Percepat Penetapan Safeguard Keramik, Asaki Merapat ke Menperin Agus Gumiwang

Oleh : Ridwan | Rabu, 19 Agustus 2020 - 13:35 WIB

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto saat mengunjungi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Industry.co.id)
Ketua Umum Asaki Edy Suyanto saat mengunjungi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) melakukan audiensi dengan Menteri Perindustrian Agus Guniwang Kartasasmita di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Dalam kesempatan teesebut, Ketua Asaki Edy Suyanto menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Menperin Agus Gumiwang yang telah bekerja keras mengimplementasikan harga gas sesuai Perpres No. 40 Tahun 2016.

"Kami ucapkan terima kasih atau dukungan dan support Bapak Menteri menurunkan harga gas yang sudah sejak lama dirindukan industri," kata Edy saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Pada pertemuan tersebut, Edy melaporkan perihal impor produk keramik asal India, Vietnam dan China yang terus membanjiri pasar dalam negeri, sehingga diperkukan pemberlakuan safeguard untuk produk-produk keramik dari ketiga negara tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun Asaki, ditengah kondisi pandemi Covid-19, angka impor pada semester I-2020 hanya turun 2 persen.

"Angka ini tentunya mengejutkan dan mengkhawatirkan buat industri keramik dalam negeri, terlebih angka impor dari India malah meningkat 57%," terangnya.

Asal tau saja, di pertengahan Februari yang lalu dilansir dari informasi yang diperoleh Asaki bahwa Kementerian Perdagangan telah memutuskan India dan Vietnam dikeluarkan dari list negara yang dikecualikan pada lampiran PMK No.119/2018.

Dimana langkah selanjutnya tinggal penetapan pengenaan BMTP atau Safeguard oleh Menkeu. Seharusnya penetapan BMTP/SG paling lambat di akhir Maret sudah selesai. 

"Sesuai aturan selambat-lambatnya 1 bulan setelah menerima Surat Keputusan dari Mendag harus sudah dapat menetapkan BMTP produk India dan Vietnam," ungkap Edy.

Namun telah menunggu selama 4 bulan lebih, hingga saat ini Asaki juga belum dapatkan kabar penetapannya.

"Oleh karena itu, kami meminta dukungan dari Bapak Menteri Perindustrian agar penerapan safeguard segera terlaksana," tutur Edy.

Di kesemapatan tersebut, Edy memberikan usulan serta langlah-langkah yang memungkinkan sebagai pengamanan dan penguatan industri keramik nasional antara lain, usulan penetapan minimum impor price, pembatasan pelabuhan impor untuk keramik, dan penetapan tata niaga impor produk keramik.

Dijelaskan Edy, Bapak Menteri Perindustrian Agus Gumiwang sangat mendukung beberapa usulan serta langkah-langkah yang dikemikakan oleh Asaki.

"Beliau (Menperin Agus) sangat mwndukung usulan kami. Mudah-mudahan ini menjadi langkah baik buat industri keramik dalam negeri," tutup Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pupuk

Selasa, 13 April 2021 - 09:00 WIB

Pupuk Indonesia Kenalkan Inovasi Digitalnya ke Eropa Melalui Hannover Messe (HM) 2021

PT Pupuk Indonesia (Persero), menjadi satu dari 156 perusahaan di Indonesia yang terpilih dan turut berpartisipasi dalam ajang pameran industri dan perdagangan terbesar di dunia, Hannover Messe…

Pelatihan Konstruksi Layang

Selasa, 13 April 2021 - 08:40 WIB

Luar Biasa!!! Indonesia Bakal Punya Sarana Pelatihan Konstruksi Layang Berstandar Internasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku pembina jasa konstruksi nasional terus mendorong dan melakukan pembinaan terhadap para pelaku jasa konstruksi nasional dalam meningkatkan…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 13 April 2021 - 08:34 WIB

Di Pembukaan Hannover Messe 2021, Presiden Jokowi Rayu Jerman untuk Bermitra Wujudkan Transformasi Digital di Indonesia

Dalam sambutannya pada pembukaan Hannover Messe 2021, Presiden Joko Widodo menyebutkan, perkembangan ekonomi digital dan industri 4.0 Indonesia merupakan yang tercepat di Asia Tenggara dan akan…

Menteri Ketenagakerjaan - Ida Fauziyah

Selasa, 13 April 2021 - 08:19 WIB

Surat Edaran THR Diterbitkan, Menaker Ida: THR Keagamaan Wajib Dibayarkan Paling Lama 7 Hari Sebelum Hari Raya

Menaker Ida mengatakan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh.

Presiden Joko Widodo

Selasa, 13 April 2021 - 08:04 WIB

Buka Hannover Messe 2021, Presiden Jokowi Sebut Transformasi Teknologi Digital Semakin Penting

Presiden Jokowi menyampaikan, tema transformasi teknologi yang diusung Hannover Messe kali ini sangat relevan dengan situasi pandemi COVID-19 yang tengah dihadapi saat ini.