Subhanallah! 1000 Orang Beruntung di Dunia Ini Bisa Ibadah Haji di Tengah Pandemi, 13 Diantaranya Asal Indonesia

Oleh : Nata Kesuma | Jumat, 31 Juli 2020 - 10:20 WIB

Jemaah yang beruntung bisa lakukan ibadah haji di tengah pandemi
Jemaah yang beruntung bisa lakukan ibadah haji di tengah pandemi

INDUSTRY.co.id - Pelaksanaan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M digelar secara khusus dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi dan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Arab Saudi.

Berdasarkan Informasi dari Kementerian Haji dan Kementerian Informasi Arab Saudi jemaah berjumlah 1000 orang terdiri dari 70% jemaah diisi oleh WNA / Expatriat yang tinggal di Arab Saudi dan 30% nya diisi oleh Warga Arab Saudi dengan mengutamakan warga negara yang bekerja pada bidang kesehatan dan keamanan.

"Dari data yang diterima per 25 Juli 2020 sebanyak 5 WNI terdaftar sebagai jemaah haji telah berada di Jeddah," tulis keterangan Kemenlu dikutip redaksi industry.co.id pada Jumat (31/7).

Menurut Kemenlu, Kementerian Haji Arab Saudi memberikan pelayanan yang sangat istimewa dalam penerapan kebijakan ibadah haji tahun ini, terutama pada bidang transportasi, katering, perhotelan dan juga saat jemaah berada di arafah dan Makkah.

"Adapun Perwakilan Indonesia di Arab Saudi akan terus memperhatikan dan memberikan asistensi jika dibutuhkan oleh para WNI yang berada di Arab Saudi," sebut Kemenlu.

Sementara itu, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan, sejauh ini, ada 13 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Saudi (ekspatriat) dan terdaftar sebagai jemaah haji 1441H/2020M.

"Sejauh ini, jumlah WNI Ekspatriat di Saudi yang terdata sebagai calon jemaah haji ada 13 orang," terang Endang Jumali melalui pesan singkat yang diterima redaksi industry.co.id.

Menurut Endang, 13 WNI tersebut tinggal di Riyadh (1), Madinah (2), Yanbu' (1), Makkah (4), Jeddah (4), dan Al Khobar (1). Mereka adalah Muhammad Wahyu, Endan Suwandana, Ahmad Sujai, Huda Faristiya, 'Abdul Muhaemin, Siri Marosi, Muhammad Toifurrahman, Ata Farida, Eni Wahyuni, Irma Tazkiya, M Zulkarnain, Ali Muhsin Kemal, dan Akram Hadrami.

"Waktu Subuh tadi di Saudi, 29 Juli 2020, mereka sudah mengambil miqat di Qarnul Manazil (Thoif). Selanjutnya mereka melakukan Thawaf Qudum di Masjidil Haram," tutur Endang.

Malam ini, kata Endang, mereka menginap di Mina untuk menjalani Tarwiyah. Besok pagi, mereka bertolak ke Arafah. 

"Di Arafah, mereka akan menggunakan tenda wilayah negara-negara Arab. Di Mina, mereja menggunakan Hotel Abroj Mina yang berada di dekat Jamarat," ujarnya.

"Perjalanan mereka menggunakan bus dari perusahaan Saptco dan Samaya," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IHSG Zona Merah (ist)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:32 WIB

IHSG Ditutup Melemah ke Level 5.239 Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada akhir perdagangan Kamis (13/8/2020), pasar modal Indonesia ditutup turun 5,8 poin atau 0,11% ke 5.239,25 atau 5.239. 182 saham menguat,…

Dirut Bank BRI Sunarso (ist)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:15 WIB

Horee...4,3 Juta Nasabah BRI Bakal Dapat BLT UMKM Senilai Rp2,4 Juta

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Sunarso mengatakan¬†4,3 Juta nasabah BRI Akan menerima bantuan UMKM Sebesar Rp2,4 Juta. Menurut Sunarso, potensi menjadi penerima bantuan tersebut karena…

Dirjen PKH Nasrullah berkunjung ke Pusvetma (Doc: Kementan)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:12 WIB

Ditjen PKH Kementan Berharap Pusvetma Jadi BLU Terbaik

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan), Dr. Ir. Nasrullah, M.S melakukan kunjungan kerja ke Pusat Veteriner Farma (Pusvetma). Bagi Pusvetma…

Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto Menerima Audiensi dari Direktur Poltekkes Jayapura Dr. Arwam Hermanus Markus Zeth beserta Jajaran dan Anggota Komisi IX DPR RI Mesak Mirin

Kamis, 13 Agustus 2020 - 18:15 WIB

Miliki Jumlah Dokter Dibawah Standar Hanya 0,25%, Menkes Genjot Perubahan Poltekkes Menjadi Institut

Menteri Kesehatan mendukung perubahan Politeknik Kesehatan menjadi Institut Teknologi Kesehatan. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk memenuhi rasio standar jumlah tenaga kesehatan dan dokter…

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra atau akrab disapa Coach Teco

Kamis, 13 Agustus 2020 - 18:00 WIB

Coach Teco Optimis Bali United Lolos Grup Piala AFC 2020

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra optimis bila skuad asuhannya bisa menyelesaikan tiga pertandingan lanjutan pada ajang Penyisihan Grup G di kompetisi Piala AFC 2020 tersebut. Meskipun dua…