Konverter Kit ABG Ubah Penggunaan BBM Jadi Gas, Sang Penemu Amin Ben Gas: Tarikan Mesin Jadi Enak dan Hemat Bahan Bakar

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 10 Agustus 2020 - 10:20 WIB

Ilustrasi Konverter Kit ABG
Ilustrasi Konverter Kit ABG

INDUSTRY.co.id - Kalimantan Barat - Konverter Kit ABG, salah satu kreasi dan inovasi seorang nelayan bernama Amin Ben Gas di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 silam, hingga kini, dinilai banyak memberikan manfaat bagi para nelayan di daerah pesisir.

Perlu diketahui, ‘Konverter Kit ABG’ yaitu alat untuk mengubah penggunaan bahan bakar minyak (BBM) menjadi gas sejak pertama kali diciptakan tahun 2010 silam.

Hasilnya bahan bakar yang digunakan diubah sedemikian rupa menjadi lebih ramah lingkungan, dan lebih murah ketika dibandingan dengan menggunakan BBM.

“Alat ini pun sudah dikembangkan hingga generasi ke 9 dengan spesifikasi yang enak untuk tarikan mesin, akselerasi yg seimbang, dan hemat bahan bakar,” pungkas sang inovator, Amin Ben Gas beberapa waktu lalu.

Terkait hal itu, Asisten Deputi Hirilisasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves, Amalyos mengatakan pihaknya mendukung langkah langkah oara nelayan untuk mengembangkan inovasi alat konversi bbm menjadi gas untuk perahu dibawah 5 Gross Ton (GT).

"Kami juga berharap akan selalu ada dukungan dari eksekutif maupun legislatif berupa paket pengadaan alat konversi itu yang akan diberikan kepada seluruh nelayan kecil se-Indonesia,” ujar Asisten Deputi Hirilisasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves, Amalyos, melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Industry.co.id Senin (10/8).

Dikatakannya, pemerintah sudah menyalurkan bantuan konverter kit ABG sebanyak 25.000 paket dan sudah didistibusikan secara nasional kepada masyarakat pesisir dan nelayan.

Ia juga menilai, program ini memberikan kontribusi secara nasional didalam peningkatan perekonomian masyarakat pesisir, walaupun diakuinya kantong-kantong kemiskinan masih banyak pada masyarakat pesisir, namun ia berharap dengan inovasi ini, akan dapat memberikan nilai tambah positif.

“Dan juga akan mengangkat kehidupan masyarakat pesisir terutama nelayan di daerah Kubu Raya, dan diharapkan juga di daerah pesisir lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar, Herti Herawati menambahkan, konsep pemberdayaan yang sudah dilakukan yaitu pemberdayaan masyarakat untuk turut memproduksi sampan (perahu kecil/sedang) yang bertujuan untuk dirangkaikan dengan inovasi konverter kita buatan Amin Ben Gas.

“Sehingga nelayan itu tidak terpaku hanya mencari ikan dilaut tetapi mempunyai keahlian lain apalagi disaat musim-musim paceklik,” jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang berfoto dengan President & CEO Takasago International Corporation Satoshi Masumura

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:02 WIB

Tarik Minat Investor Jepang, Menperin Agus Tawarkan Fasilitas Insentif Fiskal

Dalam lawatanya ke Jepang Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan jajaran direksi¬†Takasago International Corporation. Hal itu bertujuan untuk memperkuat…