KASAL Yudo Margono Kunjungan Kerja ke Perbatasan RI-Malaysia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 Agustus 2020 - 06:00 WIB

KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono
KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono

INDUSTRY.co.id - Nunukan- Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono beserta rombongan dengan  didampingi Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto berkesempatan meninjau langsung situasi perbatasan Sebatik (RI) - Tawau (Malaysia). Dengan menggunakan KAL Mamburungan Lantamal XIII Tarakan dan Sea Reader Lanal Nunukan, Selasa (11/8/2020).

Dalam kunjungan di Sebatik tersebut,  Kasal juga meninjau Pos TNI AL (Posal) Sei Pancang dan Satrad CSS (Coastal Surveillance Station) serta Pos Pamtas Sei Pancang yang memiliki tugas pengawasan dan pengamanan terhadap lalu-lintas laut dan keluar masuk lintas batas RI-Malaysia.

Selanjutnya Kasal berkunjung ke Kotis Satgasmar Ambalat-20 di bawah Kodal Komandan Guspurla Koarmada II, dan berkesempatan bertatap muka serta memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit. Beliau berpesan, "Jaga diri dan bangun sinergitas dengan pihak lain, baik TNI, Polri, Aparat Pemerintah dan Tokoh Masyarakat untuk saling bahu-membahu membangun wilayah ini. Tugas kalian adalah tugas mulia. Kehormatan Bangsa dan Negara di wilayah perbatasan ada di tangan kalian," pesan KASAL

Sementara itu dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia, Komandan Lanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr. Hanla bersama Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Lanal Melonguane pelayaran ekspedisi dari Melonguane ke Pulau Miangas dengan menggunakan sea rider, Selasa (11/8/2020). Pelayaran tersebut dalam pengamatan Dispen Al  membawa bendera merah putih ukuran empat setengah meter kali tiga meter yang dikibarkan di haluan sea rider.

Setibanya di Pulau Miangas, Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr. Hanla menyerahkan bendera merah putih ukuran besar tersebut kepada Pjs Komandan Pos Pengamat TNI AL (Danposal) Miangas Lettu Marinir Bania Langkari dan Kepala Desa Miangas Yan Peter Lupa di Tugu 0 (nol) kilometer utara Indonesia Pulau Miangas sebagai simbol bahwa ia memerintahkan Danposal Miangas serta mengajak Kepala Desa Miangas untuk terus menjaga keamanan, kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia di Pulau Miangas yang wilayahnya berbatasan dengan negara Filipina.

Selama menjabat Danlanal Melonguane, Perwira Menengah Korps Marinir kelahiran Baturaja ini telah tiga kali mengunjungi pulau kecil terdepan di perbatasan paling utara NKRI dan dua diantaranya menggunakan searider.

Menutup pernyataannya, Perwira Menengah yang sebelumnya berdinas di Mabes TNI Angkatan Laut (Mabesal) ini mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud dan khususnya di Kecamatan dan atau Desa Miangas di Pulau Miangas untuk terus meningkatkan jiwa nasionalisme, rasa cinta tanah air Indonesia, terus menjaga keamanan, kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…