Konverter Kit ABG Ubah Penggunaan BBM Jadi Gas, Sang Penemu Amin Ben Gas: Tarikan Mesin Jadi Enak dan Hemat Bahan Bakar

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 10 Agustus 2020 - 10:20 WIB

Ilustrasi Konverter Kit ABG
Ilustrasi Konverter Kit ABG

INDUSTRY.co.id - Kalimantan Barat - Konverter Kit ABG, salah satu kreasi dan inovasi seorang nelayan bernama Amin Ben Gas di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 silam, hingga kini, dinilai banyak memberikan manfaat bagi para nelayan di daerah pesisir.

Perlu diketahui, ‘Konverter Kit ABG’ yaitu alat untuk mengubah penggunaan bahan bakar minyak (BBM) menjadi gas sejak pertama kali diciptakan tahun 2010 silam.

Hasilnya bahan bakar yang digunakan diubah sedemikian rupa menjadi lebih ramah lingkungan, dan lebih murah ketika dibandingan dengan menggunakan BBM.

“Alat ini pun sudah dikembangkan hingga generasi ke 9 dengan spesifikasi yang enak untuk tarikan mesin, akselerasi yg seimbang, dan hemat bahan bakar,” pungkas sang inovator, Amin Ben Gas beberapa waktu lalu.

Terkait hal itu, Asisten Deputi Hirilisasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves, Amalyos mengatakan pihaknya mendukung langkah langkah oara nelayan untuk mengembangkan inovasi alat konversi bbm menjadi gas untuk perahu dibawah 5 Gross Ton (GT).

"Kami juga berharap akan selalu ada dukungan dari eksekutif maupun legislatif berupa paket pengadaan alat konversi itu yang akan diberikan kepada seluruh nelayan kecil se-Indonesia,” ujar Asisten Deputi Hirilisasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves, Amalyos, melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Industry.co.id Senin (10/8).

Dikatakannya, pemerintah sudah menyalurkan bantuan konverter kit ABG sebanyak 25.000 paket dan sudah didistibusikan secara nasional kepada masyarakat pesisir dan nelayan.

Ia juga menilai, program ini memberikan kontribusi secara nasional didalam peningkatan perekonomian masyarakat pesisir, walaupun diakuinya kantong-kantong kemiskinan masih banyak pada masyarakat pesisir, namun ia berharap dengan inovasi ini, akan dapat memberikan nilai tambah positif.

“Dan juga akan mengangkat kehidupan masyarakat pesisir terutama nelayan di daerah Kubu Raya, dan diharapkan juga di daerah pesisir lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar, Herti Herawati menambahkan, konsep pemberdayaan yang sudah dilakukan yaitu pemberdayaan masyarakat untuk turut memproduksi sampan (perahu kecil/sedang) yang bertujuan untuk dirangkaikan dengan inovasi konverter kita buatan Amin Ben Gas.

“Sehingga nelayan itu tidak terpaku hanya mencari ikan dilaut tetapi mempunyai keahlian lain apalagi disaat musim-musim paceklik,” jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Singapore Tourism Board (STB) meluncurkan kampanye pemasaran global untuk memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi MICE.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:46 WIB

Perkuat Posisi Singapura Sebagai Destinasi MICE, STB Luncurkan Kampanye Global

Kampanye global yang diluncurkan STB turut mengundang penyelenggara acara MICE dari Indonesia untuk mempertimbangkan Singapura sebagai destinasi MICE unggul yang dapat memberikan hasil berdampak,…