Antam Cetak Penjualan 5,20 triliun di Kuartal I-2020

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 29 Juni 2020 - 13:10 WIB

Ilustrasi Emas (Dok-Antam)
Ilustrasi Emas (Dok-Antam)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mengumumkan bahwa sepanjang periode triwulan pertama 2020 (1Q-20), Perusahaan membukukan laba usaha sebesar Rp137,54 miliar. Capaian penjualan Antam pada 1Q20 mencapai Rp5,20 triliun dengan kontribusi penjualan ekspor sebesar Rp1,37 triliun atau 26% dari total penjualan.

Berdasarkan keterangan perseroan, kontributor terbesar pendapatan Antam pada 1Q20 berasal dari penjualan komoditas emas dan feronikel.

"Emas merupakan kontributor terbesar pendapatan Perusahaan dengan kontribusi sebesar Rp3,97 triliun atau 76% dari total penjualan," tilis keterangan Antam, sumber melalui keteranga tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (29/6/2020).

Sedangkan feronikel merupakan kontributor terbesar kedua dengan kontribusi sebesar Rp965,95 miliar atau 19% dari total penjualan pada 1Q20.

Sedangkan di tengah volatilitas tren penurunan harga komoditas nikel global dan fluktuasi penguatan nilai tukar Dollar Amerika Serikat yang signifikan terhadap mata uang Rupiah sepanjang periode 1Q20  menyebabkan rugi selisih kurs yang diserap oleh Perusahaan sebesar Rp362 miliar.

Hal tersebut turut mempengaruhi capaian profitabilitas Antam, dimana pada periode 1Q20 Perusahaan membukukan rugi periode berjalan sebesar Rp281,84 miliar.

Di tengah kondisi yang ada, performa bisnis dan kinerja operasional Perusahaan tetap solid.

Hal tersebut tercermin dengan capaian Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) yang mencapai Rp34 miliar sepanjang periode 1Q20.

"Posisi keuangan Antam yang solid tercermin pula dari perolehan Corporate Credit Rating S&P Global Antam di 2020 dimana Antam dapat mempertahankan capaian rating “B/outlook stable," tutup Antam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kajian Kelayakan Pemanfaatan Minyak Nabati Murni

Minggu, 09 Agustus 2020 - 21:00 WIB

BBM untuk Listrik Makin 'Mahal', Pemerintah Mulai Kaji CPO untuk PLTD

Badan Litbang ESDM melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak…

Dubes Yuddy Chrisnandi Saat Menjadi Narasumber untuk Wawancara TV Rada dalam acara Diplomatic Chronicles

Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:45 WIB

Cara Jitu Dubes RI Yuddi Chrisnandi Promosikan Indonesia di Acara TV Ukraina

Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi menjadi narasumber untuk wawancara TV Rada dalam acara “Diplomatic Chronicles".

Gubernur Jawa Barat - Ridwan Kamil

Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:00 WIB

Dibantu IKEA dan AstraZeneca, Ridwan Kamil: Kami Akan Gelar Karpet Merah untuk Investor Industri Swedia

Sektor swasta Swedia telah membantu Indonesia dalam menghadapi COVID-19 diantaranya kepada Pemprov Jawa Barat.

Pelayanan Warung Konsuler di Ras Al Khaimah

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:45 WIB

Permudah Akses Pelayanan Bagi Para WNI, KJRI Dubai Selenggarakan Warung Konsuler di Ras Al Khaimah

KJRI Dubai selenggarakan pelayanan kekonsuleran secara jemput bola (outreach) di Hotel Hilton bagi para WNI di Ras Al Khaimah.

Indonesia-Belgium Virtual Business Meeting on Wood Products and Furniture

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:43 WIB

Belgia Sambut Baik Ekspor Industri Mebel dan Produk Kayu Hutan Indonesia

KBRI Brussels bekerja sama dengan Forum Komunikasi Masyarakat Perhutanan (FKPMI) menyelenggarakan “Indonesia-Belgium Virtual Business Meeting on Wood Products and Furniture".