Dukung UMKM Kuliner Indonesia, Pijar Mahir Hadirkan Beragam Pelatihan Online Bisnis Kuliner

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 02 Juli 2020 - 15:15 WIB

Pijar Mahir Hadirkan Beragam Pelatihan Online Bisnis Kuliner
Pijar Mahir Hadirkan Beragam Pelatihan Online Bisnis Kuliner

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Produk Domestik Bruto (PDB) industri makanan dan minuman di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan hingga mencapai 7,99% per triwulan II tahun 2019. Lebih lanjut, UMKM kuliner disebut-sebut sebagai salah satu sektor yang menyumbang kontribusi paling signifikan terhadap industri.

Guna menstimulasi geliat UMKM kuliner dan memaksimalkan potensinya, Pijar Mahir sebagai penyedia platform pembelajaran digital tersertifikasi menghadirkan berbagai pelatihan bisnis kuliner guna mendorong lebih banyak lagi pengusaha dan UMKM kuliner berkualitas.

“Melihat pertumbuhan yang pesat pada industri kuliner, Pijar Mahir berupaya mendukung masyarakat dan para pelaku industri kuliner melalui beragam pelatihan online tersertifikasi yang mudah diakses di mana pun dan kapan pun. Berkolaborasi dengan tiga lembaga terbaik, kami telah menghadirkan lebih dari 17 kelas kuliner yang komprehensif, mulai dari kursus memasak, seluk beluk pengelolaan bisnis, strategi pemasaran, hingga pengembangannya. Dengan begitu, siapa pun dapat memulai bisnis kuliner dimulai dari skala kecil dengan kualitas produk, diferensiasi, serta teknik pemasaran yang tepat. Kami harap pelatihan yang kami hadirkan dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi diri dan mempersiapkan bisnis,” ujar Prasabri Pesti, Head of Tribe Education Telkom Indonesia, sumber melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Kamis (2/7/2020).

Pertumbuhan industri kuliner di Indonesia semakin didukung oleh maraknya tren layanan pesan-antar makanan secara online dalam beberapa tahun terakhir ini. Dalam riset Nielsen tahun 2019 bertajuk ‘Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Marketmenunjukkan bahwa dari 95% masyarakat yang membeli makanan di luar rumah, 58% di antaranya melakukan pemesanan makanan secara online melalui aplikasi hampir 3 kali dalam seminggu. Hal ini sejalan dengan penetrasi bisnis layanan pesan-antar milik perusahaan transportasi online yang juga secara tidak langsung mendorong geliat industri kuliner rumahan.

Di Pijar Mahir sendiri, kelas kuliner jajanan rumahan merupakan salah satu kelas yang paling diminati pengguna dengan hampir 2500 peserta. Lebih lagi hingga saat ini, kelas yang berhubungan dengan makanan dan minuman telah diikuti oleh hampir 6000 pengguna dengan topik yang beragam.

Beberapa judul kelas kuliner yang tersedia di antaranya, ‘Melakukan Uji Rasa dalam Bisnis Makanan’, ‘Strategi Pemasaran Efektif untuk Bisnis Kuliner’, ‘Langkah Awal Masuk Dunia Kopi’, dan masih banyak lagi.

Adapun lembaga kuliner yang tergabung di dalam Pijar Mahir adalah Excelloka, Baking World, serta Bitlabs. Seluruh kelas kuliner yang tersedia di Pijar Mahir dapat diakses oleh pengguna umum maupun peserta program Kartu Prakerja.

Saat ini, Pijar Mahir telah bekerja sama dengan lebih dari 30 lembaga pelatihan ternama untuk menyediakan beragam kursus online komprehensif tersertifikasi yang mudah diakses, mulai dari teknologi, digital, marketing & bisnis, start up, wirausaha, bahasa, administrasi, dan sederet pelatihan pengembangan diri lainnya.

Sebagai salah satu mitra resmi platform pelatihan Kartu Prakerja dari Telkom Indonesia, Pijar Mahir diharapkan dapat mengatasi permasalahan skill gap, skill shortage, skill mismatch, dan job mismatch yang kerap dialami oleh industri dan talenta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Pemasaran & Penjualan Crown Group Indonesia, Tyas Sudaryomo didampingi Sales Manager Crown Group Indonesia Reiza Arief serta GM Strategic & Corporate Communication Crown Group Indonesia Bagus Sukmana saat media breafing secara virtual (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 20:05 WIB

Catat Sejarah! Crown Group Tunjuk Indonesia jadi Pasar Pertama Mega Proyek Senilai Rp 2 Triliun di Melbourne

Pertama dalam sejarah perusahaan, Indonesia didaulat menjadi lokasi pertama bagi Crown Group untuk memperkenalkan proyek hunian terbarunya di Melbourne, bahkan mendahului Sydney dan Melbourne.…

Aktifitas bongkar muat pelabuhan

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:42 WIB

Dukung Ekonomi Daerah, Pelindo IV Biak Layani Pelayaran Perdana Tanto Intim Line

Hal itu dibuktikan dengan pelayanan pelayaran perdana kapal kargo, KM Tanto Lestari oleh Pelindo IV di Dermaga Umum Pelabuhan Laut Biak pada Minggu 9 Agustus 2020 lalu.

PT Sentul City Tbk (BKSL) (thepresidentpostindonesia)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:05 WIB

Alamak! PT Sentul City Tbk Digugat Pailit oleh Keluarga Bintoro, Ada Apa?

PT Sentul City Tbk (BKSL) digugat pailit ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat oleh keluarga Bintoro.

Pekerja Industri Manufaktur Tekstil

Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:35 WIB

Jangan Panik! Subsidi Gaji Pekerja Rp600 Ribu Bakal Berlaku untuk Semua Sektor Industri dan Profesi

Menteri Ketenagakerjaan (menaker) Ida Fauziah memastikan para penerima subsidi gaji Rp600 Ribu untuk para pegawai tidak akan dibatasi sektor usaha dan jenis pekerjaannya.

impor produk industri tekstil

Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:15 WIB

Pengusaha Tekstil Makin Geram, Desak Pemerintah Usut Tuntas Mafia-mafia Impor Tesktil

Seluruh kalangan pertekstilan nasional mendukung keseriusan pemerintah dalam mengusut kasus importasi tekstil secara tuntas dan menjadikan kasus Batam sebagai pintu masuknya.