Pelindo IV Raih Pengembangan SDM Unggul Terbaik I pada 9th Anugerah BUMN 2020

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 11 Juli 2020 - 08:04 WIB

Direktur SDM PT Pelindo IV, M. Asyhari
Direktur SDM PT Pelindo IV, M. Asyhari

INDUSTRY.co.id - Jakarta –  PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berhasil meraih kategori Pengembangan SDM Unggul – Terbaik I dalam gelaran 9th Anugerah BUMN 2020 yang diselenggarakan oleh BUMN Track, sebagai apresiasi bagi BUMN dan anak usaha BUMN yang dinilai berhasil mencapai peningkatan kinerja dan daya saing perusahaan di skala nasional.

Direktur SDM PT Pelindo IV, M. Asyhari mengatakan, penghargaan ini menjadi semangat dan motivasi bagi Perseroan untuk terus meningkatkan performa dan melakukan berbagai inovasi terutama dibidang SDM.

“Kami akan terus melakukan inovasi dan pembinaan SDM, sehingga akan memunculkan passion SDM yang unggul sekaligus diharapkan bisa menjadi bagian dari pabrik talenta sebagaimana arahan Deputi SDM Teknologi & Informasi Kementerian BUMN, Alex Denni. Dimana transformasi human capital di BUMN bertujuan untuk meningkatkan daya saing BUMN menjadi pemain global dan menjadikan BUMN sebagai pabrik talenta,” terang Asyhari melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Sabtu (11/7/2020).

Asyhari menuturkan, dengan SDM yang unggul diharapkan akan menghasilkan kinerja yang juga unggul dan akan memberikan peningkatan kontribusi kepada negara secara signifikan. Hal itu lanjut Asyhari, akan mendukung program Perusahaan dengan berbagai inovasi yang tentunya didukung SDM unggul di seluruh unit kerja.

Ajang 9th Anugerah BUMN 2020 mengapresiasi kinerja PT Pelindo IV yang dinilai berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dengan mengedepankan Pengembangan SDM Unggul.

“Alhamdulillah Pelindo IV secara berturut-turut selama 2 tahun ini mendapatkan penghargaan dalam kategori human capital. Tahun lalu, Pelindo IV juga berhasil meraih penghargaan dibidang Pengembangan Talenta Terbaik I kategori Emerging Corporate,” tukasnya.

Saat ini tambah Asyhari, pihaknya juga sedang melakukan transformasi mindset di lingkungan pegawai Pelindo IV yang sejalan dengan core value Kementerian BUMN, yaitu AKHLAK (Amanah, Kompetensi, Harmonis, Loyalitas, Adaftif dan Kolaborasi), sehingga keunggulan SDM ini sejalan dengan perbaikan akhlaknya. 

Anugerah BUMN 2020 yang memasuki tahun ke-9 merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kinerja unggul, serta mampu bersaing di tingkat nasional dan global.

Mengusung tema “BUMN sebagai Lokomotif Perekonomian Nasional dalam Persaingan Global”, kriteria penilaian difokuskan pada kinerja korporasi BUMN dan Anak Perusahaan BUMN sepanjang tahun 2019.

Didukung oleh tim riset dari PPM Manajemen, proses penilaian Anugerah BUMN 2020 yang awalnya diikuti oleh 131 perusahaan mengerucut menjadi 107 perusahaan yang lolos tahap wawancara dan presentasi di hadapan para dewan juri.

Didukung pula oleh kredibilitas para dewan juri yang diketuai oleh Dr. Tanri Abeng dan beranggotakan beragam profesi, menjadikan Anugerah BUMN 2020 memiliki bobot dan integritas yang teruji, serta menjadi cerminan keberhasilan pengelolaan BUMN yang kian profesional, transparan dan berdaya saing.

Seluruh BUMN maupun anak usaha BUMN yang masuk kriteria penilaian terbagi atas empat kategori utama, yaitu Perusahaan BUMN, Anak Perusahaan BUMN, Perusahaan Masuk Bursa (Tbk) dan The Best CEO.

Dewan juri menilai BUMN dan Anak Perusahaan BUMN dengan proses pengembangan yang signifikan, pertumbuhan, tata kelola, transformasi organisasi, pengembangan SDM, strategi pengembangan global dan emerging BUMN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi ANTAM (Foto Sindonews.com)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:15 WIB

Investor Tolong Catat! Antam Masih Jadi Bagian dari Indeks LQ45 dan IDX30 di BEI

ANTM mengungkapkan bahwa perseroan masih menjadi bagian dari Indeks LQ45 dan IDX30 di Bursa Efek Indonesia (BEI) berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pihak BEI untuk periode perdagangan…

Sunindo Adipersada IPO (TOYS) (Photo by IDX channel)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Sunindo Adipersada (TOYS) Tawarkan 170 Juta Saham di Lantai Bursa

PT Sunindo Adipersada, produsen boneka Internasional pada Kamis (6/8/2020) resmi mencatatkan diri sebagai emiten baru di Bursa Efek Indonesia.

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Pelatih Robert Pastikan Nazari dan Castillion akan Kembali ke PERSIB

Menjelang latihan bersama pada awal pekan depan, pelatih PERSIB Robert Alberts memberikan keterangan terkait tiga pemain asing yang masih berada di luar negeri. Seperti diketahui, tiga legiun…

Berkembangnya Industri Ritel Dipengaruhi Pengalaman Belanja yang Memuaskan

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Berkembangnya Industri Ritel Dipengaruhi Pengalaman Belanja yang Memuaskan

Ketika banyak perusahaan mulai beroperasi kembali dan bangkit dari pandemi COVID-19, daya tahan atau ketangguhan perusahaan ritel dan supply chain-nya akan lebih diuji lagi. Salah satu perubahan…

Wamenkeu Suahasil Nazara

Kamis, 06 Agustus 2020 - 16:45 WIB

Wamenkeu: PPID Harus Ada Bersama Pengambil Kebijakan, Tidak Berada di Belakang

Informasi mengenai upaya pemerintah dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) harus transparan.