Kiat Menperin Agus Dorong IKM Go Digital

Oleh : Ridwan | Kamis, 09 Juli 2020 - 19:10 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (dok INDUSTRY.CO.ID)
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (dok INDUSTRY.CO.ID)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah berkomitmen untuk terus membantu sektor industri kecil menengah (IKM) di dalam negeri agar bisa memasarkan produknya secara digital. 

"Pemerintah sedang gencar mengajak pelaku IKM nasional untuk masuk dan bersaing di platform digital. Oleh karena itu, kami berupaya membantu produk-produk mereka bisa dipasarkan secara online dan juga membantu masyarakat bisa menemukan produk yang dibutuhkan dengan mudah di tengah kondisi pandemi saat ini," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Guna mewujudkan IKM go digital, Kementerian Perindustrian telah menjalankan berbagai langkah strategis, di antaranya menginisiasi program e-Smart IKM yang diluncurkan sejak tahun 2017 dengan tujuan memfasilitasi pelaku IKM di dalam negeri bisa memanfaatkan platform e-commerce. 

Selain itu, Kemenperin jyga aktif menggelar kegiatan bimbingan teknis atau pelatihan tentang pemasaran dan kemasan produk.

"Upaya tersebut sesuai anjuran Bapak Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar semua kebutuhan lokal 100% bisa didapatkan atau disuplai dari industri dalam negeri," tutur Menperin. 

Selain membantu pelaku IKM dapat bertahan menjalankan aktivitas usahanya di masa pandemi Covid-19, pemerintah juga berharap produk-produk industri nasional bisa bersaing dengan produk asing. 

Oleh karena itu, melalui program bertajuk Bangga Buatan Indonesia, pemerintah ingin masyarakat bisa mendapatkan kebutuhannya dari barang-barang yang diproduksi industri di dalam negeri. Pada 14 Mei lalu, pemerintah telah menginisiasi gerakan Bangga Buatan Indonesia. 

"Sesungguhnya sudah banyak industri kita yang menghasilkan produk berkualitas dan kompetitif. Jadi, kami bertekad untuk mendorong produsen tersebut bisa memasarkan produknya ke market Indonesia, termasuk sektor IKM masuk ke pasar e-commerce," paparnya.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, pihaknua juga terus berusaha meningkatkan kembali penjualan produk lokal dari sektor IKM nasional dengan mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia melalui program e-Smart IKM dan peluncuran kampanye #SemuanyaAdaDisini.

Dirjen IKMA menjelaskan, kampanye #SemuanyaAdaDisini yang telah diluncurkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menperin AGK merupakan salah satu langkah konkret pemerintah khususnya Kemenperin untuk membantu para pelaku IKM nasional bisa kembali bangkit dari dampak pandemi Covid-19. 

"Diharapkan dengan adanya kampanye ini, IKM kita mampu meningkatkan omzet penjualannya," ungkapnya.

Guna menjaring banyak pelaku IKM terlibat dalam kampanye #SemuanyaAdaDisini, Ditjen IKMA telah menyiapkan kegiatan sosialisasi seperti pelaksanaan webinar. Hal ini sesuai dengan penerapan protokol kesehatan.

Kampanye #SemuanyaAdaDisini melibatkan seluruh stakeholder, mulai dari pemerintah daerah, pelaku IKM, platform teknologi pemasaran, pembayaran, logistik, ekosistem pendukung industri hingga masyarakat. 

"Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi secara langsung untuk mengajak pelaku IKM memasarkan produknya secara digital," papar Gati. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 22 Januari 2021 - 10:04 WIB

Anggaran Mencapai Rp 149,8 Triliun, Menteri Basuki Targetkan Terserap 20 Persen di Triwulan I TA 2021

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan program pembangunan infrastruktur di bidang sumber daya air, jalan dan jembatan, permukiman dan perumahan dalam rangka…

Gelandangan di Jakarta jadi karyawan BUMN

Jumat, 22 Januari 2021 - 10:00 WIB

Berkat Bu Risma, 15 Pemulung Bekerja di PT Waskita Karya

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini kembali mengantarkan 15 pemulung binaan Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Education, Religion Bee Entertainment (ERBE)…

Pembangunan sumur bor

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:56 WIB

Hingga 2020, Kementerian ESDM Klaim Telah Bangun Lebih Dari 3.404 Sumur Bor Air Bersih

Sepanjang tahun 2020, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengklaim telah membangun sumur bor air bersih di 556 titik di 177 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.¬†…

Rs Rujukan Covid-19

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:55 WIB

Kementerian PUPR Selesaikan Peningkatan Kapasitas Gedung Tiga RS Rujukan

Hingga akhir tahun 2020 terdapat tambahan tiga Rumah Sakit (RS) rujukan yang selesai pembangunan/renovasinya, yakni RS Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, RS Umum Daerah (RSUD) lr. Soekarno…

Pergudangan AP2 (Foto ist Ilustrasi)

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:30 WIB

Seluruh Peserta Lelang Pergudangan Kargo AP2 Mengundurkan Diri

Ini baru pertama kali dalam sejarah PT Angkasa Pura (AP) 2 (Persero). Seluruh peserta lelang pergudangan kargo yang telah mendaftar, Rabu 20/1, mengundurkan diri satu persatu secara terpisah.…