Teknologi Keamanan Canggih untuk Hunian Ramah Keluarga di Cikarang

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 13 Juli 2020 - 14:15 WIB

Proyek Mega Superblok Pollux Chadstone Yang Dibangun Oleh PT Pollux Aditama Kencana Di Cikarang, Terlihat Bangunan Pollux Mall (Bawah) Beserta 4 Tower Apartemen (Atas)
Proyek Mega Superblok Pollux Chadstone Yang Dibangun Oleh PT Pollux Aditama Kencana Di Cikarang, Terlihat Bangunan Pollux Mall (Bawah) Beserta 4 Tower Apartemen (Atas)

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Kebutuhan hunian modern terintegrasi yang nyaman dan aman memang jadi kebutuhan mendesak untuk kaum urban pekerja dan keluarga muda di Indonesia. Jika kita merujuk kepada data dari Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2020, terjadi backlog atau defisit penyediaan hunian mencapai 7,6 juta unit.

Untuk memenuhi kebutuhan hunian tersebut, sudah banyak pengembang yang melakukan pembangunan. Walaupun begitu, tidak banyak yang menyediakan teknologi canggih untuk menjaga keamanan keluarga.

Saat ini, teknologi paling mutakhir dalam sistem keamanan hunian adalah “Building Automation System” (BAS), sebuah program jaringan peralatan elektronik yang memonitor dan mengontrol sistem secara otomatis dengan penggunaan aplikasi software.

Dengan teknologi ini, terciptalah sebuah hunian pintar yang disebut Smart Home atau Building. Kehadiran sistem seperti ini sangat berguna di zaman sekarang yang sudah serba digital. Baik bagi pengelola gedung maupun penghuni, BAS mampu menjaga keamanan gedung sekaligus melakukan penghematan energi.

Di Cikarang, Jawa Barat, teknologi Building Automation System ini sudah diaplikasikan di hunian ramah keluarga dalam mega superblok Pollux Chadstone. Pengembangnya, PT Pollux Aditama Kencana yang merupakan anak usaha dari PT. Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL), telah selesai melakukan pembangunan sekaligus serah terima unit apartemen Tower Christie pada Mei 2020.

Tower ini adalah bagian dari mega superblok tersebut yang berupa mall, hotel, service apartment dan strata apartment terintegrasi.

“Pollux Chadstone ini memang diperuntukkan menjadi area hunian ramah keluarga. Keseluruhan superblok Chadstone akan dilengkapi Building Automation System, yang memungkinkan untuk memonitor dan mengendalikan fasilitas hunian dan gedung secara otomatis,” ujar Jend (Purn) Timur Pradopo, Komisaris Utama PT Pollux Properti Indonesia Tbk melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (13/7/2020).

Selain memiliki sistem keamanan dan CCTV 24 jam untuk mengantisipasi tindak kriminal, teknologi ini juga melindungi keamanan hunian, salah satunya dari bahaya korsleting listrik dan kebakaran. Alarm yang terintegrasi dengan power switch akan otomatis mematikan perangkat elektronik untuk semakin memberikan perlindungan maksimal. Segala kemudahan ini dapat diakses di telepon genggam.

“Di era digital yang serba cepat dan praktis seperti sekarang, tentunya kita perlu memberikan kemudahan kepada para penghuni yang memiliki kesibukan dengan mobilitas tinggi. Dengan adanya sistem tersebut, penghuni dapat merasa tenang karena dapat memonitor situasi serta keamanan huniannya dari mana saja dan kapan saja hanya dengan membuka aplikasi di smartphone,” tuturnya.

"Untuk menunjang teknologi Building Automation System tersebut, Pollux Chadstone pun sedang mengimplementasikan High Technology Fiber Optic demi tersedianya internet 5G berkecepatan tinggi di Cikarang. Kami siap menjadikan Pollux Chadstone sebagai acuan bagi teman-teman pengembang nasional lainnya untuk memperhatikan ramah keluarga,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…

DOK. Shutterstock Ilustrasi krisis air bersih

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:18 WIB

Masalah Air Kian Gawat! Indonesia Siap Gelar World Water Forum ke-10 di Bali

Jakarta-Pemerintah Indonesia menegaskan World Water Forum ke-10 siap dilaksanakan pada 18 hingga 25 Mei 2024 di Bali dengan persiapan matang yang melibatkan seluruh stakeholder dalam tata Kelola…