Lagi dan Lagi...KBRI Bandar Seri Begawan Bantu Kepulangan WNI Melalui Penerbangan Khusus

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 11 Agustus 2020 - 14:45 WIB

KBRI di Bandar Seri Begawan Bantu Pemulangan WNI yang Berada di Brunei Darussalam
KBRI di Bandar Seri Begawan Bantu Pemulangan WNI yang Berada di Brunei Darussalam

INDUSTRY.co.id - Brunei Darussalam – Perwakilan Indonesia di Bandar Seri Begawan kembali membantu pemulangan WNI yang berada di Brunei Darussalam melalui penerbangan repatriasi khusus. Kali ini sebanyak 147 WNI kembali ke Indonesia menuju Surabaya, Jawa Timur (09/08/2020). Hingga kini, KBRI Bandar Seri Begawan telah membantu kepulangan 1.059 orang WNI melalui 7 penerbangan khusus ke Indonesia.

“Permintaan penerbangan khusus terus tinggi karena setiap bulan banyak pekerja Indonesia yang habis kontrak. Sehingga selain penerbangan kali ini, kami juga berencana untuk memfasilitasi penerbangan khusus lagi ke Jakarta pada 16 dan 23 Agustus 2020," ucap Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko melalui keterangan yang diterima redaksi Industry.co.id pada Selasa (11/8/2020).

Selain pemulangan warga yang sakit dan keluar dari penjara, proses kepulangan para warga ini bersifat mandiri. Mereka yang pulang mayoritas adalah Pekerja Migran yang telah habis masa kontrak kerjanya di Brunei Darussalam.

KBRI Bandar Seri Begawan juga telah membekali setiap penumpang dengan sarung tangan, masker penutup mulut, dan surat keterangan jalan. Selain itu, kepada setiap penumpang diberikan kartu kuning (Health Alert Card) dari Kementerian Kesehatan RI yang harus diisi oleh setiap penumpang.

Setiba di Indonesia, para WNI akan menjalani prosedur penanganan COVID-19 di Indonesia, termasuk swab-test COVID-19 (bagi yang tidak mengambil swab-test di Brunei) dan karantina 14 hari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi bedah rumah

Sabtu, 19 September 2020 - 10:28 WIB

Hingga September 2020, Penyerapan Program Padat Karya Bedah Rumah PUPR Sudah 84,3 Persen

Guna meningkatkan kualitas rumah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Perumahan terus menggulirkan bantuan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)…

Luhut Binsar Pandjaitan (ist)

Sabtu, 19 September 2020 - 10:20 WIB

Masyarakat Diminta Siap-siap! Menko Luhut Sebut Tiga Bulan Kedepan Indonesia Alami Masa Krisis

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, tiga bulan ke depan merupakan masa kritis.

Ilustri Industri Farmasi

Sabtu, 19 September 2020 - 10:10 WIB

Kemenperin Genjot Kinerja Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil di Tengah Pandemi

Kementerian Perindustrian terus memacu kinerja industri kimia, farmasi dan tekstil (IKFT) agar mampu memberikan kontribusi signfikan bagi perekonomian nasional. Untuk itu, diperlukan koordinasi…

Makassar New Port

Sabtu, 19 September 2020 - 09:58 WIB

Sesuai AMDAL, Pelindo IV Tegaskan Pembangunan MNP Fokus Mitigasi Lingkungan

Mitigasi terhadap lingkungan sekitar MNP yang dibuat oleh perseroan yaitu dengan memasang silt curtain untuk meminimalkan pencemaran dan mencegah kekeruhan air laut saat konstruksi berlangsung.…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (dok INDUSTRY.CO.ID)

Sabtu, 19 September 2020 - 09:47 WIB

Menperin Agus: Industri Otomotif Bakal Melesat di Semester II

Menteri Perindusterian Agus Gumiwangterus memacu kinerja industri otomotif di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19. Hal ini agar sektor strategis tersebut dapat kembali tumbuh memberikan kontribusi…