Komisi IV Minta Kementan Evaluasi Kegiatan ‘Pilot Project’

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 28 Agustus 2020 - 10:30 WIB

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Pertanian (Kementan) untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan yang mengalami duplikasi dan kegiatan yang berbasis pilot project dengan skala kecil. Yakni, antara lain kegiatan pengadaan irigasi tersier, kegiatan sekolah lapang, diklat pelatihan dan atau vokasi.

Serta, kegiatan alat-alat mesin pertanian untuk kemudian dirumuskan ulang atau dialokasi menjadi satu bagian kegiatan yang lebih fokus dan masif. Demikian termaktub dalam kesimpulan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPR RI dengan jajaran Kementan yang dipaparkan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

“Sehingga, mampu menjawab kebutuhan petani dalam mendukung upaya peningkatan produksi dan pemenuhan kebutuhan pangan,” ujar Ketua Komisi IV DPR RI Sudin melalui keterangan yang diterima redaksi pada Jumat (28/8).

“Komisi IV DPR RI mendukung Badan Karantina dalam rangka percepatan komoditas ekspor pertanian dengan tidak melupakan tugas, pokok dan fungsinya. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, Tumbuhan melalui penguatan sarana dan prasarana pertanian. Antara lain, melalui penambahan alat insinerator terutama di wilayah yang strategis,” lanjut politisi Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut.

Tak hanya itu, Komisi IV DPR RI mendukung pemanfaatan lahan tidur dan atau non produktif salah satunya dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki BUMN Pertanian.

“Tujuannya, dalam rangka mendukung peningkatan produksi pertanian.  Contohnya, lahan milik PTPN VIII, PTPN IX, PTPN X dan PTPN XI. Masih banyak potensi lahan tidur, seperti PTPN di Banten dan PTPN  Jawa Barat,” pungkas Sudin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Navy Jazz Traffic Festival

Senin, 16 Mei 2022 - 12:00 WIB

DEWA 19 Tampil di Acara Navy Jazz Traffic Festival di Malang

Dewa 19 band legendaris Tanah Air menutup acara Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) 2022 yang berlangsung di Villa Navy Residence (VNR), Lawang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022), dengan apik.…

Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Senin, 16 Mei 2022 - 11:48 WIB

Ramai Kabar JIS Bakal Digunakan Untuk Reuni 212, Ini kata Pemprov DKI Jakarta

Mengoreksi pemberitaan di media massa terkait Jakarta International Stadium (JIS) sebagai lokasi reuni 212, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan penggunaan JIS saat…

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Senin, 16 Mei 2022 - 11:33 WIB

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Jakarta-Pengawalan Polri atas arus mudik dan arus balik lebaran 2022 menuai penilaian positif dari masyarakat.

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air

Senin, 16 Mei 2022 - 11:23 WIB

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air, Netizen: Luar Biasa, Terimakasih Pak atas Keramahannya...

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani melepas langsung kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tanah air dari pangkalan militer Andrews…

Ely Chandra, Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Balikpapan menyampaikan bahwa saat ini Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara

Senin, 16 Mei 2022 - 11:22 WIB

Setelah Sigap Atasi Flash, Kini Pertamina Fokus Tangani Korban

Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex.