Kabar Gembira! Kementan Siapkan Semen Beku Sikomandan Tahap Dua

Oleh : Wiyanto | Kamis, 02 Juli 2020 - 12:05 WIB

Penyediaan Semen Beku (Doc: Ditjen PKH Kementan)
Penyediaan Semen Beku (Doc: Ditjen PKH Kementan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak kembali menyediakan kebutuhan semen beku. Penyiapan ini diperuntukan kegiatan Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) tahap dua yang bertujuan memenuhi kebutuhan semen beku di masing-masing provinsi.

Kebutuhan semen beku untuk tahap dua ini, dialokasikan dari Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari dan Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang yang merupakan UPT Ditjen PKH sebagai produsen semen beku. Keduanya dinilai sangat berpengalaman dalam penyediaan kebutuhan semen beku tersebut.

"Kebutuhan tersebut tetap berasal dari pejantan yang telah tersertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) sebagai jaminan kualitas bahwa semen tersebut telah memenuhi persyaratan sesuai dengan SNI," kata Dirjen PKH, I Ketut Diarmita (02/07/2020).

Penandatanganan penyediaan semen beku tersebut sebelumnya dilaksanakan di BIB Lembang tanggal 12 Juni 2020 lalu antara PPK penyediaan semen beku Ditjen PKH dengan Kepala BIB Lembang. Setelah itu, tanggal 24 Juni 2020 antara PPK penyediaan semen beku Ditjen PKH dengan Plt. Kepala BBIB Singosari.

Kebutuan semen beku tahap dua ini direncanakan berakhir pada Agustus 2020 dengan rincian dari BBIB Singosari 460.950 dosis dan BIB Lembang 553.100 dosis. Dari jumlah tersebut, rumpun sapi Simental dan Limousin tetap menjadi favorite dalam penyediaannya.

"Selain itu, direncanakan juga akan dimulai penyebaran semen beku Belgian Blue, Wagyu dan Galician Blonde ke beberapa lokasi yang telah memenuhi kriteria tertentu," tuturnya.

Sebagai catatan, semen beku adalah semen yang diencerkan sesuai prosedur proses produksi sehingga menjadi semen beku dan disimpan dalam kontainer kriogenik berisi nitrogen cair pada suhu -196 derajat celcius. Ketika akan digunakan untuk inseminasi buatan, semen beku tersebut dicairkan dengan air hangat 37-38 derajat celcius selama 15-30 detik atau bisa disebut proses thawing.

Sebelumnya, penyediaan semen beku Sikomandan tahap satu dilaksanakan pada Maret sampai Mei 2020. Penyediaannya berasal dari beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) penghasil semen beku.

Di antaranya, Balai Inseminasi Buatan (BIB), Lembang, Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari, BIBD Tuah Sakato, BIBD Riau, BIBD Bengkulu, BIBD Ungaran, BIBD Kalimantan Selatan, BIBD Bali, BIBD NTB, BIBD Yogyakarta, BIBD Ciamis dan BIBD Sulawesi Selatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…