Hutama Karya Pertahankan Pelayanan Maksimal di Jalan Tol Jakarta

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 Agustus 2020 - 14:00 WIB

Hutama Karya Pertahankan Pelayanan Maksimal di Jalan Tol Jakarta
Hutama Karya Pertahankan Pelayanan Maksimal di Jalan Tol Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta–Dalam rangka menyambut HUT RI ke -75, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya)  selaku  Badan  Usaha  Jalan  Tol  (BUJT)  yang  mengelola  Jalan  Tol  Trans  Sumatera (JTTS) dan 2 (dua) jalan tollainnya di Pulau Jawa, yakni Tol Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S) dan Tol Akses Tanjung Priok (ATP) terus berkomitmen melakukan optimasi pada implementasi pelayanan optimal sesuai Standar Pelayanan Minimum (SPM) guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan tol yang dikelolanya.

Salah  satu  upaya  yang  telah  dilakukan  Hutama  Karya  untuk memberikan  keamanan  bagi pengguna  jalan  tolyaitu  dengan mengkampanyekan  selamat  berkendara  di  jalan  tol  melalui kampanye  bertajukSelamat  Sampai Tujuan (SETUJU)  yang  diluncurkan  pada  24  Desember 2019 lalu bertepatan dengan momen Mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019.

Kampanye SETUJU ini  dilakukan  untuk  meningkatkan  pemahaman  pengguna  tol  mengenai  cara  aman berkendara di jalan tol in a creative waymelalui sebuah Buku Saku SETUJU.

Direktur Operasi I Hutama Karya, Suroto mengatakan bahwa Buku Saku SETUJU acalah cara Hutama  Karya  selaku  pengelola  jalan  tol  untuk  mengedukasi  pengguna  tol  mengenai berkendaradenganselamatdi jalan tol.

“Buku Saku SETUJU merupakan buku saku berbentuk booklet yang  berisikan  informasi  tata  tertib  berkendara  di  Jalan  tol,  fasilitas  Jalan  Tol  Trans Sumatera (JTTS), peta tol, tarif tol, tempat-tempat terdekat di sekitar seperti rest area, rumah sakit,  penginapan  dan  informasi-informasi  lainnya  seputar  JTTS.Ini  merupakan  bentuk komitmen  kami  dalam  memastikan  kenyamanan  dan  keselamatan  pengguna  jalan  ketika melintas  di  tol  yang  kami  kelola  mengingat  ruas-ruas  tol  kami  memiliki  jarak  yang  cukup panjang,”  ujarnya.

 Lebih  lanjut  ia  menyampaikan  bahwaHutama  Karya  sebagai pelopor Kampanye SETUJU berharap  dengan  adanya    Kampanye  SETUJU  ini  dapat mengedukasi pengguna jalan tol akan pentingnya memprioritaskan keselamatan dengan cara mematuhi tata tertib berkendara di Jalan tol.

“Kami harap dengan kampanye ini, angka kecelakaan di jalan tol khususnya dapat berkurang,” pungkasnya.

Selain melakukan Kampanye SETUJU secara berkelanjutan, dalam mengoptimasi pencegahan terjadinya  kecelakaan  dan  untuk  memberikan  pelayanan  optimal  kepada  pengguna  jalan  tol yang dikelolanya,Hutama Karya juga telah memasang Rumble strip,Rumble dot, danLampuFlip-Flop,  melakukan  himbauan  melalui speakerdi  Gerbang  Tol, melakukan  patroli  malam untuk  memberhentikan kendaraan  yang  terlihat berkendara  dengan kurang  stabil, dan  juga melakukan  aksi  simpatik  dengan  membagikan  kopi  secara  gratis  kepada pengguna  jalan  tolagar tetap selalu terjaga dan terhindar dari rasa kantuk.Dari  sisi  pelayanan,  Hutama  Karya  menekankan pada penerapan  3S (Senyum,  Sapa,  Salam) dalam  melayani  pengguna  jalan di  seluruh tol yang  dikelolanya.  Setiap petugas  tol Hutama Karya bukan  hanya  diwajibkan  untuk  tersenyum,  menyapa  dan  memberikan  salam  kepada pengguna jalan tol, namunjuga diwajibkanuntuk memberikan pelayanan sepenuh hati kepada pengguna jalan tol yang dikelolanya.

“3Smerupakanstandar perilaku yang wajib diterapkan oleh petugas tol yang dikelolaoleh Hutama Karya demimemberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna jalan tol yang kami kelola.” terangS uroto.

Dengan  berbagai  keseriusan  perusahaan  dalam  memberikan  pelayanan  maksimal  terhadap pengguna jalan, tak heran jika berdasarkan hasil survey kepuasan pelanggan tahun 2019 oleh PT Sucofindo(Persero)(Sucofindo), Customer  Satisfaction  Index(CSI)dari  pengguna  jalan tol yangdikelolaHutama Karyameningkat menjadi89,6% dari yang sebelumnya pada tahun 2018  hanya  mencapai  85,4%. 

“Dengan  kenaikan  CSI  tersebut  diharapkan  dapat  memacu kinerja kami untuk selalu memberikan kepuasan kepada pengguna jalan tol yang kami kelola terutama di tengah pandemi Covid-19 ini. Kami tetap harus bisa melayani pengguna tol dengan maksimal namun juga dengan tetapmenerapkan protokol Covid-19 yang ketat.” tutupSuroto, Direktur Operasi I Hutama Karya.

Pelayanan  optimalyang  dilakukan Hutama  Karya inijugatidak  terlepas  dari  komitmen perusahaanuntuk  terus  membantu  pemerintah  dalam  menekan  angka  penyebaran  Covid-19. Hutama Karya terusmemperketat protokol Covid-19 di seluruh tol yang dikelolanya.

Berbagai aksi  simpatik  telah  dilakukan  perusahaan  mulai  daripembagian  masker, handsanitizerdan tongkat  tol kepada  pengguna  jalan,  melakukanpembatasan  jumlah  personil  yang  melakukan work from office (wfo),menutup fasilitas top uptunai, melakukan penyemprotan disinfektan secara  rutindi gedung  kantor,  gerbang  tol  maupun rest  area, mewajibkan  petugas  tol  untuk menggunakan APD lengkap (masker, faceshield, sarung tangan, manset panjang) dan apabila dalam kondisi mendesak harus menggunakan Mobile Reader(MR), serta melengkapi petugas tol  dengandengan  tas  pinggang  yang  berisikan  isi Roller  MR dan  disinfektan  untuk menyemprotkan kartu uang elektronik.

Hutama Karya pada prinsipnya akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik di  Jalan  Tol  yang  dikelolanya  dengan  mengutamakan  kenyamanan  dan  keselamatan  dari pengguna  jalan  tol.  Hutama  Karyamenghimbaukepada  seluruh  pengguna  jalan  agar  dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo Uang  Elektronik  (UE)sebelum  melintas  di  jalan  tol dan  apabila  pengguna  jalan  lupa  untuk mengisi saldo UE dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana didalamnya terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top upsaldo UE.

Serta mematuhi  protokol  kesehatan  yang  berlaku,  selalu  berhati-hati  dan  tetap menjaga kecepatan  berkendara  maksimum  di  rata-rata  60 –80  km/jam, mengecek  kondisi  kendaraan sebelum berkendara di jalan toldan berkendara dalam kondisi prima.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…