Sri Mulyani Unggah Momen Bareng Jokowi 22 Tahun Lalu, Netizen: Merinding Saya Bacanya...

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 13 Agustus 2020 - 17:22 WIB

Presiden Jokowi dan Sri Mulyani 22 Tahun Lalu
Presiden Jokowi dan Sri Mulyani 22 Tahun Lalu

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunggah tulisan berjudul Throwback 22 Tahun yang lalu di media sosial miliknya pada Kamis sore (13/8).

Dalam unggahannya, Ia menjelaskan Indonesia mengalami krisis ekonomi yang dahsyat pada tahun 1998. Dimana ekonomi merosot tajam hingga minus 13,7% dan mata uang Rupiah kolaps dari awalnya Rp2350 menjadi Rp16.000 per dollar Amerika.  

Kondisi tersebut menyebabkan banyak perusahaan dan bank kecil hingga besar mengalami kebangkrutan.

"Sebagai ekonom yang mengajar di Universitas Indonesia, saya diundang dalam sebuah seminar di Solo, untuk menjelaskan mengapa krisis ekonomi terjadi dan bagaimana menyelamatkan ekonomi Indonesia ke depan," jelasnya.

Dikatakannya, pengundang dan sponsor seminar tersebut adalah Pak Jokowi seorang pengusaha eksportir furniture yang justru mendapatkan berkah luar bisa dalam kondisi krisis tersebut, karena penerimaan ekspor dalam US dollar melonjak lebih dari enam kali lipat. 

"Pak Jokowi menggunakan “windfall profit”  secara bijaksana dengan menambah kapasitas produksi, berhasil memanfaatkan situasi krisis justru untuk mengembangkan usahanya," ujar Sri.

Namun, lanjut Sri, 22 tahun kemudian, Pak Jokowi adalah Presiden Republik Indonesia, dan saya diminta beliau menjadi Menteri Keuangan. 

"Saat ini, Indonesia dan dunia menghadapi krisis akibat Pandemi Covid-19. Dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, kita berupaya mengatasinya berupaya mengulang moment hebat 14 Agustus 1998," terang Sri Mulayani. 

Untuk itu, dijelaskan Sri, berbagai program pemulihan ekonomi terus digenjot guna membantu masyarakat, untuk memulihkan dan membangkitkan usaha kecil menengah, dan menumbuhkan kembali kegiatan ekonomi. 

Diakhir unggahannya, Sri Mulyani menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap terus bekerja keras dan bersemangat dalam menghadapi setiap tantangan kehidupan kedepan.

"Kalian 22 tahun kedepan bisa menjadi apa saja. Rajut masa depanmu dengan tidak berhenti belajar, bekerja keras, jujur dan cerdas. Miliki mental baja, jangan menyerah menghadapi cobaan dan ujian apapun. Jangan lupa selalu berdoa..!," pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, unggahan Sri Mulyani tersebut menuai banjir pujian dari para warganet.

Berikut kutipan beberapa komentar warga yang dikutip redaksi Industry.co id Kamis sore dari laman @Sri Mulyani.

"Merinding Saya membacanya....Sehat Terus Pk Presidenku Jokowi & Ibu Keuangan Sri yg Pintar Mengelola Uang Negara.Semoga Allah selalu Melindungi kalia Berada.Amiin," ujar akun Hasannah Ibrahim.

"Smart woman...menteri keuangan terhandal di RI. Semoga sehat selalu bu menteri...Allah SWT semoga senantiasa selalu menjaga ibu, dampingi bp Jokowi unt mengatasi krisis yg melanda hampir seluruh negara," ungkap akun Lia Styowati.

"Sejak bu Sri mahasiswa dan suka menulis di kompas ,terus pengamat,dosen aku sdh ngefans sm ibu.  Aku bangga sm ibu dan pak jokowi  atas dedikasinya  yg luar biasa utk kemajuan Indonesia . Tetap semangat  ya bu.  Salam sehat sll," cuit @ida Htpea.

"22tahun yg lalu saya baru lahir bu.. Semangat terus buuu.. Saya pengen deh suatu saat jd Menteri kaya Ibu..," sebut akun @Fetta Insani Putri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas

Jumat, 18 September 2020 - 19:43 WIB

Gandeng Jembatan Emas, BUMN Askrindo Sasar Asuransi Kredit Fintech

Jakarta–PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas.

Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali

Jumat, 18 September 2020 - 19:27 WIB

Gairahkan Kembali Pariwisata Bali, Perempuan-Perempuan Cantik Ini Kampanyekan Bali I Miss U

Bali-Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali. Hal ini juga mempengaruhi Perekonomian Nasional karena…

Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) gellar online training

Jumat, 18 September 2020 - 19:20 WIB

Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Yanmar Diesel Indonesia Gelar Online Training untuk Teknisi dan Dealer

Demi terus meningkatkan kemampuan para personel PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) mengadakan online training sebagai alternatif pelatihan secara tatap muka. Disaat yang sama, YADIN juga terus…

Deputi Bidang Pengawasan KemenkopUKM Ahmad Zabadi

Jumat, 18 September 2020 - 18:15 WIB

LPS Koperasi Diusulkan Masuk RUU Cipta Kerja

Kementerian Koperasi dan UKM sedang memperjuangkan masuknya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Koperasi pada RUU Cipta Kerja.

Rahmad Darmawan Pelatih Madura United FC

Jumat, 18 September 2020 - 18:00 WIB

Coach RD Perlu Striker Perkuat Madura United

Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab mengalami krisis di sektor striker sejak dipinjamkannya striker andalan mereka Alberto “Beto” Goncalves ke tim Liga 2, Sriwijaya FC dan Greg Nwokolo yang…