Ekspansi UMi Lindungi Ekonomi dan UMKM di Maluku Utara

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:15 WIB

Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM

INDUSTRY.co.id - Ternate - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) bersama Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hatari mensosialisasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Monitoring Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) kepada mitra, debitur, dan mahasiswa Kota Ternate, Maluku Utara.

Achmad Hatari mengapresiasi hadirnya PIP di wilayah Maluku Utara mendorong inklusi keuangan.

“Dengan hadirnya PIP, diharapkan dapat menjawab permasalahan kendala akses permodalan saat ini,” tutur Achmad Hatari melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Kamis (6/8/2020).

Menjawab harapan Achmad Hatari, Direktur Utama PIP Ririn Kadariyah melaporkan bahwa saat ini program pembiayaan UMi telah menjangkau 2.257.021 masyarakat ultra mikro di seluruh Indonesia dengan total penyaluran mencapai Rp7.038.961.333.211.

Ririn menyampaikan bahwa di wilayah Maluku Utara terdapat PT Pegadaian (Persero) sebagai penyalur UMi dan PT PNM (Persero) yang baru membuka cabang dan siap menyalurkan pembiayaan UMi.

Lebih jauh, Ririn mengatakan saat ini PIP telah menyalurkan UMi kepada 171 debitur di wilayah Maluku Utara dengan nilai Rp1.346.700.000.

Sebagai bentuk komitmen PIP dalam pemberdayaan UMKM, Program Pembiayaan UMi juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para debiturnya.

“Sesuai dengan tugas kami, selain memberikan pembiayaan, kami juga memberikan pelatihan dan pendampingan. Maka pada hari ini kami mendatangkan narasumber untuk menyampaikan kiat-kiat berusaha dalam situasi COVID khususnya,” jelas Ririn.

Pelatihan tersebut diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM, sekaligus alternatif bagi para mahasiswa yang mau menjalankan usaha.

Sebagai tuan rumah dalam acara sosialisasi, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPB) Provinsi Maluku Utara Bayu Andy Prasetya mendukung program UMi dengan program Kelas Akuntansi Untuk Pemula (KUE APEM) untuk para pelaku UMKM di wilayah Maluku Utara.

Sinergi pelatihan dan pengembangan UMKM merupakan upaya bagi seluruh pihak dalam rangka mendukung Program PEN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas

Jumat, 18 September 2020 - 19:43 WIB

Gandeng Jembatan Emas, BUMN Askrindo Sasar Asuransi Kredit Fintech

Jakarta–PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas.

Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali

Jumat, 18 September 2020 - 19:27 WIB

Gairahkan Kembali Pariwisata Bali, Perempuan-Perempuan Cantik Ini Kampanyekan Bali I Miss U

Bali-Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali. Hal ini juga mempengaruhi Perekonomian Nasional karena…

Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) gellar online training

Jumat, 18 September 2020 - 19:20 WIB

Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Yanmar Diesel Indonesia Gelar Online Training untuk Teknisi dan Dealer

Demi terus meningkatkan kemampuan para personel PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) mengadakan online training sebagai alternatif pelatihan secara tatap muka. Disaat yang sama, YADIN juga terus…

Deputi Bidang Pengawasan KemenkopUKM Ahmad Zabadi

Jumat, 18 September 2020 - 18:15 WIB

LPS Koperasi Diusulkan Masuk RUU Cipta Kerja

Kementerian Koperasi dan UKM sedang memperjuangkan masuknya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Koperasi pada RUU Cipta Kerja.

Rahmad Darmawan Pelatih Madura United FC

Jumat, 18 September 2020 - 18:00 WIB

Coach RD Perlu Striker Perkuat Madura United

Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab mengalami krisis di sektor striker sejak dipinjamkannya striker andalan mereka Alberto “Beto” Goncalves ke tim Liga 2, Sriwijaya FC dan Greg Nwokolo yang…