki mendukung penerapan PSBB total di Ibu Kota dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:07 WIB

Menteri Arifin Minta PLN Lakukan Berbagai Upaya Untuk Ciptakan BPP Tenaga Listrik yang Efisien

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, PLN perlu melakukan berbagai upaya optimal agar tercipta Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik yang efisien.

Ilustrasi Korban PHK (foto Okezone.com)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:01 WIB

Waduh Menyeramkan! Tsunami PHK di Tanah Air Bisa Capai 15 Juta Orang

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memprediksi, pemutusan hubungan kerja (PHK) di tanah air mencapai 15 juta orang.

Ninja Xpress

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:00 WIB

Ninja Xpress-Mohoi Sepakat Dukung Sektor UMKM

Mengingat peran UMKM yang begitu penting bagi perekonomian nasional dan sebagai industri dengan penyerap lebih dari 86% angkatan kerja saat ini, Ninja Xpress dengan komitmennya untuk mengantarkan…

Kementerian ESDM

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:50 WIB

Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut, Kementerian ESDM Lirik Selat Pantar NTT

Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Badan Litbang Kementerian ESDM melakukan penelitian dalam rangkaian pra feasibility study (pra FS) pemanfaatan arus laut dalam pembangkit…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:36 WIB

Telkom Dikabarkan Masuk Bisnis Media

Jakarta—PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom dikabarkan akan meluncurkan lini usaha media dalam waktu dekat.