Pacu Pertumbuhan, Pelindo IV Siap Datangkan 4 Unit RTG dan 2 Unit CC Dengan Anggaran Rp160 Miliar

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Juli 2020 - 08:07 WIB

Rubber Tyred Gantry
Rubber Tyred Gantry

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Ditengah pandemi COVID-19, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berusaha untuk tetap memacu pertumbuhan Indonesia Timur dengan terus melakukan pengembangan di sejumlah pelabuhan kelolaannya.

Direktur Teknik PT Pelindo IV, Prakosa Hadi Takariyanto mengemukakan, pihaknya sudah menargetkan produktivitas tahun ini tidak turun.

“Sehingga meskipun ditengah pandemi COVID-19, kami tetap melakukan pengembangan di sejumlah pelabuhan kelolaan sesuai program yang telah disusun,” kata  Prakosa melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (14/7/2020).

Prakosa menegaskan, pihaknya tetap berkomitmen dan melakukan pembangunan infrastruktur maupun penambahan peralatan di sejumlah pelabuhan sesuai target investasi yang ditetapkan.

“Sejumlah proyek pengembangan tetap berjalan, tentunya kami dari manajemen juga tetap mengedepankan protokoler kesehatan COVID-19, terutama bagi karyawan atau siapapun yang bertugas di lapangan,” jelasnya.

Sebagai kelanjutan dari pengembangan yang dilakukan manajemen Perseroan, tahun ini pihaknya juga akan mendatangkan sejumlah alat untuk ditempatkan di beberapa pelabuhan kelolaan.

“Total ada 6 unit alat yang akan kami datangkan, yakni 4 unit alat RTG (Rubber Tyred Gantry) dan 2 unit CC (Container Crane),” sebut Prakosa.

Senior Vice President of Port Equipment PT Pelindo IV, Muhajir Djurumiah menuturkan bahwa di awal Agustus nanti pihaknya memang akan mendatangkan 4 unit alat RTG dan 2 unit CC.

“Dengan rincian, 2 unit RTG dan 2 unit CC untuk di Pelabuhan Sorong, serta 2 unit RTG untuk di Terminal Petikemas Bitung (TPB),” kata Muhajir.

Dia menyebutkan, kedatangan 6 unit alat yang akan semakin meningkatkan produktivitas di Pelabuhan Sorong dan TPB di era New Normal ini adalah juga bagian dari rencana investasi tahun ini.

“Keenam unit alat tersebut dibeli dengan anggaran internal perusahaan sebesar Rp160 miliar,” kata Muhajir.

Walaupun saat ini masih berlangsung wabah Virus Corona, kata Muhajir, Pelindo IV tetap berusaha untuk tetap survive demi memacu pertumbuhan Indonesia Timur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Otomotif

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:01 WIB

Penjualan & Ekspor Meningkat, Menperin Agus Sebut Industri Otomotif Mulai Berkembang Positif Semester II/2020

Kinerja industri otomotif nasional diprediksi bakal mengalami perkembangan positif pada semester kedua tahun 2020.

ESQA Cosmetics

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:00 WIB

Industri Kosmetik Ikut Berperan Tingkatkan Perekonomian Nasional

Dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik, tidak heran industri kosmetik lokal semakin berkembang dan brand baru masih terus bermunculan. Salah satunya adalah ESQA Cosmetics, brand lokal…

Rizal Ramli (dok RMOL)

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 10:58 WIB

Presiden Jokowi Ibaratkan Ekonomi Buruk Seperti Komputer Hang, Rizal Ramli: Operatornya Aja yang Tidak Canggih

Ekonom senior Rizal Ramli mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terbuka dalam mengungkap permasalahan ekonomi di Indonesia yang sebenarnya.

Menkeu Sri Mulyani

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 10:45 WIB

Catat! Ini Penjabaran Kebijakan Fiskal RAPBN 2021, Sri Mulyani: Ekonomi 4,5%, Tingkat Penggangguran dan Kemiskinan 9%

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan soal kebijakan fiskal APBN 2021 yang disampaikan oelh Presiden Jokoei pada Jumat (14/8) dalam sidang paripurna DPR dengan tema¬†Percepatan Pemulihan…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 10:45 WIB

PTPN Grup Komitmen Terapkan Prinsip ISPO, RSPO dan ISCC untuk Tembus Ekspor CPO ke Pasar Global

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) dan Anak Perusahaan di sektor perkebunan kelapa sawit berkomitmen untuk mentransformasikan minyak sawit (crude palm oil/CPO) berkelanjutan dengan…