Indonesia Minta EAS Perkuat Kerja Sama di Bidang Infrastruktur Kesehatan, Ekonomi dan Konektivitas Kawasan

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 22 Juli 2020 - 12:15 WIB

Telekonferensi Video Para Pejabat Senior East Asia Summit (EAS SOM)
Telekonferensi Video Para Pejabat Senior East Asia Summit (EAS SOM)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia tekankan perlunya perkuat kerja sama penanganan pandemi COVID-19 terutama kerja sama infrastruktur kesehatan, pemulihan ekonomi, dan konektivitas di kawasan Indo-Pasifik. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua SOM Indonesia/Dirjen kerja Sama ASEAN,Kemlu RI, Jose Tavares pada Pertemuan para pejabat senior East Asia Summit (EAS SOM), Senin, 20 Juli 2020  secara telekonferensi video di Jakarta.

“Ini saat yang tepat (bagi EAS) untuk perkuat kerja sama (multilateral dan regional) atasi berbagai dampak akibat pandemik, selain sistem kesehatan masyarakat, infrastruktur kesehatan, dan konektivitas—ini kunci untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di kawasan" ujar Jose Tavares melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Selasa (21/7/2020).

Ketua SOM Indonesia juga meyakini inisiatif Indonesia untuk menyelenggarakan EAS Health Experts Meeting akan percepat penanganan pandemik di kawasan terutama penguatan kerja sama para ahli virus dan penyakit pandemik dan formulasi protokol Kesehatan terkait essential movement of persons dalam meminimalisasi dampak covid-19.

Dalam konteks infrastruktur dan konektivitas, Indonesia juga kembali menyampaikan rencana penyelenggaraan World Economic Forum on ASEAN: Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity pada tahun 2021 mendatang.

Indonesia secara khusus mendorong negara-negara EAS dan organisasi internasional di kawasan agar terus meningkatkan kerja sama multilateral di tengah situasi sulit seperti pandemik ini. Melalui Forum EAS  diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi secara cepat.

“Kerja sama konkret seperti ini bukan saja akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi tetapi juga mempertebal strategic trust antara negara di kawasan," ujar Dirjen Tavares.

“Tentunya kita semua tidak ingin Kawasan Asia Tenggara menjadi kawasan yang lemah dan tertinggal karena pandemik ini. Jika kita tidak atasi segera, maka ketertinggalan ekonomi, sosial, dan ketidak stabilan kawasan akan terjadi," tegas Dirjen Tavares mencermati betapa persoalan krisis pandemik COVID-19 sebagai tantangan bersama saat ini.

Pertemuan para pejabat senior EAS yang dihadiri seluruh perwakilan negara/pemerintahan peserta EAS ini telah membahas sejumlah isu mengemuka yang menjadi kepentingan bersama di kawasan, antara lain  upaya mempercepat pemulihan ekonomi ASEAN di masa pandemik COVID 19 melalui menjaga kelancaran konektivitas barang, jasa dan pelaku ekonomi; isu Laut China Selatan (LCS), isu Semenanjung Korea, terorisme, dan proses repatriasi di Rakhine State.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…