Jababeka Bakal 'Giring' Relokasi Pabrik Tujuh Perusahaan Asing ke Kawasan Industrinya

Oleh : Ridwan | Selasa, 28 Juli 2020 - 10:45 WIB

Kawasan Industri Kendal
Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) mengapresiasi usaha Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam mendukung relokasi industri dari China.

Corporate Secretary KIJA, Muljadi Suganda, memaparkan, pihaknya memiliki dua kawasan industri yang sudah beroperasi baik di Cikarang dan Kendal yang siap menyambut relokasi industri tersebut.

Dijelaskan Muljadi, kawasan industri Jababeka sudah matang (matured) dengan faktor-faktor utama yang dibutuhkan oleh industri, seperti infrastruktur yang berkualitas internasional termasuk kehandalan tenaga listrik dan pelayanan Cikarang Dry Port yang dapat mendukung layanan logistik lebih efisien dan kompetitif.

"Lalu, fasilitas kawasan yang lengkap serta dukungan existing tenant lebih dari 30 mancanegara baik skala UMKM dan besar, seperti Unilever, Loreal, Nissin, Samsung, Komatsu dan lainnya," ujarnya dilansir Kontan (27/7/2020).

Muljadi melanjutkan, pihaknya akan terus melakukan ekspansi di Kawasan industri Jababeka sehingga investor asing dari China, Taiwan, Jepang dan Korea tertarik relokasi di kawasannya.

Sebagai informasi, BKPM mendukung relokasi sejumlah pabrik milik tujuh perusahaan multinasional ke Indonesia. BKPM sendiri mengakui lembaganya menonjolkan tawaran penggunaan kawasan industri di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, lantaran unggul dari segi skema sewa lahan jangka panjang.

KIJA memiliki lahan industri di wilayah Kendal, Jawa Tengah atau Kawasan Industri Kendal (KIK). Kawasan yang merupakan usaha patungan antara KIJA dan Sembcorp ini, sudah diisi lebih dari 60 tenan dari perusahaan multinasional.

"Dengan adanya relokasi perusahaan asing tersebut, maka kesiapan infrastruktur dan lahan yang dimiliki Jababeka siap menampung para investor tersebut sehingga diharapkan dapat memberikan pertumbuhan penjualan Kawasan industri Perseroan khususnya di tengah pandemi covid-19 ini," tutur Muljadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bupati Indramayu, Jawa Barat, Hj. Nina Agustina

Minggu, 05 Desember 2021 - 09:04 WIB

Bupati Indramayu Nina dan Sembilan Lainnya Nominasi Anugerah Kebudayaan PWI-HPN 2022

Sepuluh bupati/wali kota dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi hingga Pulau Nusa Tengggara Barat, terpilih menjadi nomine Anugerah Kebudayaan (AK) PWI pada Hari Pers…

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).