Dukung Ekonomi Daerah, Pelindo IV Biak Layani Pelayaran Perdana Tanto Intim Line

Oleh : Hariyanto | Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:42 WIB

Aktifitas bongkar muat pelabuhan
Aktifitas bongkar muat pelabuhan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) terus menunjukkan komitmen untuk selalu berupaya membangun Kawasan Timur Indonesia (KTI) dengan tetap survive meski gelombang pandemi Covid-19 masih terus menghantam hingga kini.

Hal itu dibuktikan dengan pelayanan pelayaran perdana kapal kargo, KM Tanto Lestari oleh Pelindo IV di Dermaga Umum Pelabuhan Laut Biak pada Minggu 9 Agustus 2020 lalu. 

Launching tersebut dihadiri oleh Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Recky D. Ambrauw, Ketua DPRD Biak Numfor, Milka Rumaropen, Kepala KSOP Biak Numfor, CH Karubaba, General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Biak, Harison Peter Nanlohy, Kepala Dinas Perhubungan Biak Numfor, Fransisco Olla dan sejumlah Kepala OPD di Biak, serta Direktur Operasional PT Tanto Intim Line, Arfan Hani. 

Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap mengatakan, dengan melayani pelayaran dari Surabaya, Makassar, Biak Numfor, Manokwari serta Fakfak, khususnya logistik dan transportasi laut dalam pengiriman barang selama empat kali dalam sebulan, maka akan semakin mempermudah dan secara ekonomi juga akan berpengaruh pada harga kebutuhan pokok di Biak Numfor maupun di wilayah Saireri bahkan Papua pada umumnya, yang didatangkan dari luar Papua.
   
“Kami juga mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan provinsi dan kabupaten, KSOP serta Pelindo IV Cabang Biak dan PT Tanto Intim Line. Selanjutnya saya meminta Kepala Dinas Perhubungan agar saling berkoordinasi bersama KSOP dan Pelindo IV terkait perizinan untuk lebih mempermudah akses,” ujarnya.

Sementara, GM PT Pelindo IV Cabang Biak, Harison Peter Nanlohy mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan kehadiran PT Tanto Intim Line. Pihaknya berkomitmen akan selalu siap membantu dan memberikan pelayanan yang terbaik. 

“Apapun yang dibutuhkan sedapat mungkin kami upayakan, serta akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik,” tegas Haryson.
 
Kepala KSOP Biak Numfor, CH Karubaba menuturkan bahwa kehadiran PT Tanto Intim Line merupakan sebuah gebrakan baru sebagai upaya menjadikan Pelabuhan Biak sebagai tempat transit berbagai kegiatan yang bersifat logistik dan diupayakan terpusat di Biak, untuk kemudian ditransfer ke kawasan lainnya di Papua.

“Kehadiran Tanto Intim Line adalah sebuah gebrakan baru untuk bagaimana mendukung Pemda Biak Numfor maupun Papua pada umumnya, dalam peningkatan ekonomi,” tutur CH Karubaba.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Tanto Intim Line, Arfan Hani dalam laporannya menyebutkan, Biak Numfor merupakan cabang ke-29 di Indonesia. Dia juga berharap dapat mendukung pemerintah dalam peningkatan ekonomi dan percepatan distribusi barang dan logistik di Kabupaten Biak Numfor.

“Kami berharap dapat berperan aktif, turut mendukung pemda dalam peningkatan perekonomian melalu jasa pelayaran yang kami upayakan dapat beroperasi sebanyak empat kali dalam sebulan, sehingga rutin transportasi dan angkutan barang dapat dilaksanakan dengan baik,” tukas Arfan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas

Jumat, 18 September 2020 - 19:43 WIB

Gandeng Jembatan Emas, BUMN Askrindo Sasar Asuransi Kredit Fintech

Jakarta–PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas.

Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali

Jumat, 18 September 2020 - 19:27 WIB

Gairahkan Kembali Pariwisata Bali, Perempuan-Perempuan Cantik Ini Kampanyekan Bali I Miss U

Bali-Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali. Hal ini juga mempengaruhi Perekonomian Nasional karena…

Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) gellar online training

Jumat, 18 September 2020 - 19:20 WIB

Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Yanmar Diesel Indonesia Gelar Online Training untuk Teknisi dan Dealer

Demi terus meningkatkan kemampuan para personel PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) mengadakan online training sebagai alternatif pelatihan secara tatap muka. Disaat yang sama, YADIN juga terus…

Deputi Bidang Pengawasan KemenkopUKM Ahmad Zabadi

Jumat, 18 September 2020 - 18:15 WIB

LPS Koperasi Diusulkan Masuk RUU Cipta Kerja

Kementerian Koperasi dan UKM sedang memperjuangkan masuknya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Koperasi pada RUU Cipta Kerja.

Rahmad Darmawan Pelatih Madura United FC

Jumat, 18 September 2020 - 18:00 WIB

Coach RD Perlu Striker Perkuat Madura United

Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab mengalami krisis di sektor striker sejak dipinjamkannya striker andalan mereka Alberto “Beto” Goncalves ke tim Liga 2, Sriwijaya FC dan Greg Nwokolo yang…