Percepat Penetapan Safeguard Keramik, Asaki Merapat ke Menperin Agus Gumiwang

Oleh : Ridwan | Rabu, 19 Agustus 2020 - 13:35 WIB

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto saat mengunjungi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Industry.co.id)
Ketua Umum Asaki Edy Suyanto saat mengunjungi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) melakukan audiensi dengan Menteri Perindustrian Agus Guniwang Kartasasmita di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Dalam kesempatan teesebut, Ketua Asaki Edy Suyanto menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Menperin Agus Gumiwang yang telah bekerja keras mengimplementasikan harga gas sesuai Perpres No. 40 Tahun 2016.

"Kami ucapkan terima kasih atau dukungan dan support Bapak Menteri menurunkan harga gas yang sudah sejak lama dirindukan industri," kata Edy saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Pada pertemuan tersebut, Edy melaporkan perihal impor produk keramik asal India, Vietnam dan China yang terus membanjiri pasar dalam negeri, sehingga diperkukan pemberlakuan safeguard untuk produk-produk keramik dari ketiga negara tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun Asaki, ditengah kondisi pandemi Covid-19, angka impor pada semester I-2020 hanya turun 2 persen.

"Angka ini tentunya mengejutkan dan mengkhawatirkan buat industri keramik dalam negeri, terlebih angka impor dari India malah meningkat 57%," terangnya.

Asal tau saja, di pertengahan Februari yang lalu dilansir dari informasi yang diperoleh Asaki bahwa Kementerian Perdagangan telah memutuskan India dan Vietnam dikeluarkan dari list negara yang dikecualikan pada lampiran PMK No.119/2018.

Dimana langkah selanjutnya tinggal penetapan pengenaan BMTP atau Safeguard oleh Menkeu. Seharusnya penetapan BMTP/SG paling lambat di akhir Maret sudah selesai. 

"Sesuai aturan selambat-lambatnya 1 bulan setelah menerima Surat Keputusan dari Mendag harus sudah dapat menetapkan BMTP produk India dan Vietnam," ungkap Edy.

Namun telah menunggu selama 4 bulan lebih, hingga saat ini Asaki juga belum dapatkan kabar penetapannya.

"Oleh karena itu, kami meminta dukungan dari Bapak Menteri Perindustrian agar penerapan safeguard segera terlaksana," tutur Edy.

Di kesemapatan tersebut, Edy memberikan usulan serta langlah-langkah yang memungkinkan sebagai pengamanan dan penguatan industri keramik nasional antara lain, usulan penetapan minimum impor price, pembatasan pelabuhan impor untuk keramik, dan penetapan tata niaga impor produk keramik.

Dijelaskan Edy, Bapak Menteri Perindustrian Agus Gumiwang sangat mendukung beberapa usulan serta langkah-langkah yang dikemikakan oleh Asaki.

"Beliau (Menperin Agus) sangat mwndukung usulan kami. Mudah-mudahan ini menjadi langkah baik buat industri keramik dalam negeri," tutup Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…