Pertamina Percepat Penggunaan Energi Terbarukan

Oleh : Wiyanto | Selasa, 11 Agustus 2020 - 06:31 WIB

Gedung Pertamina
Gedung Pertamina

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkapkan, pandemi covid-19 turut mempercepat pergeseran penggunaan bahan bakar energi dari fosil menjadi energi baru dan terbarukan (EBT).

Perseroan sendiri telah melakukan kajian bagaimana minyak dan gas akan lambat laun akan meredup. Karena itu, meski kini sebagian besar produk perusahaan merupakan minyak, Pertamina mulai mengembangkan energi baru dan terbarukan.

"Kami perkirakan itu akan terjadi di 2030 sehingga kami harus segera bergegas melakukan transisi energi untuk masuk ke energi baru. Kami melihat bahwa, yang tadinya melemahnya (konsumsi bahan bakar fosil) itu 2033," ujarnya di Jakarta, Senin (10/8/3020).

Nicke menuturkan salah satu tantangan yang dihadapi perseroan saat ini adalah mengubah gas menjadi Liquefied Natural Gas (LNG) yang lebih mudah dan efisien untuk didistribusikan jarak jauh.

Pasalnya, untuk mendorong porsi EBT, hal yang paling memungkinkan saat ini adalah mengubah pembangkit listrik berbahan bakar minyak menjadi berbahan bakar gas.

"Walaupun dalam national energy policy kita akan dominan (minyak) tetapi porsi green energy yaitu gas dan juga EBT akan 50:50 dengan fosil fuel," imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petani Riau siap membasmi hama ulat grayak

Jumat, 18 September 2020 - 14:08 WIB

Atasi Serangan Ulat Grayak Pada Padi, Riau Lakukan Gerakan Pengendalian

Menanggapi adanya laporan serangan hama ulat di Kecamatan Kuntan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau yang menyerang ratusan hektar lahan sawah, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu…

Prajurit Marinir Beruang Hitam Sukses Budidaya Ikan Air Tawar

Jumat, 18 September 2020 - 14:00 WIB

Prajurit Marinir Beruang Hitam Sukses Budidaya Ikan Air Tawar

Menjadi salah satu seorang Prajurit TNI, khususnya Marinir merupakan anugrah yang patut di syukuri dan amanah. Selain menjadi abdi Negara di kedinasan Batalyon Infanteri 9 Marinir/Beruang Hitam…

Anggota Komisi I DPR RI - Rizki Aulia Natakusumah (Photo by Parlementaria Terkini DPR)

Jumat, 18 September 2020 - 13:30 WIB

Komisi I Dukung Pembangunan Jaringan Telekomunikasi di Daerah 3T

Menurut Rizki Aulia Natakusumah, digitalisasi merupakan keniscayaan, karena masih banyak masyarakat yang belum tersentuh akses internet, bahkan layanan telekomunikasi.

Arya Sinulingga

Jumat, 18 September 2020 - 13:25 WIB

Staf Khusus Erick Thohir Sebut Jajaran Komisaris BUMN Diisi Orang-orang TOP

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengapresiasi kinnerja Erick Thohir yang mwmilih orang-oraang terbaik sebagai komisaris perusahaan pelat merah.

FIFA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 September 2020 - 13:00 WIB

Sepak Bola Dunia $ 14 Miliar Dampak Pandemi Covid-19

Angka $ 14 miliar didasarkan pada skenario saat ini, di mana sepak bola perlahan mulai dapat kembali merumput, setelah tiga bulan absen sejak awal tahun ini. Namun, hal itu akan menjadi ‚Äúpermainan…