Ekspansi UMi Lindungi Ekonomi dan UMKM di Maluku Utara

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:15 WIB

Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM

INDUSTRY.co.id - Ternate - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) bersama Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hatari mensosialisasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Monitoring Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) kepada mitra, debitur, dan mahasiswa Kota Ternate, Maluku Utara.

Achmad Hatari mengapresiasi hadirnya PIP di wilayah Maluku Utara mendorong inklusi keuangan.

“Dengan hadirnya PIP, diharapkan dapat menjawab permasalahan kendala akses permodalan saat ini,” tutur Achmad Hatari melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Kamis (6/8/2020).

Menjawab harapan Achmad Hatari, Direktur Utama PIP Ririn Kadariyah melaporkan bahwa saat ini program pembiayaan UMi telah menjangkau 2.257.021 masyarakat ultra mikro di seluruh Indonesia dengan total penyaluran mencapai Rp7.038.961.333.211.

Ririn menyampaikan bahwa di wilayah Maluku Utara terdapat PT Pegadaian (Persero) sebagai penyalur UMi dan PT PNM (Persero) yang baru membuka cabang dan siap menyalurkan pembiayaan UMi.

Lebih jauh, Ririn mengatakan saat ini PIP telah menyalurkan UMi kepada 171 debitur di wilayah Maluku Utara dengan nilai Rp1.346.700.000.

Sebagai bentuk komitmen PIP dalam pemberdayaan UMKM, Program Pembiayaan UMi juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para debiturnya.

“Sesuai dengan tugas kami, selain memberikan pembiayaan, kami juga memberikan pelatihan dan pendampingan. Maka pada hari ini kami mendatangkan narasumber untuk menyampaikan kiat-kiat berusaha dalam situasi COVID khususnya,” jelas Ririn.

Pelatihan tersebut diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM, sekaligus alternatif bagi para mahasiswa yang mau menjalankan usaha.

Sebagai tuan rumah dalam acara sosialisasi, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPB) Provinsi Maluku Utara Bayu Andy Prasetya mendukung program UMi dengan program Kelas Akuntansi Untuk Pemula (KUE APEM) untuk para pelaku UMKM di wilayah Maluku Utara.

Sinergi pelatihan dan pengembangan UMKM merupakan upaya bagi seluruh pihak dalam rangka mendukung Program PEN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.