Tindakan Kejari Garut Kepada Bapak yang Nekat Curi HP Buat Anaknya Belajar Daring Bikin Terenyuh!

Oleh : Nata Kesuma | Jumat, 07 Agustus 2020 - 13:50 WIB

Kejari Garut Memberikan HP kepada Bapak Pencuri Handpone untuk Anaknya Belajar Daring
Kejari Garut Memberikan HP kepada Bapak Pencuri Handpone untuk Anaknya Belajar Daring

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kasus pencurian telepon genggam (handphone) oleh seorang bapak di Garut untuk memenuhi kebutuhan anaknya mengikuti pembelajaran daring telah menarik perhatian masyarakat.

Pasalnya, Kepala Kejaksaan Negeri Garut Sugeng Hariadi ketika menangani kasus pencurian handphone (HP) tersebut menyelesaikannya dengan sangat humanis.

Kajari Garut bahkan menghadiahi HP baru bagi sang bapak (pencuri HP-red).

"Saya mendengar hal itu lalu saya perintahkan jajaran saya untuk mencari keberadaan bapak tersebut, benar tidaknya mencuri HP untuk anaknya supaya bisa sekolah online," kata Kepala Kejaksaan Negeri Garut Sugeng Hariadi kepada wartawan Kamis (6/8).

Kemudian Ia bersama jajaran mendatangi rumah tersangka dan menurut pengakuannya kondisi pencuri HP tersebut sangat memprihatinkan.

"Rumahnya mas, saya tidak tega kondisinya. Saat kami datangi, sekeluarga berlima, sedang makan mie instan satu mangkok kecil gitu untuk ramai-ramai," ungkapnya.

Menurut pengakuan tersangka, Ia terpaksa mencuri karena tidak memiliki uang sama sekali untuk membeli HP supaya anaknya bisa ikut merasakan belajar daring.

"Anaknya ini kelas satu SMP, belum pernah ikut kelas online sejak pandemi ini, karena keluarganya memiliki keterbatasan, tidak memiliki ponsel," ungkap Sugeng.

Mendengar hal itu Sugeng memerintahkan anak buahnya untuk mencarikan ponsel pengganti hasil curian tersebut.

"Inisiatif kami Kejari Garut untuk melakukan hal demikian, karena kami tidak kuasa melihat perjuangan sang bapak demi anaknya sekolah daring," pungkas Sugeng haru.

Sugeng juga menjelaskan bahwa pemilik HP yang dicuri tidak menuntut dan juga telah memafkan perbuatan tersangka.

Atas tindakan Kejari tersebut menarik simpati banyak pihak, salah satunya datang dari Komisi III DPR RI Eva Yuliana.

Dirinya menyampaikan apresiasi atas penegakan hukum oleh Kejari Garut yang dilakukan dengan secara damai tersebut.

“Saya terenyuh, langkah bijak Kajari dan jajarannya ini telah menunjukkan wajah penegakan hukum di Indonesia yang sungguh sejuk dan mengayomi. Bukan yang keras dan menakutkan," tutur Eva dalam keterangannya yang diterima redaksi Industry.co.id, Jumat (7/8).

Ia juga mengatakan, dari contoh kasus tersebut menunjukkan hukum tidak melulu tentang keputusan dan tindakan pembatasan hak seseorang akibat pelanggaran yang dilakukannya. Tapi, hukum juga memiliki ruang humanis sosiologis yang mengikat di dalamnya.

"Selain itu, juga memperlihatkan dampak multidimensional dari pandemi Covid sungguh kompleks. Terutama, pandemi ini betul-betul menguji sisi kemanusiaan kita,” ungkap Eva. 

"Dan untuk Kejaksaan Negeri Garut tidak melanjutkan proses hukum terhadap pencuri HP. Saya sangat mengapresiasinya," pungkas Eva.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…