Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono Pastikan Arus Balik Idul Adha Relatif Lancar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 04 Agustus 2020 - 04:12 WIB

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Arus balik libur hari raya Idul Adha 1441 H berjalan  aman dan relatif lancar. Hal itu dikarenakan upaya pengaturan dan himbauan terus dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas. Memang terdapat kepadatan terutama di pertemuan antara Tol Cipularang dan Cipali di Km 65 namun kendaraan masih dapat bergerak ujar Istiono yang langsung memantau di Rest Area Km 62 sejak Minggu malam sampai Senin dini hari

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menyampaikan lancarnya arus lalu lintas karena Korlantas menerapkan empat strategi utama . Pertama dilakukan  pengalihan truk besar yang akan melewati jalan tol ke jalan arteri atau jalan nasional.

Pengalihan dimulai dari perbatasan Tol Jatim, Jateng, dan pintu keluar Tol Jateng. Dengan demikian dipastikan di pintu keluar Tol Kanci tidak ada kendaraan besar yang melewati jalur tol.

"Oleh karenanya,  diterapkan  contra flow dari km 65 sampai dengan km 47 arah Jakarta," ujar Istiono.

Strategi kedua adalah pihaknya memberlakukan sistem buka tutup rest area apabila sudah memenuhi kapasitas kendaraan pada setiap 2 jam. Adapun pemberlakuan buka tutup ini sebagai upaya menerapkan protokol kesehatan. Disamping itu dengan  pembatasan jumlah kendaraan yang masuk, bisa mencegah terjadinya kerumunan di kawasan rest area serta jalur masuknya yang kerap kali menimbulkan antrean panjang.

Ketiga adalah pemasangan  papan informasi kapasitas rest area juga dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan di tempat istirahat tersebut. Bukan hanya itu, untuk memantau kapasitas rest area, pihaknya menempatkan para petugas tol di masing masing rest area. 

Keempat Kakorlantas menyampaikan, secara terus menerus dilakukan patroli oleh jajaran Kepolisian agar tidak ada kendaraan yang berhenti di bahu jalan tol.

"Untuk itu,  kesiapsiagaan penuh jajaran telah dilakukan pada pengamanan  arus balik ini," katanya.

Istiono pun mengapresiasi  para pemudik yang telah mematuhi imbauan petugas apabila merasa lelah untuk segera beristirahat di rest area.

"Tidak  memaksakan diri untuk terus jalan. Keselamatan adalah hal yang utama," pesannya.

Sementara itu, disampaikan bahwa saat ini masih dalam rangka Operasi Patuh 2020. Hari ke-11 yaitu pada Minggu (3/8/2020), Korlantas  mencatat sebanyak 43.580 kendaraan telah melakukan pelanggaran  dalam operasi ini.

Dari jumlah kendaraan tersebut, penindakan terhadap pelanggaran terbesar  hanya berupa teguran atau peringatan lebih banyak dengan jumlah 30.415 perkara dibandingkan dengan jumlah kendaraan yang ditilang yaitu 13.165 perkara. Disamping itu Polri juga melakukan upaya2 simpatik lainnya berupa kegiatan premtif Pendidikan Masyarakat Bidang Lalu Lintas dan pembagian masker kepada pengguna jalan.  "Ini membuktikan komitmen Polri untuk menjadikan Operasi Patuh 2020 sebagai Operasi yang Persuasif dan Humanis sungguh sungguh diterapkan oleh jajaran wIlayah," ungkap Istiono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…