Kementerian ESDM Jaring Inovator Muda Lewat Program #ESDMChallenge2020

Oleh : Hariyanto | Minggu, 16 Agustus 2020 - 17:37 WIB

Program #ESDMChallenge2020
Program #ESDMChallenge2020

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjaring para inovator muda melalui program bertajuk #ESDMChallenge2020. Program ini sebagai bentuk apresiasi sekaligus mewadahi generasi milenial khususnya mahasiswa yang memiliki ide, inovasi dan rencana aksi yang aplikatif guna menjawab tantangan sektor energi dan sumber daya mineral di masa mendatang.

"Ada empat hal yang harus dimiliki anak muda, yaitu optimis yang melahirkan kreativitas. Kreativitas yang melahirkan inovasi dan inovasi yang melahirkan produktivitas," kata Staf Ahli Menteri (SAM) Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang Kementerian ESDM Saleh Abudurrahman membuka acara presentasi TOP 10 #ESDMChallenge2020 secara virtual yang disiarkan live melalui kanal Youtube KementerianESDM, Jumat (14/8/2020).

Sikap optimisme, sambung Saleh, dibangun atas dasar proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tumbuh stabil di angka 6-7 persen dan diproyeksikan menempati posisi 4 teratas di dunia pada tahun 2050. "Ini hasil proyeksi PricewaterhouseCoopers (PwC) dan Wood Mawood Mackenzie (2017)," ungkap Saleh.

Saleh mengungkapkan, peluang meningkatkan pertumbuhan ekonomi didapat dari adanya transformasi penggunaan energi fosil menuju ke energi terbarukan dan mulai pesat sejak Protokol Kyoto di tahun 1997. Hal ini berbanding lurus dengan ide dan inovasi yang dihadirkan oleh para finalis ESDM Energy Challenge 2020. 

"Saya lihat dari 10 finalis yang lolos seleksi ini banyak konsentrasi ke pengembangan EBT. Bagus sekali. Setidaknya kita sudah melihat prospek pertumbuhan ekonomi ini pada EBT dan efisiensi energi, terumasuk penggunaan kendaraan listrik," ungkap Saleh.

Kendati begitu, Saleh tak menampik potensi sumber energi fosil di Indonesia yang masih cukup besar. Dalam paparannya disebutkan bahwa Indonesia memiliki potensi sumber daya batubara sebesar 149 miliar ton dengan nilai cadangan sebesar 37,60 miliar ton. "Begitu pula minyak dan gas bumi, kita masih menyimpan potensi besar dengan memiliki 128 cekungan hidrokarbon. Ini optimisme lain yang harus ada," kata Saleh.

Adapun untuk potensi EBT sendiri, Indonesia akan mengoptimalkan pemanfaatan panas bumi, matahari, angin, air, sampah, dan biomassa. "Ini prospek besar apalagi perkembangan teknologi sangat pesat dan harga listriknya makin lama makin ekonomis," tutur Saleh.

Untuk mencapai ketahanan energi nasional, Pemerintah mengajak para generasi muda mampu menjawab tantangan tersebut dengan menjadikan sumber daya energi sebagai modal pembangunan, meningkatkan produksi dan efisiensi harga migas, mempercepat akses dan infrastruktur energi, mengendalikan impor Bahan Bakar Minyak dan Liquefied Petroleum Gas, serta pengembangan EBT.

Tantangan lain yang harus dihadapi adalah harga EBT, konservasi dan efisiensi energi, pengusaan ilmu pengetahuan teknologi, pemahaman geopolitik dan lingkungan hidup serta pengelolaan cadangan energi nasional. 

"Jika kita sudah melalui tantangan ini akan mengubah paradigma pengelolaan energi sehingga bisa memberikan nilai tambah dan penggunaan teknologi dalam negeri," kata Saleh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma)

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:16 WIB

Ungggul dalam Bioteknologi dan Riset Ilmiah, Assosiated Capsule Group India Tertarik Kerjasama dengan Nucleus Farma

Jakarta-PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma) kembali membuktikan eksistensinya serta membuka peluang kerjasama dengan pihak nasional maupun internasional.

Ilustrasi Digital Nomad (Foto:blog.hubspot.com)

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:15 WIB

Usulan Visa Digital Nomad Masuk Tahap Akhir Pembahasan

Visa digital nomad yang menjadi satu inovasi baru dalam merespons arus digitalisasi dan pola perilaku karyawan yang diperbolehkan untuk bekerja secara jarak jauh atau remote worker telah mencapai…

Ilustrasi Gedung KPK

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:07 WIB

LSAK Dukung Kinerja Pemberantasan Korupsi KPK

Peneliti Lembaga Studi Antikorupsi (LSAK), Ili Sadeli mengatakan dorongan pencarian buron Harun Masiku kepada KPK lebih banyak unsur politisnya untuk mendongkel dan mendelegitimasi kinerja Firli…

Desa Wisata Taro Bali

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:06 WIB

Menilik Desa Wisata Taro, Surga Tersembunyi di Gianyar Pemenang BCA Desa Wisata Award

Desa Wisata Taro merupakan desa tua di Bali yang kaya akan kisah dan peninggalan budaya masa lampau. Berada di kecamatan Tegallalang, Gianyar. Sekitar dua jam perjalanan dari Denpasar. Terletak…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:58 WIB

Konsensus Analis Prediksi Pendapatan SILO Tumbuh Tahun Ini , LPKR Terimbas Positif

Konsensus analis Bloomberg pada Jumat (24/6/2022) memprediksi pendapatan PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) akan terus bertumbuh pada tahun ini meskipun pasien Covid-19 menurun. Bahkan,…