Pertamina Gelar Kompetisi Sobat Bumi

Oleh : Wiyanto | Kamis, 30 Juli 2020 - 06:49 WIB

Ilustrasi Pertamina (foto Pertamina)
Ilustrasi Pertamina (foto Pertamina)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Pertamina akan menyelenggarakan Kompetisi Sobat Bumi, untuk mencari putra dan putri berotak encer yang punya ketertarikan dan kemampuan untuk mengembangan dan menciptakan inovasi energi bagi keberlangsungan bumi.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan pelaksanaan Kompetisi Sobat Bumi merupakan perwujudan Pertamina sebagai perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial dan semangat terbarukan untuk membangun negeri.

"Dengan mengacu kepada tiga prinsip dasar CSR yaitu People, Planet dan Profit, Kompetisi Sobat Bumi 2020 merupakan komitmen Pertamina mendukung Pemerintah dalam mencapai Sustainability Development Goals untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan berorientasi pada pembangunan SDM maupun calon SDM unggul yang mampu menciptakan inovasi energi lestari ramah lingkungan yang dapat memenuhi kebutuhan energi di pelosok negeri," katanya dikutip di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Penyelenggaraan Kompetisi Sobat Bumi diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup masyarakat. Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina dalam melaksanakan Standar ISO 26000 melalui pelaksanaan Program CSR yang mengutamakan aspek lingkungan.

Tahun ini, Kompetisi Sobat Bumi digelar secara virtual melalui situs www.sobatbumi.id karena situasi pandemi covid-19.

Kompetisi ini diharapkan mampu menjaring banyak lapisan masyarakat mulai dari mahasiswa jenjang S1 maupun S2, pengajar/akademisi, peneliti, pelaku usaha di bidang energi baru dan terbarukan, maupun penggiat di bidang energi, untuk berinovasi dan berkontribusi pada pengembangan ide kreatif dan inovatif, yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi energi di Indonesia, sehingga mampu memenuhi kebutuhan energi nasional, utamanya untuk daerah terpencil, pelosok dan/atau terisolisir lainnya.

Kompetisi Sobat Bumi ini terbagi menjadi dua kategori, yakni kompetisi teori sains dan kompetisi proyek inovasi energi baru dan terbarukan.

Untuk kompetisi teori sains, diperuntukkan khusus bagi seluruh mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Kompetisi ini diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa di seluruh Indonesia, untuk secara leluasa mengeksplorasi daya pikir/logikanya melalui pemecahan teori-teori sains.

Sedangkan kompetisi proyek inovasi energi baru dan terbarukan ditujukan bagi masyarakat umum yang mencakup peneliti, dosen, mahasiswa, praktisi, penggiat dan pengusaha di bidang energi, pengabdi masyarakat dan masyarakat umum lainnya yang memiliki ketertarikan terhadap energi baru dan terbarukan. Kompetisi ini bertujuan untuk menjaring penemuan atau praktik-praktik pengembangan energi baru dan terbarukan, guna memenuhi kebutuhan energi di daerah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan).

Tak tanggung-tanggung, Pertamina menyediakan hadiah total sebesar 900 juta rupiah bagi para pemenang Kompetisi Sobat Bumi ini.

Tahun ini, program Kompetisi Sobat Bumi akan diselenggarakan mulai tanggal 1 Juli 2020 sampai dengan tanggal 9 Desember 2020. Penganugerahan pemenang Kompetisi Sobat Bumi akan diselenggarakan pada tanggal 10 Desember 2020, yang bertepatan dengan HUT Pertamina ke-63.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…