Kementerian ESDM Jaring Inovator Muda Lewat Program #ESDMChallenge2020

Oleh : Hariyanto | Minggu, 16 Agustus 2020 - 17:37 WIB

Program #ESDMChallenge2020
Program #ESDMChallenge2020

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjaring para inovator muda melalui program bertajuk #ESDMChallenge2020. Program ini sebagai bentuk apresiasi sekaligus mewadahi generasi milenial khususnya mahasiswa yang memiliki ide, inovasi dan rencana aksi yang aplikatif guna menjawab tantangan sektor energi dan sumber daya mineral di masa mendatang.

"Ada empat hal yang harus dimiliki anak muda, yaitu optimis yang melahirkan kreativitas. Kreativitas yang melahirkan inovasi dan inovasi yang melahirkan produktivitas," kata Staf Ahli Menteri (SAM) Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang Kementerian ESDM Saleh Abudurrahman membuka acara presentasi TOP 10 #ESDMChallenge2020 secara virtual yang disiarkan live melalui kanal Youtube KementerianESDM, Jumat (14/8/2020).

Sikap optimisme, sambung Saleh, dibangun atas dasar proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tumbuh stabil di angka 6-7 persen dan diproyeksikan menempati posisi 4 teratas di dunia pada tahun 2050. "Ini hasil proyeksi PricewaterhouseCoopers (PwC) dan Wood Mawood Mackenzie (2017)," ungkap Saleh.

Saleh mengungkapkan, peluang meningkatkan pertumbuhan ekonomi didapat dari adanya transformasi penggunaan energi fosil menuju ke energi terbarukan dan mulai pesat sejak Protokol Kyoto di tahun 1997. Hal ini berbanding lurus dengan ide dan inovasi yang dihadirkan oleh para finalis ESDM Energy Challenge 2020. 

"Saya lihat dari 10 finalis yang lolos seleksi ini banyak konsentrasi ke pengembangan EBT. Bagus sekali. Setidaknya kita sudah melihat prospek pertumbuhan ekonomi ini pada EBT dan efisiensi energi, terumasuk penggunaan kendaraan listrik," ungkap Saleh.

Kendati begitu, Saleh tak menampik potensi sumber energi fosil di Indonesia yang masih cukup besar. Dalam paparannya disebutkan bahwa Indonesia memiliki potensi sumber daya batubara sebesar 149 miliar ton dengan nilai cadangan sebesar 37,60 miliar ton. "Begitu pula minyak dan gas bumi, kita masih menyimpan potensi besar dengan memiliki 128 cekungan hidrokarbon. Ini optimisme lain yang harus ada," kata Saleh.

Adapun untuk potensi EBT sendiri, Indonesia akan mengoptimalkan pemanfaatan panas bumi, matahari, angin, air, sampah, dan biomassa. "Ini prospek besar apalagi perkembangan teknologi sangat pesat dan harga listriknya makin lama makin ekonomis," tutur Saleh.

Untuk mencapai ketahanan energi nasional, Pemerintah mengajak para generasi muda mampu menjawab tantangan tersebut dengan menjadikan sumber daya energi sebagai modal pembangunan, meningkatkan produksi dan efisiensi harga migas, mempercepat akses dan infrastruktur energi, mengendalikan impor Bahan Bakar Minyak dan Liquefied Petroleum Gas, serta pengembangan EBT.

Tantangan lain yang harus dihadapi adalah harga EBT, konservasi dan efisiensi energi, pengusaan ilmu pengetahuan teknologi, pemahaman geopolitik dan lingkungan hidup serta pengelolaan cadangan energi nasional. 

"Jika kita sudah melalui tantangan ini akan mengubah paradigma pengelolaan energi sehingga bisa memberikan nilai tambah dan penggunaan teknologi dalam negeri," kata Saleh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Muchyar Yara

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:00 WIB

Gerakan Kritisi terhadap Pemerintahan Meningkat

Gerakan mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi nampaknya semakin membesar, ditambah lagi yang terakhir dengan disahkannya UU Cipta Kerja

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:30 WIB

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Revisi UU Otsus yang dilakukan pemerintah bersama DPR RI dilakukan untuk memastikan Papua dan Papua Barat tetap mendapatkan dana otonomi khusus. Sekaligus memastikan pembangunan tetap meningkat.…

Presiden Jokowi

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:00 WIB

Akhir Oktober Libur Panjang, Tetap Waspada Covid-19

Disampaikan Presiden, pasca libur panjang beberapa bulan lalu, terjadi lonjakan kasus COVID-19. Ia mengingatkan agar hal sebut tidak terjadi pada libur panjang dan cuti bersama pada akhir bulan…

Dayonmarhanlan XII Pontianak Laksanakan Tatap Muka Pertama

Selasa, 20 Oktober 2020 - 05:30 WIB

Dayonmarhanlan XII Pontianak Laksanakan Tatap Muka Pertama

Tujuan diselenggarakannya Entry Briefing adalah sebagai ruang untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat Danyonmarhanlan XII yang baru, menyampaikan rencana pembinaan dan operasi Yonmarhanlan…

345 Bintara dan Tamtama Remaja Perkuat Korps Baret Ungu

Selasa, 20 Oktober 2020 - 05:00 WIB

345 Bintara dan Tamtama Remaja Perkuat Korps Baret Ungu

Bintara dan Tamtama Remaja tersebut resmi menyandang Baret Ungu Korps Marinir, setelah disematkannya baret pada Upacara Pembaretan yang dipimpin langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar)…