Komisi I Minta Kemenlu Pastikan Keselamatan WNI Pasca Ledakan Lebanon

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 06 Agustus 2020 - 11:25 WIB

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menyampaikan duka mendalam atas ledakan hebat yang mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, Selasa (4/8/2020), yang menyebabkan paling tidak 73 orang meninggal dan lebih dari 3.000 lainnya luka-luka.

"Saya sampaikan duka mendalam kepada seluruh korban ledakan dahsyat itu baik yang meninggal dunia maupun yang luka-luka, disaat pandemi seperti ini yang belum selesai, rakyat Lebanon harus merasakan musibah yang lain. Semoga Allah SWT menguatkan rakyat Lebanon," jelas Kharis Almasyhari dalam keterangan pers yang diterima redaksi Industry.co.id pada Rabu (5/8/2020).

Politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini meminta kepada Kementerian Luar Negeri untuk segera mendata dan memastikan apakah ada korban Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdampak dalam ledakan tersebut dan segera memberikan pendampingan dan bantuan yang diperlukan.

Berdasarkan data  Kementerian Pertahanan dan Kemenlu di Lebanon, terdapat  1.234 TNI anggota kontingen Garuda yang bertugas menjaga demarkasi perbatasan Libanon-Israel dan terdapat ratusan WNI yang bekerja di sana.

“Semoga semua tidak ada disekitar ledakan dan semoga sehat wal’afiat,” tutur Kharis.

Selain keselamatan WNI, Kharis juga mendorong Pemerintah Indonesia memberikan bantuan sebagai negara sahabat kepada Lebanon atas terjadinya musibah tersebut serta mendorong agar dilakukan investigasi menyeluruh dan serius karena eskalasi ledakan yang begitu besar.

“Kemarin Perdana Menteri  Lebanon  Yang Mulia Hassan Diab mengatakan kepada media adanya 2.750 ton amonium nitrat - bahan untuk pupuk dan peledak yang disimpan di gudang yang mengakibatkan ledakan dahsyat itu. Saya pikir dengan tetap menjunjung tinggi kedaulatan negara Lebanon, Indonesia harus mendorong dilakukan investigasi menyeluruh, jelas dan terang sehingga dapat menjelaskan kepada masyarakat Libanon dan dunia” tutup Kharis.

Sebelumnya diberitakan, ledakan dahsyat terjadi di Pelabuhan Beirut (Port of Beirut), Lebanon, Beirut, Selasa (4/8/2020). Akibatnya, 78 orang meninggal dan korban luka mencapai hampir 4.000 orang. Perdana Menteri Hassan Diab mengatakan, sebanyak 2.750 amonium nitrat yang merupakan pupuk pertanian disinyalir menjadi penyebab insiden tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemakaman Pasien Covid-19

Rabu, 23 September 2020 - 08:44 WIB

Dunia Masih Berduka! Ini 10 Negara dengan Kasus Corona Terbanyak di Dunia Saat Ini

Jakarta - Virus corona (Covid-19) semakin merajalela. Per Rabu (23/9/2020) ini sudah ada 31.750.386 orang yang terinfeksi secara global.

Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Rabu, 23 September 2020 - 08:20 WIB

Merinding! Ini Pidato Jokowi dalam Sidang Majelis Umum PBB

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pertama dalam Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara virtual.

Rebecca Alexandria [boombastis.com]

Rabu, 23 September 2020 - 08:03 WIB

Viral! Gadis Cantik Juara Ballet Internasional dari Keluarga Kurang Mampu, Luput dari Perhatian Pers Indonesia

Jakarta-Belum lama ini viral di media sosial, postingan yang menampilkan sosok Rebecca, dengan menuliskan: “ Juara ballet di berbagai negara yang berasal dari latar belakang keluarga kurang…

Industri Otomotif

Rabu, 23 September 2020 - 07:45 WIB

Relaksasi Pajak Mobil Baru Nol Persen Masih Harus Tunggu Tanda Tangan Sri Mulyani

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, merespons permintaan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengenai relaksasi pajak pembelian mobil baru hingga nol persen untuk pajak kendaraan…

Ilustrasi asuransi kesehatan.(Ist)

Rabu, 23 September 2020 - 07:02 WIB

Simak! Ini Hal-Hal Penting yang Perlu Diketahui dalam Perhitungan Asuransi Jiwa yang Tepat Guna

Jakarta-Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan produk keuangan asuransi jiwa. Asuransi jiwa sendiri adalah salah satu layanan asuransi yang digunakan untuk perlindungan…