Teknologi Keamanan Canggih untuk Hunian Ramah Keluarga di Cikarang

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 13 Juli 2020 - 14:15 WIB

Proyek Mega Superblok Pollux Chadstone Yang Dibangun Oleh PT Pollux Aditama Kencana Di Cikarang, Terlihat Bangunan Pollux Mall (Bawah) Beserta 4 Tower Apartemen (Atas)
Proyek Mega Superblok Pollux Chadstone Yang Dibangun Oleh PT Pollux Aditama Kencana Di Cikarang, Terlihat Bangunan Pollux Mall (Bawah) Beserta 4 Tower Apartemen (Atas)

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Kebutuhan hunian modern terintegrasi yang nyaman dan aman memang jadi kebutuhan mendesak untuk kaum urban pekerja dan keluarga muda di Indonesia. Jika kita merujuk kepada data dari Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2020, terjadi backlog atau defisit penyediaan hunian mencapai 7,6 juta unit.

Untuk memenuhi kebutuhan hunian tersebut, sudah banyak pengembang yang melakukan pembangunan. Walaupun begitu, tidak banyak yang menyediakan teknologi canggih untuk menjaga keamanan keluarga.

Saat ini, teknologi paling mutakhir dalam sistem keamanan hunian adalah “Building Automation System” (BAS), sebuah program jaringan peralatan elektronik yang memonitor dan mengontrol sistem secara otomatis dengan penggunaan aplikasi software.

Dengan teknologi ini, terciptalah sebuah hunian pintar yang disebut Smart Home atau Building. Kehadiran sistem seperti ini sangat berguna di zaman sekarang yang sudah serba digital. Baik bagi pengelola gedung maupun penghuni, BAS mampu menjaga keamanan gedung sekaligus melakukan penghematan energi.

Di Cikarang, Jawa Barat, teknologi Building Automation System ini sudah diaplikasikan di hunian ramah keluarga dalam mega superblok Pollux Chadstone. Pengembangnya, PT Pollux Aditama Kencana yang merupakan anak usaha dari PT. Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL), telah selesai melakukan pembangunan sekaligus serah terima unit apartemen Tower Christie pada Mei 2020.

Tower ini adalah bagian dari mega superblok tersebut yang berupa mall, hotel, service apartment dan strata apartment terintegrasi.

“Pollux Chadstone ini memang diperuntukkan menjadi area hunian ramah keluarga. Keseluruhan superblok Chadstone akan dilengkapi Building Automation System, yang memungkinkan untuk memonitor dan mengendalikan fasilitas hunian dan gedung secara otomatis,” ujar Jend (Purn) Timur Pradopo, Komisaris Utama PT Pollux Properti Indonesia Tbk melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (13/7/2020).

Selain memiliki sistem keamanan dan CCTV 24 jam untuk mengantisipasi tindak kriminal, teknologi ini juga melindungi keamanan hunian, salah satunya dari bahaya korsleting listrik dan kebakaran. Alarm yang terintegrasi dengan power switch akan otomatis mematikan perangkat elektronik untuk semakin memberikan perlindungan maksimal. Segala kemudahan ini dapat diakses di telepon genggam.

“Di era digital yang serba cepat dan praktis seperti sekarang, tentunya kita perlu memberikan kemudahan kepada para penghuni yang memiliki kesibukan dengan mobilitas tinggi. Dengan adanya sistem tersebut, penghuni dapat merasa tenang karena dapat memonitor situasi serta keamanan huniannya dari mana saja dan kapan saja hanya dengan membuka aplikasi di smartphone,” tuturnya.

"Untuk menunjang teknologi Building Automation System tersebut, Pollux Chadstone pun sedang mengimplementasikan High Technology Fiber Optic demi tersedianya internet 5G berkecepatan tinggi di Cikarang. Kami siap menjadikan Pollux Chadstone sebagai acuan bagi teman-teman pengembang nasional lainnya untuk memperhatikan ramah keluarga,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kajian Kelayakan Pemanfaatan Minyak Nabati Murni

Minggu, 09 Agustus 2020 - 21:00 WIB

BBM untuk Listrik Makin 'Mahal', Pemerintah Mulai Kaji CPO untuk PLTD

Badan Litbang ESDM melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak…

Dubes Yuddy Chrisnandi Saat Menjadi Narasumber untuk Wawancara TV Rada dalam acara Diplomatic Chronicles

Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:45 WIB

Cara Jitu Dubes RI Yuddi Chrisnandi Promosikan Indonesia di Acara TV Ukraina

Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi menjadi narasumber untuk wawancara TV Rada dalam acara “Diplomatic Chronicles".

Gubernur Jawa Barat - Ridwan Kamil

Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:00 WIB

Dibantu IKEA dan AstraZeneca, Ridwan Kamil: Kami Akan Gelar Karpet Merah untuk Investor Industri Swedia

Sektor swasta Swedia telah membantu Indonesia dalam menghadapi COVID-19 diantaranya kepada Pemprov Jawa Barat.

Pelayanan Warung Konsuler di Ras Al Khaimah

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:45 WIB

Permudah Akses Pelayanan Bagi Para WNI, KJRI Dubai Selenggarakan Warung Konsuler di Ras Al Khaimah

KJRI Dubai selenggarakan pelayanan kekonsuleran secara jemput bola (outreach) di Hotel Hilton bagi para WNI di Ras Al Khaimah.

Indonesia-Belgium Virtual Business Meeting on Wood Products and Furniture

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:43 WIB

Belgia Sambut Baik Ekspor Industri Mebel dan Produk Kayu Hutan Indonesia

KBRI Brussels bekerja sama dengan Forum Komunikasi Masyarakat Perhutanan (FKPMI) menyelenggarakan “Indonesia-Belgium Virtual Business Meeting on Wood Products and Furniture".