ITDC Tuan Rumah Mandalika Rebound

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Juli 2020 - 05:30 WIB

The Mandalika
The Mandalika

INDUSTRY.co.id - Mandalika Lombok – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, NTB, hari ini menjadi tuan rumah Mandalika Rebound bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Acara yang bertujuan untuk membangkitkan semangat kepariwisataan sebagai salah satu bentuk awal implementasi tatanan baru dalam rangka menerima pengunjung ini, berlangsung di tiga lokasi di dalam kawasan pariwisata The Mandalika, yakni Pantai Kuta Mandalika, Tanjung Aan, dan Gerupuk.

Mandalika Rebound ditandai dengan dilangsungkannya rangkaian kegiatan yang sama di tiga lokasi tersebut antara lain bersih pantai, membagikan tempat cuci tangan (wastafel), membagikan tempat sampah, pemasangan signage, dan pengukuran suhu dengan menggunakan Thermo Gun, yang menjadi simbol dari praktek-praktek protokol Cleanliness, Healthy, and Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) yang merupakan tatanan baru destinasi pariwisata dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona.

Acara Mandalika Rebound dibuka dan dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari M.H. yang didampingi Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf Dr. Wawan Gunawan S. Sn. MM, Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh. Fauzal serta Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah H. Nasrun, serta diterima oleh Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka.

Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka Kamis (16/7/2020) mengatakan, “Kami mengapresiasi kegiatan Mandalika Rebound hari ini, yang merupakan bentuk nyata dukungan Kemenparekraf RI dalam menggalang kembali kepercayaan masyarakat terhadap destinasi pariwisata di Lombok, khususnya di area KEK Mandalika dan sekitarnya, mengadaptasi New Normal. Wisatawan sudah dapat berkunjung kembali ke The Mandalika, tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan, yakni dengan pengukuran suhu tubuh sebelum memasuki area kawasan, menggunakan masker, menerapkan physical distancing, dan protokol kesehatan lainnya, sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang telah kami susun sebagai pengelola kawasan.”

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari M.H menyatakan, “Mandalika bukan hanya termasuk ke dalam sepuluh Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP), tapi juga lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Menjadi prioritas bagi Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah dalam membantu destinasi pariwisata yang indah ini memasuki New Normal. Maka, hendaklah kita mengumandangkan bahwa kita (Lombok) menjalankan protokol tatanan baru dengan benar.”

 

 

 

Hari juga menambahkan bahwa Kawasan The Mandalika bisa menjadi salah satu lokasi percontohan sebagai destinasi yang telah menjalankan protokol kesehatan dan keselamatan. “Saya melihat bahwa kawasan ini sudah siap dan bisa menjadi percontohan untuk daerah yang lain. Ada tim SAR dan fasilitas umum seperti toilet yang sudah memenuhi syarat standar destinasi wisata. Bisa ditiru atau dicontek oleh destinasi lain,” papar Hari.

Sebagai pengelola kawasan, ITDC juga telah menambah intensitas sosialisasi protokol kesehatan dengan memasang spanduk peringatan di 12 titik strategis di The Mandalika menggunakan dua bahasa yakni Bahasa Inggris dan Indonesia agar mudah dipahami pengunjung dan masyarakat. Selain itu ITDC juga telah bekerjasama dengan BUMN lainnya yakni BNI, BRI, dan Telkom Indonesia dalam menyediakan masker kain bagi para pedagang di area Kuta Beach Park, Pantai Batu Kotak, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, dan Pantai Seger, The Mandalika.

ITDC berharap dengan adanya Mandalika Rebound, pembagian masker, dan pemasangan peringatan protokol kesehatan menjadi gerakan antisipatif Covid-19 yang bisa disadari dan diterapkan oleh para pengunjung dan masyarakat di The Mandalika memasuki new normal pariwisata.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Kementerian/Lembaga dan BUMN lain terhadap kesiapan The Mandalika memasuki implementasi tatanan baru pariwisata. Semoga dibukanya kembali kawasan ini bagi kunjungan wisatawan, dapat membangkitkan kembali semangat kepariwisataan dan memberikan manfaat bagi seluruh stakeholder yang ada di area The Mandalika dan sekitarnya.” tutup Karioka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CFLD Kembangkan Kawasan Industri Strategis

Selasa, 27 Oktober 2020 - 22:23 WIB

CFLD Kembangkan Kawasan Industri Strategis

CFLD menjabarkan data investasi langsung oleh Korea Selatan di Indonesia yang menempati posisi ke-5 sejak tahun 2017 hingga tahun 2020 kuartal ke-2, dimana 60 persen dari investasi ini terletak…

 Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo) RI, Widodo Muktiyo, mengatakan PR adalah jantung organisasi yang berperan menstimulasi publik dengan informasi.

Selasa, 27 Oktober 2020 - 19:50 WIB

Pandemi Hantam Dunia PR! Namun Sejumlah Perusahaan Ini Sukses Meningkatkan Kepercayaan Publik Sehingga Meraih TPR Award 2020

Jakarta -- Komunikasi menjadi Kunci dalam penyelenggaraan pelayanan publik bagi sebuah institusi maupun perusahaan. Guna membangun dan meningkatkan kepercayaan publik

Ilustrasi ekonomi

Selasa, 27 Oktober 2020 - 18:23 WIB

Ekonomi Kolaboratif Jadi Solusi Pemulihan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi COVID-19

Ekonomi kolaboratif, atau yang kita kenal juga dengan sebutan ekonomi Pancasila, ternyata dapat menjadi solusi bagi Indonesia, juga bagi negara-negara lain di dunia, untuk keluar dari jurang…

Program Beauty For A Better Life L’oréal Indonesia

Selasa, 27 Oktober 2020 - 18:15 WIB

Program Beauty For A Better Life L’oréal Indonesia, Memberdayakan Perempuan untuk Mengatasi Tantangan Dunia Melalui Pelatihan Kecantikan

program BFBL L’Oréal Indonesia di selenggarakan bekerja sama dengan mitra NGO yakni Yayasan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), dan CSR Jababeka.

Mochamad Iriawan, Ketum PSSI

Selasa, 27 Oktober 2020 - 18:00 WIB

Harapan PSSI-Kemenpora Agar Kompetisi Segera Bergulir

Mochamad Iriawan menyampaikan pemaparannya mengenai road map persiapan Tim Nasional Indonesia U-19 yang nantinya akan bermain di Piala Dunia U-20 tahun 2021, yang sudah dilakukan dan yang nantinya…